Pilihan City Car Bertampang Macho

Pilihan City Car Bertampang Macho

City car memang ditakdirkan untuk menjadi mobil yang gesit di perkotaan. Karena itu, bentuknya cenderung mungil dan ‘imut’, dan biasanya diidentikan sebagai kendaraan kaum hawa. Namun anggapan terakhir itu sepertinya mulai bergeser karena kebutuhan kendaraan yang gesit di dalam kota bukan hanya milik perempuan.

Karena itulah, pabrikan menyadari adanya celah pasar yang berpotensi dan akhirnya melahirkan mobil kecil yang gesit di padatnya lalu lintas kota, tapi penampilannya tidak telalu feminim. Lahirlah Mirage Sport dari pabrikan Mitsubishi, Etios Valco TOM’S yang dibuat oleh Toyota, dan yang paling baru adalah Honda Brio RS, yang diperkenalkan di IIMS 2016 lalu. Dan dari ketiga mobil ini, hanya Brio RS yang dibekali dengan dua pilihan transmisi (Manual 5-Speed atau CVT).

Ketiganya adalah mobil yang menarik karena tetap mempertahankan fitrahnya sebagai mobil yang mudah dikendarai, irit, masuk akal, dan praktis. Kami tidak akan memberikan mana mobil yang paling baik disini, tapi ketiganya adalah mobil yang patut dipertimbangkan oleh siapapun, yang tertarik untuk meminang sebuah city car untuk kegiatan sehari-hari.

Tinggal Anda bandingkan saja, siapa yang memiliki value for money terbaik, setelah mendapatkan informasi harga dan penawaran dari dealer masing-masing.

Eksterior

Brio RS mengalami peningkatan paras

Ketiga city car ini terlihat lebih sportif berkat imbuhan aerokit yang terdapat di sekeliling interior. Paling kentara memang Brio RS dan Mirage Sport jika dilihat dari depan karena keduanya menggunakan bumper yang sporty dan tegas. Mirage Sport bahkan dibekali ornamen hitam di grille yang membuatnya tampak ‘beringas’ dan mengingatkan pada grill salah satu icon dunia otomotif, Mitsubishi Evolution.

Etios TOMS

Sementara Etios TOM’S tampak sangat berbeda jika dibandingkan dengan Etios biasa berkat tambahan roof spoiler, dan bumper yang lebih sporty di bagian belakang, sedangkan bagian depannya diberikan tambahan bumper baru.

MIrage sport dengan grill sporty

Di bagian samping bawah, ketiga mobil ini juga sudah dibekali dengan side skirt yang melengkapi kegagahannya. Sementara itu, Mirage Sport tampak dibekali dengan day-time running light (DRL) dan menjadi satu-satunya kontestan di kelas ini yang dilengkapi fitur tersebut.

Fitur

Dashboard Brio

Di bagian interior, Honda Brio RS dengan dimensi jarak sumbu roda yang paling kecil (2.345 mm) menjadikan interiornya tidak selega yang lain. Namun mobil ini adalah bagian dari ‘paket’ facelift Brio yang baru saja meluncur, sehingga memiliki interior yang tampak lebih segar dengan tatanan dashboard baru, terutama dengan hadirnya sistem AC digital dengan climate control, dan layar multimedia berukuran 6,2 inchi.

Sementara Mirage yang sudah lebih dulu menerapkan AC climate control berpengaturan digital tetap terlihat mewah dengan baluran material plastik warna glossy di dashboard. Sayangnya, Mirage Sport belum mengaplikasikan sistem multimedia dengan layar sentuh.

Dashboard MIrage sport

Toyota Etios mungkin menjadi yang paling sederhana di sini. Pengaturan AC masih analog dengan kenop yang tertata rapi. Fitur hiburannya dibekali head unit 2DIN biasa, dan belum berlayar sentuh.

Dashboard Etios paling sederhana

Sementara itu pengaturan ventilasi AC di tengah dashboard yang diletakan bertumpuk, plus instrumen cluster yang tidak terletak tepat di depan pengemudi, menjadi agak janggal dilihat. Namun baik Etios TOM’S maupun Brio RS telah memiliki pengaturan audio dari lingkar kemudi, sementara Mirage Sport yang merupakan varian satu level di bawah Mirage Exceed, tidak memiliki kemampuan tersebut.

Mesin

spesifikasi Brio, MIrage, Etios

Ketiga mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1,2 liter. Bedanya, Mirage menggunakan mesin 3-silinder, sedangkan Etios dan Brio menggunakan mesin 4-silinder. Teknologi i-VTEC yang disematkan Honda di mesin Brio sukses menjadikannya sebagai city car yang paling bertenaga di kelas ini dengan 90 ps. Etios Valco dengan mesin NR yang belum dilengkapi dengan VVT-I berada di urutan kedua dengan besaran tenaga 80 ps, sedangkan Mirage Sport memiliki 77 ps.

Menarik untuk menelisik kemampuan mesin Mirage yang mampu mendekati performa Etios. Jika melihat data spesifikasi dari Mitsubishi, torsi Mirage juga tidak jauh berbeda dengan angka 100 Nm, sedangkan Etios memiliki 103 Nm. Meski Etios mampu mencapai torsi puncak pada putaran relatif rendah (3.100 rpm) dibanding dua kompetitornya, namun tetap prestasi Mirage terlihat jempolan.

Sekali lagi, teknologi pengaturan katup dan waktu pengapian, berperan besar disini. Mitsubishi selalu melengkapi mesinnya dengan MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electrronic Control System), yang cara kerjanya kurang lebih sama seperti i-VTEC, VVT-i, dan sebagainya. Jadi meski jantung mekanisnya kekurangan satu silinder, namun performanya cukup mumpuni sebagai sebuah mobil perkotaan.

Harga

MIrage Sport paling mahal

Seperti disebutkan tadi, hanya Brio RS yang memiliki pilihan transmisi otomatis atau manual. Tentunya dengan harga yang berbeda. Sedangakan Mirage Sport hanya memiliki varian bertransmisi CVT, dan Etios Valco TOM’S hanya dibekali dengan transmisi manual 5-speed. Namun dengan bekal seperti itu, Etios Valco TOM’s bukanlah mobil yang paling murah di sini. Banderolnya adalah Rp 175.900.000 dan merupakan Etios termahal diantara tiga varian lainnya (E, G, JX) yang semuanya bertransmisi manual.

Mirage Sport, juga bukan varian tertinggi di jajaran Mitsubishi Mirage, namun dengan segala kelebihannya, mobil ini memiliki banderol Rp 184 juta, dan menjadi yang paling mahal. Brio RS adalah mobi termurah di kelas city car ‘macho’ dengan kapasitas mesin 1,2 liter.

Banderolnya adalah Rp 159.700.000 untuk tipe dengan transmisi manual, dan 174.700.000 untuk tipe bertransmisi CVT. Nah, dengan demikian Brio RS menjadi yang paling murah di kelas ini. Karenanya, tidak heran Honda Brio begitu mendominasi pasar city car non LCGC belakangan ini.

Kenapa bisa begitu? Jawabannya satu: dirakit lokal. Ya, Honda membuat mobil ini di pabrik mereka di Karawang Timur, Jawa Barat, sedangkan Etios Valco dan Mirage masih diimpor utuh (CBU). Etios dari India, dan Mirage dari Thailand. Andaikan sudah dibuat lokal, mungkin lain lagi ceritanya.

Detail perbandingan spesifikasi selengkapnya bisa Anda dapatkan disini.

Baca Juga: 10 Mobil Paling Laris Di Kuartal Pertama 2016

Foto: Dari berbagai sumber

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil