5 Tips Ringan Merawat Kabin Mobil Agar Tetap Bersih dan Sehat

5 Tips Ringan Merawat Kabin Mobil Agar Tetap Bersih dan Sehat

Menikmati Lebaran di rumah aja, tentunya membosankan bagi sebagian orang. Padahal Anda bisa memanfaatkan waktu yang berharga untuk merawat kendaraan yang bisa dijalankan bersama keluarga tercinta. Apalagi selama Covid-19 masih ada dan belum mereda penyebarannya, Anda wajib menjaga kebersihan dan kesehatan. Tak hanya badan tapi juga berlaku untuk benda yang kontak dengan kita. Tak kecuali kendaraan atau mobil yang digunakan.

Bagian terpenting, tentu kabin dan interior. Karena eksterior sangat mudah dicuci atau dibersihkan. Beda cerita dengan bagian interior. Anda membutuhkan penanganan lebih serius dalam membersihkannya. Tapi tak sulit kok untuk menjaga kebersihan kabin demi mencegah penularan virus. Bahkan sejumlah bahannya mudah didapat. Berikut tipsnya.

1. Cuci Mobil Hingga Bersih

Karena sibuk setiap hari, sangat mungkin mobil jarang dibersihkan. Sekarang saat yang tepat untuk mencuci mobil, baik eksterior termasuk kolong mobil, ruang mesin, kabin, hingga bagasi. Kabin menjadi salah satu prioritas mengingat di situlah Anda, keluarga, atau teman menetap hampir setiap hari. Keluarkan seluruh karpet, cuci dengan sabun pembersih dan keringkan hingga sempurna agar tidak meninggalkan bau tidak sedap.

Senjata paling efektif untuk melawan Covid-19 adalah sabun. Dapat digunakan untuk dasbor dan jok. Tak perlu material antibakteri dengan kandungan spesial khusus otomotif, sabun merek apapun yang ditemukan di rumah kemungkinan besar dapat dimanfaatkan. Pasalnya sabun sanggup melawan virus sebagaimana ia melawan oli, meluruhkan. Cukup digosok dapat membunuh virus.

2. Manfaatkan Penyedot Debu

Bersih-bersih kabin kita sering menggunakan alat seperti kemoceng, kain lap atau sapu lidi. Menyiasati bebas debu di area ini dengan menepuk-nepuk permukaan jok menjadi hal biasa. Padahal cara seperti itu kurang tepat. Sebab debu yang beterbangan, biasanya akan kembali hinggap di area sekitar jok. Niat awal mau bersih-bersih malah tidak efektif. Belum lagi efek lainnya yang tak kalah mengganggu yakni debu terhisap atau terkena mata.

Nah, gunakan alat penyedot debu alias vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran halus yang menempel di dalam kabin. Mulai dari area dashboard, panel pintu, jok, hingga kolong jok dan lantai jangan sampai terlewatkan. Lanjut masuk ke bagasi mobil, termasuk rongga penyimpanan ban cadangan yang ada di bawah bagasi. Waspada celah antar panel sebagai lokasi bersembunyinya debu dan kotoran.

Baca juga: Tips Rawat Mobil, 6 Komponen yang Dapat Dicek Secara Mandiri di Rumah

Tips Membersihkan Jok

3. Bersihkan dengan Cairan Pembersih

Masuk ke langkah yang lebih spesifik yakni membersihkan panel pada kabin mobil menggunakan cairan pembersih khusus otomotif. Secara garis besar, material interior mobil berasal dari fabric, plastik, vinyl, kulit asli dan sintetis, kayu, serta logam. Gunakan pembersih pada permukaan dasbor, trim pintu, hingga ke area kotor seperti konsol tengah. Namun jangan sembarang pilih cairan, sekali lagi, sesuaikan lagi dengan material kabin. Untuk permukaan atas dasbor, disarankan pakai pembersih dan conditioner yang tidak mengilap atau berminyak. Sebab pantulan sinar bisa membuat bayangan di kaca depan yang memperburuk pandangan ke luar.

Sering disentuh, roda kemudi dan tuas transmisi jadi salah satu area paling kotor di interior. Paling banyak dihinggapi kuman dan bakteri, sila dicuci dengan sabun. Andai memungkinkan, semprot pula cairan disinfektan. Tapi harus perhatikan pula area tombol yang lazimnya tidak bersabahat dengan air. Selalu lakukan dengan penuh pertimbangan dan kehati-hatian.

4. Periksa Filter Kabin

Keberadaan filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran tersebut kerap terabaikan. Padahal filter kabin memiliki peran yang begitu penting yakni menyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC mobil dimana umumnya filter kabin berada di balik laci dashboard. Membersihkan filter AC mobil di rumah bisa dilakukan dengan mengetuk-ketuk saja, sehingga debunya turun. Bisa disemprot dengan angin tekanan tinggi atau bahkan dicuci. Tetapi hal itu akan membuat filter itu akan berbulu dan malah menghalangi angin.

Sebaiknya filter AC di mobil diganti setiap tiga sampai enam bulan, atau kalau dihitung kilometer, per 10.000 km bisa diganti. Filter kabin yang kotor harus diganti di bengkel karena memegang peran penting dalam menjaga kebersihan udara di dalam mobil sehingga wajib menggantinya dengan yang asli dan bergaransi.

Disinfektan gratis bagi pelanggan servis berkala

5. Semprotkan Cabin Disinfectant

Langkah terakhir adalah menyemprotkan cabin disinfectant ke dalam kabin mobil untuk membunuh bakteri di udara. Anda bisa membuatnya sendiri. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memberikan cara membuat cairan disinfektan sendiri. Campurkan Bleaching (Pemutih) diencerkan dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air. Karbol diencerkan dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air. Pembersih Lantai diencerkan dengan takaran 1 tutup botol per 5 liter air. Kemudian Larutan alkohol 70 persen, atau disinfektan rumah tangga terdaftar. Hydrogen Peroxide diencerkan sesuai takaran petunjuk penggunaan dalam kemasan.

Sebelum menyemprotkan cairan disinfektan pada bagian kendaraan yang sering tersentuh, pastikan kondisinya dalam keadaan bersih (tidak berdebu). Setelah itu, barulah menyemprotkan cairan disinfektan ke bagian-bagian kendaraan lainnya yang juga sering tersentuh tangan. Saat melakukan penyemprotan ada baiknya untuk selalu menggunakan sarung tangan atau alat pelindung diri (APD).

Tapi Anda yang tak mau repot bisa membeli. Banyak produk cabin disinfectant yang dijual bebas. Beberapa bengkel dan pabrikan juga menyediakan produk dengan keunggulan tidak mengandung benzene yang termasuk dalam Substance of Concerns (SoC) karena dapat membahayakan manusia serta telah dites oleh laboratorium IPB dan memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan RI. Banyak juga yang menyediakan promo disinfektan kendaraan. (Raju)

Baca juga: Isi Kekosongan Libur Lebaran dengan Merawat Interior Mobil, Simak Tips Berikut ini

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil