Oto
jakarta-selatan

5 Mobil Termurah Pakai Panoramic Roof Atau Sunroof Di Indonesia

  • Apr 21, 2017
  • 20963 Dilihat


Fitur sunroof atau panoramic roof di Indonesia, biasanya hanya ditemui pada mobil mewah atau mobil Eropa. Maklumlah, di Eropa sunroof bukan lagi fitur mewah dan bisa ditemui di hampir setiap mobil. Yup, di Eropa city car Kia Picanto saja sudah ada yang pakai sunroof.


Tapi, belakangan ini sudah ada beberapa mobil non-mewah di Indonesia yang pakai sunroof. Bahkan mobil baru termurah di Indonesia yang pakai sunroof, dijual dengan harga mulai dari Rp 300 jutaan saja. Beberapa pabrikan Jepang dan Korea juga sudah mulai berani pasang sunroof untuk mobil-mobil menengah mereka di Indonesia. Ada juga yang bertipe panoramic.


Berikut ini kami beberkan lima mobil murah di Indonesia yang sudah pakai sunroof.



1. Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT Rp 305 juta


Chevrolet Trax mungkin salah satu mobil murah di Indonesia dengan inovasi teknologi dan fitur paling modern saat ini. Coba, Trax adalah mobil bermesin turbo termurah di Indonesia. Selain itu, crossover SUV ini juga jadi mobil baru termurah di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan electric sunroof.


Chevrolet Trax


Mobil ini baru saja mengganti wajahnya dan diperkenalkan pada Februari lalu. Desainnya sekarang terlihat lebih modern karena grille depannya tak lagi besar. Lampu depannya sekarang menyipit dan sudah proyektor dengan LED Daytime Running Lights (DRL). Sebagai crossover, seperti biasa fender samping pakai garnish berwarna hitam dan atapnya juga sudah ada roof rail.


Bagian kabinnya lebih mewah lagi. Dashboard Trax baru tampil manis karena ada sentuhan material kulit. Stirnya juga sudah dibungkus kulit. Fitur-fiturnya juga canggih. Ada tombol start-stop, smart entry, electric folding mirror, kamera parkir, sampai colokan listrik rumah 230 V. Hebat kan? Jadi Anda bisa ngecas laptop atau membersihkan karpet mobil pakai vacuum cleaner, sampai cukur jenggot pakai cukuran listrik di dalam kabinnya.


Chevrolet Trax pakai mesin 1.4 liter turbocharged bertenaga 140 PS dengan torsi puncak 200 Nm. Satu lagi kelebihan mobil ini, Trax hanya dijual dalam transmisi otomatis 6-speed yang giginya bisa dipindah secara manual (tiptronic). Tersedia dua varian yaitu Trax 1.4 LT AT seharga Rp 279 juta dan Trax 1.4 LTZ AT seharga Rp 305 juta. Fitur sunroof hanya ada untuk tipe termahalnya.



2. Mitsubishi Outlander Sport PX Rp 370 juta


Mitsubishi Outlander Sport memang bukan mobil baru. Mobil yang juga dijual di Eropa dengan nama Mitsubishi RVR ini pertama diperkenalkan ke Indonesia 2010 tapi baru dijual pada 2012. Sempat diremajakan pada 2014, kabarnya tahun ini pun Mitsubishi Outlander Sport Indonesia mau dipermak sekali lagi. Wajahnya nanti pakai bahasa desain baru Mitsubishi mirip Pajero Sport.


Outlander sport panoramic


Walaupun bukan mobil baru, tapi desain Outlander Sport belum usang. Apalagi fiturnya tak bisa dibilang ketinggalan. Lihat aja, lampu depannya proyektor dan transmisinya CVT. Dan yang paling penting lagi, kabinnya ada panoramic roof. Ya, bukan sunroof tapi panoramic roof. Memang atapnya ini tak bisa dibuka tilt dan sliding seperti sunroof. Tapi atap kaca panorama yang memanjang ke belakang ini adalah satu-satunya di segmennya.


Fitur di interiornya juga cukup mewah. Ada fitur keyless operating system dengan tombol start-stop. Lalu ada juga magnesium paddle-shift.


Mitsubishi Outlander Sport memakai mesin bensin 2.0 liter yang bertenaga 150 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 197 Nm pada 4.200 rpm. Selain transmisi CVT tersedia juga pilihan transmisi manual 5-speed. Crossover SUV ini dijual dalam tiga tipe yaitu GLX seharga Rp 330 juta, GLS seharga Rp 345 juta dan PX seharga Rp 370 juta. Panoramic roof cuma ada pada varian tertingginya.



3. Honda HR-V 1.8 Prestige Rp 377 juta


Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2014, Honda HR-V jadi mobil yang menghidupkan kembali segmen crossover SUV di Indonesia. Masalahnya, HR-V waktu itu datang dengan harga yang relatif terjangkau dengan fitur yang tak kalah hebat. Saat itu HR-V tipe termurah dijual mulai Rp 240 juta.


Honda HR-V Akan semakin mudah didapat di Palembang


Tapi bukan HR-V termurah yang pakai sunroof. Adalah tipe termahalnya. Honda HR-V dijual dalam dua pilihan mesin, 1.5 liter dan 1.8 liter. Honda HR-V 1.8 Prestige bertransmisi otomatis yang pakai sunroof elektrik jadi mobil kedua termurah di Indonesia yang dilengkapi sunroof kalau panoramic roof Outlander Sport tak dianggap.


Mobil ini lumayan canggih karena memakai banyak fitur modern mulai dari audio steering switch, AC otomatis dengan layar touchscreen, paddle-shift dan setir berlapis kulit, smart entry dengan start-stop button, ECO assist, hingga cruise control. Harganya, Rp 377 juta April 2017 ini. Relatif tak terlalu mahal mengingat fitur-fitur ini biasa ada di mobil mewah.



4. Hyundai Tucson XG Rp 416 juta


Pabrikan mobil asal Korea, Hyundai, memang berubah drastis sejak sepuluh tahun belakangan. Desain mobil-mobil mereka berubah menjadi lebih ke Eropa-Eropaan, apalagi sejak kepala desainer Audi, Peter Schreyer bergabung sebagai chief designer Kia Motors yang bernaung di bawah payung Hyundai sejak 2006.


kabin tucson


Hyundai Tucson terbaru ini adalah salah satu hasil karya Peter Schreyer. Hyundai Tucson di Indonesia dijual dalam dua pilihan mesin. Untuk tipe bermesin bensin, Hyundai menyediakan dua varian yaitu Tucson GLS seharga Rp 385 juta dan Tucson XG seharga Rp 416 juta. Tucson bermesin bensin ini bertenaga 157 PS pada 6.200 rpm dengan torsi puncak 196 Nm pada 4.000 rpm. Hyundai Tucson Indonesia cuma tersedia dalam transmisi otomatis 6-speed shiftronic.


Hebatnya, Tucson ini sudah pakai panoramic sunroof. Artinya, atapnya kaca memanjang sampai ke belakang seperti panoramic roof milik Mitsubishi Outlander. Bedanya, atap kaca bagian depan Tucson dapat dibuka secara tilt dan sliding. Panoramic sunroof Tucson sudah electric juga untuk mekanisme buka tutup tirainya. Fitur ini jadikan Hyundai Tucson sebagai mobil termurah di Indonesia yang pakai panoramic sunroof.


Tentu fitur ini baru tersedia di tipe tertingginya, Tucson XG. Harganya Rp 416 juta. Memang lebih dari Rp 400 juta, tapi fitur ini adalah yang terbaik di kelasnya. Panoramic Sunroof ini juga hadir untuk Tucson bermesin diesel Tucson XG CRDi yang dijual lebih mahal dengan Rp 458 juta.



5. Nissan Serena 2.0 Panoramic Autech Rp 465,1 juta


Nissan Serena adalah salah satu Multi Murpose Vehicle (MPV) andalan Nissan di Indonesia. Salah satu keunggulannya adalah electric sliding door, kabin luas dengan fleksibilitas yang tinggi, dan tentunya atap kaca atau panoramic roof untuk tipe tertingginya. Tak heran kalau di kelasnya, Serena mungkin menjadi salah satu yang terlaris dibanding Toyota Nav1, Mitsubishi Delica, ataupun Mazda Biante.


Serena C26


Nissan Serena HWS Autech dijual dengan harga Rp 465,1 juta. Memang atap kacanya ini tak bisa dibuka secara tilt dan sliding mirip sama atap panorama Mitsubishi Outlander Sport. Tapi yang jelas mobil ini memiliki tingkat fleksibilitas kabin yang sangat baik terutama untuk konfigurasi kursinya.


Nissan Serena HWS Autech memiliki 3 baris kursi dengan konsol tengah yang dapat digeser dari kursi depan ke kursi baris keduanya. Konsol tengahnya ini dapat difungsikan sebagai arm rest, juga dapat ditegakkan menjadi kursi untuk penumpang. Kalau ditarik ke depan, kursi baris keduanya jadi mirip captain seat dan menyisakan ruang di tengah untuk akses ke kursi belakang. Selain itu, kabinnya juga besar dan luas.


Kenyaman memang nilai utama Serena. Mobil ini pakai transmisi Xtronic CVT khas Nissan. Performa memang bukan yang diunggulkan mobil ini. Tapi mesin 2.0 liter bertenaga 147 PS pada 5.600 rpm dapat diandalkan. Walau pakai panoramic roof tapi Serena masih dapat menempel layar hiburan LCD berukuran 10-inci di plafon.


Selain kelima mobil tersebut, ada juga Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT seharga Rp 505.000.000 yang juga sudah memakai sunroof. Generasi terbaru Mitsubishi Pajero Sport datang seminggu setelah peluncuran saingannya, Toyota Fortuner. Salah satu fitur yang diunggulkan SUV andalan Mitsubishi di Indonesia ini dibanding saingannya itu, adalah hadirnya sunroof. Ya Toyota Fortuner tidak memiliki sunroof.


Mobil lainnya yang juga memiliki sunroof yang dijual di bawah Rp 500 juta adalah Kia Sportage GT Ultimate seharga Rp 475.500.000. Sementara itu SUV Honda lainnya yaitu Honda CR-V 2.4 Prestige AT Fender Audio juga sudah memakai sunroof dan dijual Rp 501.000.000.


Baca Juga: Harga Terjangkau, Ada Fitur Apa Saja di Ignis?

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer