Usai Libur Tahun Baru, Cek Kondisi Komponen Mobil Ini

Usai Libur Tahun Baru, Cek Kondisi Komponen Mobil Ini

Anda baru saja selesai liburan? Atau masih dalam perjalanan kembali ke rumah? Selesai liburan tahun baru, bukan berarti mobil milik Anda bisa langsung dipakai untuk beraktivitas normal. Selama dipakai berlibur, mobil pasti menempuh perjalanan cukup panjang dan melelahkan, belum lagi jika terkena macet di jalan.

Anda mungkin rutin melakukan perawatan atau servis berkala. Tapi tak ada salahnya melakukan pemeriksaan kembali kondisi mobil usai digunakan. Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini untuk memastikan mobil kesayangan siap untuk dipakai kembali.

1. Cek Ban

Kerap dilupakan, padahal ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang berhubungan langsung dengan jalan. Alhasil, ban harus siap menerima berbagai kondisi jalan yang dilalui ketika berlibur. Ditambah, saat liburan mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Oleh sebab itu, wajib periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir velg mobil. Jika ada yang mencurigakan, segera bawa ke bengkel resmim untuk pengecekan lebih lanjut. Jangan lupa pula memeriksa ban cadangan. Meski jarang digunakan ban cadangan memiliki peran sangat penting terutama dalam kondisi darurat.

2. Periksa Oli Mesin

Mesin beroperasi dalam kondisi yang berat karena membawa banyak muatan dalam perjalanan panjang. Karena itu dibutuhkan pelumas yang sanggup melindungi mesin dari gesekan antar komponen sehingga mesin dapat bekerja secara optimal. Makanya, pastikan volume oli mesin sesuai takaran. Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Jika ya, segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk pengecekan.

Baca juga: Aman Berkendara di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Tips Ringannya

tips merawat mobil

3. Waspada Kolong Mobil

Perhatikan shock absorber dari kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang ada di sekitarnya dari potensi getas dan robek. Waspada kebocoran dengan melihat kondisi selang rem. Untuk rem cakram bisa melihat langsung kondisi kampas rem. Sedangkan rem teromol, waspadai kebocoran dengan memperhatikan dinding teromol rem. Mobil yang masih menggunakan power steering hidrolis dapat mengecek potensi kebocoran. Periksa bagian lain di kolong mobil untuk memastikan tidak ada potensi masalah.

4. Mesin

Anda bisa membersihkan mesin dengan menggunakan kain lap basah. Dengan begitu, bisa terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakan ada masalah. Jika tidak ada, AutoFamily bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi. Jika sampai ada masalah, peluang terbaik untuk memperbaiki adalah dengan membawanya ke bengkel resmi langganan Anda.

5. Cairan di Ruang Mesin

Berbagai cairan sangat penting agar mesin bekerja dengan sempurna. Bisa dimulai dari mengecek air di radiator dan tabung penyimpan cadangan air radiator. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan pembersih kaca depan. Periksa volume tabung fluida kopling untuk mobil transmisi manual. Cek ketinggian air aki serta bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran. Lanjut cek volume minyak power steering hidrolis dan pastikan freon AC dalam kondisi penuh.

6. Bersihkan Kabin dan Bagasi Mobil

Sebelum menjalani 5 tahapan di atas, Anda bisa memulai dengan mencuci mobil. Pastikan seluruh bagian mobil dicuci bersih, mulai dari bodi, kolong mobil, ruang mesin, hingga kabin dan bagasi. Kabin dan bagasi harus memperoleh perhatian lebih mengingat dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang. Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga keresikan kabin. Anda juga bisa menyemprotkan bahan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman.

Nah, selamat mencoba. (Raju)

Baca juga: Isi Waktu Libur dengan Merawat Interior Mobil, Simak Tips Berikut ini

 

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil