Inilah Deretan Mobil Convertible Di Indonesia

Inilah Deretan Mobil Convertible Di Indonesia

Sebelum memulai dengan deretan mobil dengan titel convertible yang ada di Indonesia, ada baiknya Anda paham dulu bahwa istilah ini artinya adalah mobil dengan atap terbuka. Ada banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan mobil seperti ini. Mulai dari convertible yang sebetulnya lebih sering digunakan oleh pasar Amerika, cabriolet yang sering digunakan oleh manufaktur Eropa, hingga roadster, spyder, belum lagi ada yang disebut sebagai atap Targa dan Pagoda.

Apa bedanya? Sama saja, istilah ini sebenarnya menggambarkan mobil dengan atap yang bisa dibuka. Istilah convertible atau cabriolet biasanya berlaku untuk mobil yang lebih umum, sedangkan spyder/roadster digunakan untuk sportscar atau supercar seperti Ferrari 488 Spyder yang baru meluncur kemarin. Soal jumlah tempat duduk, meski tidak mengikat, tapi cabriolet/convertible biasa memiliki kapasitas lebih dari dua orang.

Khusus untuk roadster sendiri, istilah yang lebih sering digunakan oleh orang Amerika ini juga menggambarkan mobil dengan bentuk streamline tanpa jendela dan atap, serta kadang ada windshield. Namun tidak perlu bingung. Yang jelas semuanya menggambarkan mobil dengan atap yang bisa dibuka-tutup. Baik itu dibuka dengan cara dilipat, atau memang dilepas dan ditinggal di garasi.

Mobil roadster era awal abad 20

Nah, dengan berpegangan pada definisi tersebut, kami berinisiatif untuk memberikan ulasan lima mobil yang dengan atap yang bisa dibuka, yang dipasarkan (atau pernah dipasarkan) di Indonesia. Betul, mobil seperti ini jarang ada yang punya karena pemiliknya harus paham betul apa arti mobil, alias mobil hobby.  Inilah daftarnya.

Mercedes-Benz E-Class Cabriolet

E-Class Cabriolet

E-Class adalah sedan dengan kemewahan yang patut diacungi jempol. Mobil ini begitu melegenda di Indonesia, sehingga Mercedes-Benz tidak keberatan jika varian dalam bentuk berbeda juga turut dipasarkan. Walhasil, selain sebagai sedan 4-pintu, E-Class juga hadir dalam bentuk coupe (2-pintu) dan Cabriolet.

E-Class cabriolet dibekali beragam fitur yang cukup canggih. Desainnya memungkinkan Anda untuk tetap terlihat gaya tanpa rambut yang berantakan saat tiba ditujuan. Hal ini berkat desain kaca samping yang tinggi, dan fitur AirCap di windshield yang mampu meminimalisir efek turbulensi. Selain itu, jika Anda memutuskan untuk berkendara di cuaca dingin dengan atap terbuka, sistem AirScarf akan menghembuskan udara hangat ke leher dari kursi depan.

Di luar itu, tentu saja kemewahan khas pabrikan Jerman tersebut tetap hadir, dan menjadikan E-Class Cabriolet sebuah mobil yang layak menjadi impian.

Porsche Boxster Spyder

Boxster Spyder berpengendalian murni

Boxster adalah salah satu Porsche terbaik yang pernah ada. Dan hal ini pernah kami rasakan langsung. Suara mesin yang merdu, handling yang jempolan, plus mesin 6-silinder boxer di belakang yang memberikan dorongan tenaga hebat, akan membuat Anda tersenyum. Pengendaraannya yang mudah juga memberikan kesan seolah mobil ini jinak, namun saat adrenalin tidak lagi terbendung, Boxster akan menunjukan kodratnya sebagai sebuah Porsche.

Salah satu boxster terbaik adalah versi Boxster Spyder yang hadir pertama kali di New York Auto Show 2015 lalu. Mobi ini benar-benar didesain untuk memberikan kesenangan berkendara secara alami, tanpa ada bantuan traction control, atau suspensi canggih yang ribet. Namun demikian, desain dan tuning chassis serta mesin yang jempolan, membuatnya terasa hebat saat dipacu dan bermanuver. Kalau Anda mencari mobil dengan pengendalian yang murni, inilah dia.

Kini, generasi Boxster diteruskan oleh Porsche 718 yang meluncur beberapa bulan lalu di Jakarta. Tidak seperti sebelumnya, 718 yang diklaim sebagai turunan mobil balap Porsche 718 di era 1950-an, menggunakan mesin baru dengan konfigurasi 4-silinder boxer. Bukan hal baru bagi Porsche, karena 718 asli dulunya menggunakan mesin seperti ini.

Mazda MX-5

MX-5 memiliki handling jempolan

Generasi terbaru MX-5 sudah beredar namun sayang, Mazda Motor Indonesia belum memasarkannya di sini. Namun generasi sebelum ini (generasi 3), dengan atap keras yang bisa terlipat secara elektrik sangat mumpuni untuk disebut sebagai mobil roadster yang hebat.

MX-5 memang tidak dibuat untuk menjadi sebuah mobil open top yang mewah. Mesinnya hanya 4-silinder dengan kapasitas 2.0 liter dengan tenaga 170 hp, dengan interior yang biasa saja namun ergonomis dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Namun MX-5, yang sejak generasi pertama didaulat sebagai mobil dengan handling paling jempolan, dan hingga generasi terbarunya, masih terus dibawa. Itulah kenapa MX-5 begitu populer.

BMW 4-Series Convertible

4-series convertible. Nyaman dan sporty

Sejak BMW mengubah nomenklatur produknya, segalanya menjadi lebih mudah, terutama untuk mereka yang baru pertama kali mengikuti perkembangan BMW. Seri dengan awalan nomor genap pasti dua pintu, sedangkan yang ganjil, pntunya ada empat. Nah, karena itu rasanya cocok saja kalau BMW Indonesia memasarkan BMW 4-Series dengan atap terbuka.

Mobil seharga Rp 1,219 milyar off the road ini memiliki performa yang cukup sporty, sesuai dengan takdirnya sbeagai sportscar BMW. Namun lebih dari itu, BMW membekalinya dengan ruang interior yang lega sehingga mematahkan anggapan bahwa mobil dua pintu pasti sempit. Hal ini membuat 4-Series Convertible terasa nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Kualitas interior khas BMW yang mewah dipadukan kesan sporty sebuah mobil coupe, plus tentunya atap yang bisa terlipat secara elektronis.

MINI Cabriolet

MINI Cabriolet terbaru

Tidak bisa tidak, inilah mobil yang paling identik dengan fashion dan gaya yang dinamis. Generasi terbaru MINI Cabriolet sudah dipasarkan oleh BMW Indonesia selaku pemegang merek MINI, dan memang melihatnya sepintas saja mobil ini tampak menarik dan ‘catchy’.

Seain penampilan yang gaya, karakter pengendalian sebuah MINI yang disebut sebagai gokart feeling juga hadir disini. Plus, interiornya mampu menampung empat orang dewasa. Di Indonesia, MINI Cabriolet hadir dengan dua opsi mesin yaitu 1.5 dan 2.0 liter (varian S). Kedua mesin tersebut dibekali dengan turbocharger sehingga performanya terbilang mumpuni. MINI Cabriolet dijual dengan harga mulai dari Rp 639 Juta (OFR) di Indonesia.

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store