• Wishlist

Detail Spesifikasi Mobil Baru Honda Civic Hatchback RS

Detail Spesifikasi Mobil Baru Honda Civic Hatchback RS

Honda Civic Hatchback RS lahir dengan menggeser dua varian sebelumnya. Kini, tinggal tipe varian RS yang dipasarkan oleh Honda Prospect Motor (HPM). Namun sejatinya, Civic Hatchback RS adalah versi paling sporty dari kedua pendahulunya, S dan E. Beragam kelengkapan ditambah, khususnya imbuhan pendongkrak estetika. Ubahan ini berkiblat pada facelift Civic Hatchback di luar sana, tepatnya pada Agustus tahun lalu. Lantas, apa saja spesifikasi dan detail pada Civic Hatchback RS yang ada di Indonesia?


Bumper baru pada Honda Civic Hatchback RS


EKSTERIOR


Kalau mau dibandingan, Civic Hatchback RS membawa kelengkapan dari tipe atas E. Kemudian ditambah atau diubah pada sejumlah poinnya. Seperti eksterior. Civic Hatchback RS mendapat operasi wajah dari sebelumnya. Paling terlihat pada sektor bawah. Bumper baru menghiasi paras, sepaket dengan bibir bawah anyar yang mendukung aerodinamika. Bingkai rumah lampu kabut kini tertutup rapat, tak lagi berlubang seperti sarang lebah. Dan ada list pemanis senada warna bodi di area itu.


Buritan pun sama, mendapat penyegaran pada bumper. Bagian diffuser belakang dan finisher pada corong knalpot di tengah turut direvisi. Sisi samping, cuma dibari side sill garnish (side under spoiler) yang sepaket dengan body kit depan dan belakang. Tersedia jua pelek alloy 17 inci berdesain two tone. Oh ya, tak lupa emblem huruf RS mentereng bisa dijumpai pada wajah dan buritan Civic hatchback anyar.


Baca Juga: Menerka Ubahan Honda CR-V Facelift 2020 untuk Market Indonesia


Tentang fitur eksterior masih sama dengan tipe E. Ada lampu depan LED, lampu siang hari LED, antena model sirip ikan hiu, lampu belakang kombinasi LED, spoiler tailgate dan high mount stop lamp LED. Kunci pun sama, dengan smart entry dan bisa menyalakan mesin dengan mengandalkan remote saja. Sepaket dengan fitur start/stop button untuk menyalakan dan mematikan mesin.


Sektor buritan dengan ubahan bumper dan diffuser


INTERIOR


Ubahan di interior seperti berkaca pada sang jawara, Civic Type R. Identifikasinya dari penerapan warna serbahitam dengan jahitan merah kontras sebagai pernyataan keras sporty. Mulai dari lingkar kemudi, tuas transmisi, konsol tengah, trim pintu sampai jok, semuanya dilapisi kulit dan dijahit benang merah. Melengkapi itu, Honda juga memberikan pedal baru dengan aksen metal aluminium untuk Civic Hatchback RS.


Selain trim, poin berbeda lain di kabin adalah sektor hiburan. Layar sentuh masih berukuran sama, 7 inci, namun dengan desain sedikit lebih segar. Layar itu menjadi pusat komando hiburan dalam kabin dengan dukungan standar bisa dijumpai. Termasuk konektivitas ke smartphone via Bluetooth. Belum ada Apple CarPlay dan Android Auto pada mobil ini.


Untuk fitur lainnya, masih sama seperti yang dibawa oleh tipe atas varian E pendahulu. Misalnya pengaturan kursi depan elektrik. Tersedia delapan arah pengaturan untuk pengemudi dan empat arah kursi penumpang depan. Rem parkir elektrik, pengaturan kemudi tilt dan telescopic, serta delapan speaker + tweeter juga jadi fitur standar pada tipe RS ini.


Kabin dibalut kulit dengan jahitan merah


MESIN & SAFETY


Nah, sektor ini tak disentuh sama sekali. Performa dan kinerja VTEC Turbo 1,5 liter masih dianggap baik dan memuaskan. Semburan daya puncaknya 173 PS, didapat pada 5.500 rpm. Sedang torsi 220 Nm bisa dikali di rentang 1.700 - 5.500 rpm. Penyalur daya CVT, dengan simulasi perpindahan melalui paddle shift masih dipercaya menawarkan kenikmatan berkendara Civic Hatchback.


Penjamin keselamatan sudah lengkap. Kantong udara misalnya, ada enam titik dengan dua airbag SRS utama di depan ditambah dua side dan curtain. Kelengkapan safety lain termasuk rem ABS+EBD+BA, rem parkir elektrik, kamera parkir mundur, hill start assist, vehicle stabilty assist dan brake override system. (Tom)


Baca Juga: Honda Civic Hatchback 2020 Hanya Tersedia Varian RS, Harga Rp 499 Juta

Jelajahi Honda Civic Hatchback RS

Bandingkan & Rekomendasi