Tips Mudah Merawat Bodi Mobil dan Membersihkan Kaca Film

Tips Mudah Merawat Bodi Mobil dan Membersihkan Kaca Film

Jika Anda tidak memutuskan untuk kemana-mana, libur akhir pekan bisa digunakan untuk hal-hal bermanfaat. Salah satunya memeriksa kondisi kendaraan Anda. Siapa tahu mobil kesayangan sudah lama tak diperhatikan. Sebaiknya dibersihkan dan dirawat supaya tetap memberikan rasa nyaman ketika dipakai kembali.

Tampilan mobil menjadi yang pertama dilihat orang sehingga jika dalam keadaan bersih tentunya mendapat penilaian yang baik pula. Bagi pengguna, mobil yang terlihat bersih akan memberikan rasa puas. Selain itu Anda yang jadi pengemudi juga harus memperhatikan kondisi kaca film. Yap bagian dari mobil ini kerap terlupakan. Begitu sudah terpasang, pemilik kendaraan banyak yang tidak peduli. Padahal kaca film juga bisa kotor, seperti ketika dipegang oleh tangan yang kotor. Ini tipsnya:

1. Cuci Bagian Luar Mobil Hingga Bersih

Cuci mobil menggunakan shampo mobil yang tidak merusak cat. Gunakan juga lap yang lembut sehingga tidak menimbulkan baret. Pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil, termasuk kolong mobil mengingat saat ini mulai masuk musim hujan dan kotoran menempel di kolong mobil untuk menghindari timbulnya karat. Periksa bagian yang bisa menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

2. Hilangkan Noda yang Membandel

Periksa mobil dari risiko terkena noda atau jelaga akibat polusi udara, aspal, dan serangga. Gunakan cairan khusus pembersih serangga dan noda. Jangan dicungkil karena bisa membuat bodi mobil baret. Untuk kaca, bisa memanfaatkan glass cleaner agar tidak menyebabkan kabut. Cairan ini juga melapisi kaca sehingga air hujan bisa langsung turun seperti air di daun talas.

Baca juga: Tips Rawat Mobil, 6 Komponen yang Dapat Dicek Secara Mandiri di Rumah

Tips membersihkan kabin

3. Bersihkan Kabin Mobil, Bagasi, dan Ruang Mesin

Keluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih dan sabun pembersih. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam kabin seperti kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan, termasuk area bagasi. Hindarkan menyemprot ruang mesin dengan air bertekanan, terutama bagian yang terkait dengan kelistrikan dan cukup gunakan lap basah untuk mengangkat kotoran.

4. Bersihkan Kaca Film

Saat akan membersihkan kaca mobil yang dilapisi kaca film, jangan dilakukan sembarangan atau disamakan seperti membersihkan kaca mobil biasa. Hindari penggunaan glass cleaner yang umum dipakai untuk membersihkan kaca mobil bagian luar karena kandungan kimianya cukup kuat untuk menggerus permukaan kaca film dan berpotensi merusaknya.

Kalau kotoran hanya sebatas debu atau pembersihan ringan seperti waktu mencuci mobil, cukup gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan kaca film. Lakukan dalam gerakan searah agar tidak menimbulkan baret. Untuk mengangkat kotoran, bisa dipakai kain chamois atau kanebo dan air secukupnya. Setelah terangkat, cukup bersihkan dengan kain mikrofiber. Pastikan kering supaya tidak meninggakan noda air.

Bagaimana jika kotoran belum terangkat dari kaca film? Cara ampuh dan paling aman adalah menggunakan shampoo yang memiliki ph balance atau minim kandungan kimia berbahaya. Proses pengerjaannnya seperti saat mengangkat kotoran menggunakan air dan dilap kanebo. Segera bilas dengan air biasa saat kotoran sudah terangkat dan keringkan menggunakan kain mikrofiber.

Periksa karet yang melingkupi kaca mobil, terutama pada jendela yang bisa dinaik-turunkan dimana ada celah kotoran bisa menempel. Segera bersihkan dengan kain mikrofiber agar tidak merusak kaca film ketika jendela dioperasikan. Hati-hati pula saat membawa benda tajam ke dalam mobil jangan sampai menggores permukaan kaca film.

Baca juga: 5 Tips Ringan Merawat Kabin Mobil Agar Tetap Bersih dan Sehat

tips

5. Poles Bodi Mobil

Kalau Anda punya waktu lebih, poles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya resik dan berkilau kembali. Selain itu, di tahap akhir pemolesan biasanya dilakukan waxing guna memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung untuk menahan paparan sinar matahari. Anda yang menginginkan hasil poles maksimal, tidak capek dan mudah, banyak salon mobil yang menawarkan poles bodi. Atau Anda bisa juga mengunjungi bengkel resmi.

6. Periksa Kondisi Bodi Mobil

Kondisi bodi mobil yang bersih tanpa noda membuat Anda bisa melakukan pemeriksaan kondisi bodi mobil dengan mudah dan nyaman. Tandai jika ada panel bodi yang baret atau penyok dan segera bawa ke bengkel Bodi dan Cat untuk dilakukan perbaikan.

Tidak perlu khawatir proses berlangsung lama karena ada fasilitas Express Body & Paint (EBP) yang hanya membutuhkan waktu 8 jam sejak mobil masuk ke dalam workshop untuk membuat bodi mobil kembali mulus. Syaratnya, layanan cepat ini hanya berlaku untuk area kerusakan maksimum 3 panel, baret, dan penyok ringan hingga spot repair. Lakukan booking via menu Booking Servis Bodi & Cat di Auto2000 Digiroom sebagai upaya mempercepat proses di lapangan.

Program Kilau Toyota Pilihan ini berlaku hingga 30 Juni 2021. Anda bisa memanfaatkan diskon biaya jasa perbaikan bodi sebesar Rp 300 ribu untuk perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal Rp 1,5 juta atau klaim asuransi minimal Rp 3,5 juta, ditambah bonus diskon 5% untuk 104 parts yang diganti.

Perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal Rp 1 juta memperoleh diskon biaya jasa perbaikan sebesar Rp 150 ribu dan tambahan diskon 5% untuk 104 parts yang diganti. Syarat dan ketentuan berlaku, program ini berlaku untuk semua tipe kendaraan (Toyota dan Non Toyota) dan silakan kunjungi menu PROMO untuk mendapatkan program-program menarik lainnya.

"Anda bisa membersihkan dan merawat bodi mobil agar kembali resik dan apik untuk dipakai kembali beraktivitas. Urusan Toyota lebih mudah, manfaatkan fasilitas Express Body & Paint untuk hasil yang cepat dan prima, termasuk program Kilau Toyota Pilihan yang memberikan kemudahan perbaikan dan perawatan bodi mobil cukup dengan memesan lewat Auto2000.co.id," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 dalam keterangannya. (Raju)

Baca juga: Perawatan Mobil yang Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah Saat Hari Libur

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil