Mau Mobil Prima Saat Mudik? Lakukan 5 Pekerjaan Service ini di BeRes

Mau Mobil Prima Saat Mudik? Lakukan 5 Pekerjaan Service ini di BeRes

Berbagai produsen otomotif roda empat dalam periode menjelang musim libur lebaran menggelar program istimewa kepada konsumen untuk melakukan service pra mudik. Tujuannya adalah memberikan peace of mind bagi para pelanggannya dengan membuat kondisi mobilnya menjadi fit dan prima untuk dipakai mudik. Mulai dari sektor depot tenaga hingga kaki-kaki merupakan cakupan pengecekan yang disajikan oleh jaringan pelayanan purna jual masing-masing brand mobil.

Untuk mengetahui lebih mendalam, OTO mengunjungi salah satu dealer 3S Toyota yakni Auto2000 Cabang Yos Sudarso, Jakarta Utara. Yang menjadi menarik, rupanya persiapan untuk mudik ini tidaklah berbeda dengan perawatan berkala pada umumnya. Poin pekerjaannya pun masih terbilang sama, namun terdapat sedikit tambahan yang berfungsi menunjang aspek pengendalian yang lebih baik. Selain itu, terdapat juga alasan mengapa harus melaksanakannya di bengkel resmi (beres).

Lalu apa sajakah pekerjaan service yang masuk dalam kategori ini? Berikut penjelasannya.

Penggantian Pelumas Mesin

Ganti oli sebelum berangkat

Sebagai persiapan untuk menempuh jarak mengemudi yang tergolong jauh, pelumas mesin pun harus dalam keadaan prima. Peran dari cairan ini adalah melindungi komponen bergerak di ruang mesin dari gesekan-gesekan dan mendukung pendinginan agar pembakaran berlangsung maksimal. Salah satu caranya dengan mengganti pelumas, bila menurut estimasi Anda, jarak tempuh mudik akan melebihi jarak pakainya. Dengan begitu, performa dari depot tenaga tetap tersaji dan tidak perlu repot harus mengganti pelumas di perjalanan.

Kelebihan yang didapat dengan melakukan pekerjaan ini di BeRes ialah metode penggantian pelumas yang sudah berstandar dan dikerjakan dengan alat-alat yang memadai seperti contohnya car lift. Disamping itu, rupanya masih ada dua benefit yang diberikan. “Di bengkel resmi sudah terjamin keaslian dari olinya dan juga masa kadaluarsanya. Karena selain teknis pergantiannya, yang tidak kalah penting adalah material yang akan dimasukkan ke mesin yakni oli itu sendiri,” jelas Suparman, kepala bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Tanjung Priok.

Adapun kerugian yang akan terjadi apabila Anda tetap kekeh memakai pelumas yang sudah seharusnya diganti saat pulang kampung adalah pelumas akan mengental dan menyerupai seperti lumpur yang memadati carter oli, selain itu kemampuan daya lumasnya juga tidak bagus. Untuk informasi tambahan, mengenai standar prosedur dari penggantian pelumas mesin harus diikuti dengan penyaring oli (oil filter) yang baru.

Pemeriksaan Radiator

Cek radiator agar tidak overheat

Kondisi jalanan yang padat, cuaca panas dan rute yang panjang merupakan kondisi yang sangat menguji sistem pendinginan dari mesin yakni Radiator. Memang untuk pengecekan peranti ini, Anda bisa melakukan sendiri, akan tetapi itu hanya secara umum saja. Ya, dengan memperhatikan ketinggian cairan radiator di tabung reservoir, apakah berada dalam kondisi normal atau tidak? Nah, perlu diingat jika komponen penting dalam radiator bukan hanya coolant saja, tetapi ada beberapa komponen lainnya seperti kipas hingga kisi-kisi radiator.

Di bengkel resmi, pemeriksaan ini dilakukan menyeluruh mulai dari mendeteksi pemakaian coolant sampai dengan kinerja dari kipas yang bekerja secara elektris. Apakah terdapat indikasi terjadi kebocoran, gangguan di saluran pendingin, kipas yang tidak bekerja atau mungkin kondisinya masih normal adalah beberapa pertanyaan yang dapat dijawab usai melakukan pengecekan. Bagi kita orang awam, untuk mengetahuinya, pasti membutuhkan pengetahuan teknis dan para mekanik di sana sudah lebih ahli dalam menganalisanya.

Dengan menunaikan persiapan ini Anda bisa terhindar dari kejadian overheat yang sering tergambarkan dengan mobil yang berhenti di pinggir jalan dengan mengeluarkan kepulan asap putih dari balik kapnya. “Ketika radiator dalam kondisi abnormal akan terlihat indikator hot dan jangan dipaksakan jalan. Baiknya berhenti lebih dulu dan mengeceknya. Jika dipaksakan bisa 'jebol'. Biasanya hal tersebut terjadi karena kipas radiatornya tidak jalan atau kebocoran di selang in atau out dan mungkin juga di kisi-kisi silinder,” terang Suparman.

Pengecekan Rem

cek rem hindari blong

Bergeser sedikit ke bawah yakni peranti deselerasi. Mengerem secara pelan, berhenti di tanjakan atau turunan tanpa rem tangan dan berhenti mendadak adalah beberapa situasi lazim yang akan Anda temukan saat melintasi jalur mudik nanti. Oleh karena itu, fasilitas dari penghenti laju kendaraan ini, harus dipastikan berfungsi dengan optimal. Bila lalai, keselamatan diri Anda sendiri, penumpang, dan pengguna jalan lainnya dapat menjadi taruhannya. Apakah tidak cukup hanya dengan memperhatikan warna dan ketinggian di tabung minyak rem di kap mesin? Tidak, musababnya sistem pengeremen juga melibatkan komponen-komponen lainnya seperti master silinder sampai dengan piringan cakram.

Ketika melakukan service berkala, pekerjaan ini turut melaksanakan pemeriksaan kampas rem apakah masih tebal atau sudah tipis, piringan cakram yang tidak berubah bentuk sampai dengan memastikan respon pengereman yang baik plus menginspeksi kondisi warna minyak rem. Item-item tadi merupakan tugas dibawah sub pengecekan rem. Ada satu hal yang perlu menjadi perhatian di sini, karena bila hal ini Anda lakukan tanpa supervisi akan berdampak ke kualitas pengereman mobil dan menjadi sangat buruk serta berbahaya.

“Minyak rem boleh saja Anda tambahkan, tetapi untuk menggantinya lebih baik dilakukan di bengkel resmi. Kenapa begitu? Karena pas waktu bleeding-nya (membuang udara yang terperangkap di silinder rem), harus dipastikan tidak ada udara yang tersisa. Jika tidak, maka rem bisa kempos,” ungkap Suparman.

Pemeriksaan Kolong Mobil

periksa kolong biar aman

Car lift di bengkel resmi selain bermanfaat saat mengganti pelumas mesin dan pengecekan pengereman, juga bisa menyediakan ruang lapang ketika memeriksa bagian bawah mobil. Di sinilah, para mekanik bisa melakukan pengencangan baut-baut dan mur sesuai dengan ketentuan. Disamping itu, pengecekan lainnya yang termasuk kedalam sesi ini adalah kondisi dari sistem peredam kejut atau suspensi dan inspeksi jika ada kebocoran atau situasi yang dapat menganggu perjalanan mudik.

Meskipun terdengar sepele, tetapi prosesi dalam rangka pengencangan baut dan mur tidak bisa dilakukan dengan sembarang peralatan. Disarankan memakai kunci torsi dan menggunakan perhitungan yang baku. Dengan demikian, Anda tidak bisa melakukan pekerjaan ini sendiri atau suka-suka, yang penting kencang tanpa tahu besaran momennya.

Kemudian untuk suspensi juga penting, karena kontur jalan yang menanjak dan tidak rata dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Melalui pemeriksaan ini, mekanik bisa melihat apabila terdapat sesuatu keganjilan yang tidak sesuai dengan normal. Akan tetapi perlu diingat bila hal ini berlaku jika mobil Anda dalam kondisi standar bukan modifikasi.

Spooring & Balancing

Spooring dan balancing agar roda tetap lurus

Fasilitas lain yang bisa digunakan di bengkel resmi guna menunjang kondisi mobil siap untuk mudik adalah Spooring & Balancing. Keduanya merupakan kombinasi yang bermanfaat dalam menyajikan pengendalian yang baik, namun memiliki perbedaan orientasi, dimana yang satunya bermain di sudut chamber dan caster dan satu lagi di ban nya itu sendiri. Mengapa pekerjaan ini tidak dapat do it yourself? Karena keduanya memerlukan mesin yang berdimensi besar dan harganya lumayan tinggi untuk Anda simpan di garasi.

“Spooring, tujuannya untuk memastikan posisi stir kendaraan dalam keadaan lurus dengan mengacu ke sudut peletakkan ban yakni chamber dan casternya. Sudutnya yang disetting disini, bukan bannya. Bila mengemudi dengan stir yang tidak lurus maka akan terjadi efek menarik ke kiri atau ke kanan dan berbahaya saat kecepatan tinggi,” terang Apri Yosnaldi, Supervisor Bengkel Auto2000 Yos Sudarso sambil menunjukkan pengerjaan spooring.

Sedangkan balancing, berfungsi untuk menyeimbangkan kinerja ban dengan memastikan tapak bannya berada dalam proporsi yang sesuai. “Kami melihat dulu kondisi ban mobilnya, bila ditemukan ada keausan maka akan dilakukan rotasi. Karena keausan yang tidak merata itu menandakan bahwa ban tersebut perlu dibalancing,” tutup Apri Yosnaldi.

Dengan melaksanakan 5 pekerjaan ini di bengkel resmi, maka mobil Anda sudah tergolong layak dan siap dalam mengarungi perjalanan mudik ke kampung halaman.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Lebih Baik Menggunakan Mobil

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil