• Wishlist

Siapkan 10 Peralatan Teknis Ini Agar Tenang Di Perjalanan

Siapkan 10 Peralatan Teknis Ini Agar Tenang Di Perjalanan

Selamat berlibur. Ya, sebentar lagi musim libur lebaran akan segera tiba. Musim libur yang menandai akhir ramadhan bagi kaum muslim di Indonesia ini memang cukup unik. Masyarakat Indonesia mempunyai tradisi mengunjungi sanak saudara di daerah asalnya. Baik itu sekadar silaturahmi, atau sekaligus berlibur.


Apapun tujuannya, jika Anda menggunakan kendaraan, tentu akan lebih tenang melakukan perjalanan jauh saat kondisi mobil sedang prima. Melibas berbagai medan atau bermacet ria pun bukan soal saat mobil sedang sehat. Suasana nyaman bersama seluruh keluarga dan kerabat di dalam mobil pun menjadi penyejuk walau durasi perjalanan bisa menyita banyak waktu.


Saat melakukan perjalanan, sebaik apapun persiapan Anda, tentu ada banyak hal tak terprediksi yang bisa menyapa di tengah rute. Kendala kecil seperti AC mati akibat sekring putus, ban bocor, aki tekor, rasanya itu adalah hal ringan yang kerap terjadi. Namun, saat Anda mengalaminya dan tak mempunyai perangkat teknis untuk mengatasinya? Seketika masalah ringan bisa berubah menjadi mimpi buruk.


Kami merangkum banyak peralatan yang bisa dibawa di mobil sebagai pendukung teknis yang bisa Anda gunakan sendiri saat menemui berbagai masalah ringan di perjalanan. Dan ternyata, hanya 10 peralatan yang perlu Anda siapkan agar perjalanan mudik, kian nyaman.


Kabel jumper / power bank


Kabel jumper harus ada


Kabel jumper berguna untuk menyambungkan listrik antara dua mobil. Perangkat yang biasanya berbentuk untaian dua kabel ini bisa mengangkat daya listrik aki sehingga aki yang sudah kehilangan arus di mobil Anda dapat menyalurkan energi yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin. Harganya pun relatif terjangkau, mulai Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu.


Jika Anda ada budget lebih, bisa juga memilih membawa power bank khusus yang memiliki daya simpan listrik besar dan memungkinkan untuk mendongkrak daya untuk menyalakan mobil. Biasanya harganya mulai Rp 1 jutaan,


Baik itu power bank atau kabel jumper, keduanya sangat dibutuhkan oleh Anda yang menggunakan mobil bertransmisi otomatis. Sebab mobil dengan transmisi ini tidak bisa didorong untuk layaknya mobil bertransmisi manual untuk menyalakan mesinnya.


Tire inflator


Saat ini di pasaran sudah banyak beredar perangkat pemompa ban yang berukuran kecil dan bisa dibawa di mobil. Perangkat ini biasanya berbentuk kompresor mini yang ditenagai listrik dari output 12V yang umum ada di mobil. Jika mobil Anda mengalami bocor halus dan kekurangan angin, tentu dengan adanya perangkat ini Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan dan tak perlu khawatir jika angin ban terus berkurang, karena bisa diisi sendiri. Harganya pun relatif terjangkau, mulai dari RP 200 ribuan.


Penambal ban


Gunakan tire inflator saat darurat


Mungkin Anda akan membayangkan perangkat penambal ban yang digunakan oleh tukang tambal ban tradisional. Well, alat seperti itu memang dijual juga di pasaran dan bisa digunakan oleh Anda sekalipun, dengan sedikit mempelajari tekniknya tentunya dan usaha lebih untuk melakukannya. Namun, jika Anda tak mau terlalu repot, beli saja cairan penambal ban yang dijual di pasaran. Dengan cairan ini Anda tak perlu repot melakukan penambalan konvensional.


Hanya saja, kami tidak menyarankan untuk menggunakan ban yang telah ditambal dengan cairan ini secara permanen. Baiknya, Anda tetap harus membawanya ke penambal ban jika bertemu di jalan dan bersihkan cairan penambal dari dalam ban. Pasalnya, umumnya cairan penambal ban akan tetap berada dalam bentuk fluida yang mampu mengganggu keseimbangan ban.


Dongkrak


Siapkan dongkrak mobil yang mumpuni


Setiap mobil pastinya sudah memiliki perangkat ini. Pasalnya pabrikan sudah berbaik hati menyediakan dongkrak yang khusus dengan spesifikasi mobil Anda. Namun tak ada salahnya membawa dongkrak dengan mekanisme buaya yang memiliki daya tonase angkat lebih tinggi dari mobil Anda.


Hal ini kami rekomendasikan agar Anda bisa membantu mobil lain yang mungkin saja lebih bobotnya berat dari mobil Anda dan tak sesuai dengan dongkrak mobil standar Anda. Dongkrak tentunya berguna untuk mengungkit sebagian mobil ke atas agar Anda bisa melepas ban atau mengakses kolong kendaraan untuk memperbaiki kerusakkan.


Kabel derek


Tali derek untuk berjaga-jaga


Baik itu kabel baja ataupun tali, perangkat ini harus Anda bawa. Sebab percuma saja mobil Anda sudah dilengkapi dengan towing hook jika kabel untuk menyambungkan dengan mobil lain tak ada. Oh ya, perhatikan material dan besar pengait kabel derek yang Anda beli. Pastikan bisa menyangkut pada hook pengait yang tersedia di mobil Anda.


Senter


Siapkan selalu senter di mobil


Sediakan pula senter dan simpan di glove box atau lokasi terdekat dengan pengemudi. Hal ini untuk memudahkan Anda mengambilnya saat berada dalam situasi darurat dan minim pencahayaan. Anda pun tak perlu membeli yang terlalu besar dan memakan banyak daya listrik.


APAR


Alat pemadam api ringan untuk di mobil


Alat Pemadam Api Ringan atau APAR merupakan perangkat pemadam api yang dijual bebas di pasaran. Harganya pun terjangkau, mulai Rp 50 ribu hingga RP 500 ribu tergantung jenis bahan APAR dan mekanisme pemadamannya.


Pada saat membeli, kenali juga jenis material, cara penggunaan, dan masa kadaluarsanya. Biasanya APAR hanya bisa memadamkan api sebelum terlalu besar dan hanya berfungsi dalam hitungan detik. Simpan APAR di lokasi yang mudah diakses pengemudi, misalnya di bawah jok penumpang depan, atau di bawah glove box, tapi pastikan juga tidak bisa dimainkan oleh anak-anak.


Tools Kit


Tool kit set akan sangat berguna


Pabrikan memang sudah berbaik hati menyediakan beberapa peralatan seperti obeng, dan beberapa kunci di mobil Anda. namun baiknya Anda menyimpan juga peralatan yang lebih lengkap. Anda bisa membeli tool kit set, yang berisi peralatan mulai dari obeng hingga kunci bahkan palu. Biasanya tool kit dijual dalam satu paket praktis sehingga mudah disimpan dan digunakan. Meski Anda tak tahu kapan membutuhkannya, namun jika terjadi sesuatu dan tak memilikinya, itu lebih buruk.


Sekring


siapkan sekering cadangan


Sebagai peranti untuk memutus arus berlebih, tentu sekring merupakan barang sekali pakai. Begitu sudah rusak, ia tak bisa digunakan lagi. Biasanya pabrikan hanya menyediakan beberapa buah sekring saja. Sebaiknya Anda menyimpan lebih banyak sekring dengan tegangan berbeda sesuai dengan tegangan sekring yang ada di mobil Anda. Toh jika Anda menyimpan belasan sekring sekalipun, tak akan menyita banyak ruang di bagasi kan?


Perlengkapan Standar


Perlengkapan standar harus tetap ada di mobil


Kami sengaja menempatkan perlengkapan standar di akhir artikel. Pasalnya agar Anda tak lupa untuk memastikan perangkat standar yang wajib Ada di mobil, sudah tersedia. Agar Anda tahu perlengkapan standar apa yang harusnya tersedia di mobil Anda, baca kembali buku manual-jangan lupa simpan kembali di mobil. Segitiga pengaman, kotak P3K, kunci roda, towing hook, adalah beberapa perlengkapan standar yang biasanya ada di mobil. Pastikan semua ini ada di mobil Anda sebelum melakukan perjalanan jauh.


Baca Juga: Inilah Syarat Mobil Yang Tepat Untuk Mudik


Source foto : liputan6, newspress UK, newspress USA, thecarhobby, vteworld