• Wishlist

4 Hal Menonjol Honda Civic Hatchback RS Terbaru

4 Hal Menonjol Honda Civic Hatchback RS Terbaru

Penyempurnaan Civic Hatchback sudah dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor. Mereka melenyapkan opsi trim S dan E dari daftar produk untuk digantikan dengan RS. Berdiri sendiri sebagai kasta teratas. Dibanderol Rp 499 juta, apa saja yang ia tonjolkan?


Bumper baru pada Honda Civic Hatchback RS


Teknologi Kabin


Sistem audio video canggih masih berukuran sama, 7 inci, hanya saja didesain lebih segar. Display layar sentuh menyajikan hiburan dalam bentuk AM/FM radio, port USB dan AUX, Bluetooth, dan juga smartphone connection dengan support untuk Android dan iOS. Kontrol kendali audio berikut handsfree telephone dapat terlaksana melalui tombol di palang lingkar kemudi.


Baca Juga: Menerka Ubahan Honda CR-V Facelift 2020 untuk Market Indonesia


Di samping itu, Honda membekali peranti Smart Key. Oke, kita bisa masuk sampai menyalakan mesin dengan one push ignition tanpa perlu menyentuh fisik kunci. Simpan saja di saku celana dan semua beres. Tapi tak hanya itu. Fitur pintar di kunci memungkinkan Anda menyalakan mobil dan pendingin ruangan dari jauh agar begitu masuk langsung terasa nyaman. Dapat pula membuka kaca untuk menjaga sirkulasi udara kabin.


Otomatisasi perangkat tak lupa disediakan. Wiper akan bekerja secara mandiri tanpa perlu disuruh bila sistem mendeteksi hujan turun. Agar kian nyaman dan mudah dipakai, tersemat reversing camera dengan pengaturan tiga posisi. “Normal” guna melihat jarak keseluruhan, “Wide” berfungsi menilai kedekatan sisi samping, dan “Top” dapat dimanfaatkan untuk mengetahui sedekat apa ujung buntut dengan rintangan.


Kabin dibalut kulit dengan jahitan merah


Safety


Bicara soal keselamatan, umumnya berkaitan dengan airbag. Civic jelas punya itu, ada enam titik bila ditotal. Mereka berpasangan melindungi penumpang, muncul dari dasbor, sisi terluar jok depan, dan tirai kaca. Juga tersedia seatbelt pretensioner dan load limiter. Meski bukan barang baru di dunia otomotif, sabuk pengaman diyakini dapat meminimalisir cedera. Sabuk bakal menarik badan bersamaan ketika airbag mengembang dalam sepersekian detik.


Fitur penunjang keselamatan lain disematkan berupa electric parking brake with auto hold. Ini berguna dalam keadaan menanjak atau menurun, meminimalisir kemungkinan mobil menggelinding tanpa disengaja. Peranti pelindung kendali juga lengkap seperti Hill Start Assist serta Vehicle Stability Control. ABS+EBD+BA jangan ditanya lagi, rata-rata mobil segmen entry level pun punya sistem ini. Emergency Stop Signal dan Brake Override System menyudahi daftar fitur keselamatan. BOS berguna kala pengemudi panik dan menginjak rem serta gas secara bersamaan. Secara otomatis injakan rem lebih diutamakan.


Mesin


Performa Mesin tidak ada yang diotak-atik, tapi tetap saja menjadi unit terkuat di kelasnya. Jantung 1.5 liter turbo sanggup menggelontorkan daya sebesar 173 ps di 5.500 rpm. Keluaran torsi pun terbilang kuat, mencatatkan 220 Nm sejak 1.700 rpm sampai 5.500 rpm. Ekstraksi ini kemudian disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT Earth Dreams, diklaim sanggup mengimbangi respons mesin cekatan di putaran bawah sekaligus bertenaga di putaran atas.


Mesin honda civic hatchback RS 2020


Karakteristik CVT disembunyikan melalui simulasi 7 percepatan. Perpindahan gigi dapat diseleksi melalui paddle shift agar memberi kesan sporty.


Rasa Type-R


Telah menjadi identitas bila Civic Hatchback membawa nuansa penggawa Type-R. Revisi di sektor eksterior tidak menghilangkan rasa itu. Pahatan bumper depan tetap mencirikan basis Type-R. Bingkai hitam foglamp kini tidak mendapat sentuhan aksen honeycomb. Akan tetapi, komposisi ditambahkan aksen garis meliuk sewarna bodi.


Di belakang semakin menguatkan aura sporty. Civic hatchback mengadopsi pipa knalpot kembar persis di bagian tengah bumper. Di sampingnya menempel ornament sebagai rupa diffuser ala-ala. Demi mempertahankan sisi berkelas, pendar lampu LED menghiasi eksterior. Headlamp sudah LED berikut DRL dan Foglamp. Pendar dioda kemudian mejeng di bokong sebagai elemen dari rear combination lamp.


Civic Hatchback RS meluncur


Cerita dari luar berlanjut sampai ke dalam kabin. Suasana gelap material leather pada jok dijahit benang merah. Kombinasi warna ini juga terlihat di shift knob dan setir yang juga dibalut kulit. (Krm/Tom)


Baca Juga: 12 Ubahan Honda Civic Hatchback dan Alasan Hanya Varian RS

Jelajahi Honda Civic Hatchback RS

Bandingkan & Rekomendasi