Tips Mudah dan Murah Menghitamkan Bodi Kasar Motor yang Kusam

Tips Mudah dan Murah Menghitamkan Bodi Kasar Motor yang Kusam

Sepeda motor jenis skutik yang didominasi panel bodi dengan bahan plastik sejatinya harus mendapat perawatan khusus. Akibat usia pemakaian biasanya terjadi kepudaran warna atau disebut juga oksidasi. Hal ini disebabkan karena sering terkena sinar matahari dan UV. Masalah ini kebanyakan timbul pada bagian yang biasa disebut kulit jeruk atau bodi yang berstektur kasar. Umumnya pada dek, dasbor, pijakan kaki dan sepatbor belakang.

Namun, sebelum kita membahas cara menghitamkan bodi kasar, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar bagian tersebut tidak mudah kusam.

1. Hindari Terik Sinar Matahari Langsung

Biasakan parkir di tempat teduh atau yang tidak terkena paparan terik matahari langsung. Sebab sinar matahari mengandung ultraviolet, dalam jangka waktu tertentu dapat merusak lapisan cat motor.

2. Tidak Membiarkan Motor Kotor Dalam Waktu Lama

Kalau motor kena air hujan lalu dibiarkan dalam waktu lama tidak dicuci dapat menimbulkan karat. Ini karena air hujan ada kandungan garamnya. Bodi jadi cepat kusam.

3. Cuci Motor dengan Sampo Khusus

Rutin membilas motor dengan air bersih, terutama di saat musim hujan. Lalu keringkan dengan kain penyerap khusus. Jangan gunakan sabun detergen atau sabun lain, karena bisa memudarkan warna cat bodi motor.

cuci motor

Jika memang harus dicuci menggunakan sabun, usahakan pakai sampo khusus untuk mencuci motor. Namun hal itu juga dapat berisiko. Hindari shampo yang memiliki kandungan Hcl (acid hidrochloride), NaOH (sodium hidroksida) dan KOH (potassium hidroksida). Mengingat, bahan-bahan tersebut memiliki efek yang kurang bagus dan bisa mengikis lapisan cat motor.

Baca juga: Tips Aman Belajar Motor Skutik Bagi Pemula

4. Gunakan Skotlet Full Bodi

Dapat juga dengan memasang skotlet atau stiker transparan. Langkah ini dinilai cukup efektif untuk melapisi bodi motor agar terhindar dari goresan dan terik sinar matahari yang membuat bodi mudah kusam.

5. Rajin Memberikan kompon dan Memoles

Jika tidak mau keluar biaya banyak, bisa melakukan perawatan sendiri dengan kompon dan cairan poles. Kompon yang bentuknya menyerupai gel bisa digunakan untuk menghilangan goresan halus.

Tapi ingat, prosesnya tidak instan. Pemilik harus menggosok bodi sepeda motor dengan kompon beberapa kali untuk bisa menghilangkan goresan halus.

Setelah goresan halus hilang, gunakan gel atau cairan poles untuk mengembalikan kilap bodi motor. Supaya tidak tercampur oleh debu atau kotoran yang bisa menyebabkan goresan, saat menggosok bodi dengan cairan poles, sebaiknya setelah sepeda motor dicuci.

tips merawat bodi motor

Cara Menghitamkan Bodi Kasar

Namun jangan khawatir, banyak cara untuk membuat bodi yang kusam kembali baru seketika tanpa harus membawanya ke bengkel cat. Salah satu cara atau tipsnya dengan memanfaatkan produk pelapis dan pelindung bodi kasar. Salah satunya seperti produk dari Diton. Namanya Dashboard Coating Original Black 9800 yang ditawarkan oleh PT Difan Prima Paint. Produk ini diklaim mampu mengubah tampilan plastik kulit jeruk yang sudah kusam kembali baru dan hitam lagi.

“Kebanyakan orang ketika melihat bodi yang sudah kusam mengeluarkan biaya mahal untuk memperbaiki. Mengganti dengan yang baru atau menggunakan semir hanya tahan 1 sampai 2 bulan,” ujar Joni Ilmawan, Kepala Tim Painting PT Difan Prima Paint.

Cara pengaplikasian Diton Dashboard Coating cukup simpel dan bisa diaplikasikan sendiri tanpa menggunakan jasa pengecatan. Pertama, bersihkan dulu bodi kasar menggunakan sampo motor, jika terdapat baret halus atau kotoran yang sulit dibersihkan, gunakan amplas ukuran 2000 agar terhindar dari kotoran debu dan oli. Setelah bersih dan kering, pemilik bisa menyemprotkannya ke komponen yang kusam.

Merawat bodi motor

“Lebih praktis, efisien, dan cepat kering. Hasilnya langsung terlihat, bahan plastik yang berstektur itu kembali baru seketika,” tambah Joni.

Lalu, bagaimana dengan tingkat ketahanannya? Joni lebih jauh menjelaskan, dibanding dengan semir, hasil pengecatan Diton Dashboard Coating diklaim melekat jauh lebih kuat dan permanen. Selain itu, produk ini diformulasikan untuk memberikan efek daun talas, sama seperti dampak yang ditimbulkan oleh nano ceramic coating sekaligus mencegah munculnya jamur.

Selain untuk bodi kasar motor, produk ini juga bisa diaplikasikan ke dashboard mobil. Pemakaiannya dinilai efisien. Satu kaleng Diton Dashboard Coating dikatakan sudah cukup membuat dasbor kembali menjadi baru. "Hasilnya elegan dan tekstur original pada dasbor tak bakal berubah."

Diton dashboard coating

Selain itu, barang-barang plastik yang terdapat pada alat elektronik seperti televisi, radio, hingga DVD, bisa disulap terlihat baru lagi dengan Diton Dashboard Coating. Ini tentunya dapat menambah nilai jual, terutama bagi para pemilik bengkel elektronik.

Mengenai harga, PT Difan Prima Paint membanderol Diton Dashboard Coating dengan harga Rp 65 ribu. Banderol itu untuk satu kaleng berukuran 400 ml. Produk ini sudah tersedia di toko-toko cat terdekat dan sejumlah e-commerce ternama. (Bgx/Tom)

Sumber: Diton

Baca juga: Lakukan 3 Cara Ini Agar V-belt Motor Skutik Tetap Awet

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor