Tips Membersihkan Noda Aspal di Bodi Mobil untuk Mengisi Kegiatan Liburan

Tips Membersihkan Noda Aspal di Bodi Mobil untuk Mengisi Kegiatan Liburan

Tak terasa, sampai juga akhirnya ke pengujung 2020 dan bertemu dengan musim libur. Kalau memang benar memiliki waktu luang, tak ada salahnya memanja tunggangan perang beroda empat Anda. Setelah setahun wara-wiri mungkin sedikit terbengkalai. Misal terdapat akumulasi noda aspal yang bikin penampilan kurang sedap dipandang.

Wajar bila terdapat bercak hitam di bodi selama pemakaian. Timbul akibat lemparan butiran dari ban lantas mengotori bagian bawah pintu mobil. Bisa jadi juga mengotori area lain seperti bumper, grille, dan spion. Mengganggu secara visual juga berpotensi mengeras lalu merusak lapisan cat.

Bagaimana menghilangkannya supaya tampilan mobil Anda kembali bersih dan kinclong? Jangan ambil pusing sebab cukup mudah untuk dibersihkan. Tips menghilangkan noda aspal dari Auto2000 ini dapat dicoba sembari mengisi kekosongan. 

washing car

Cuci Mobil Hingga Bersih

Sebelum menyasar ke inti masalah, jauh lebih baik bila diawali pencucian secara menyeluruh. Cuci mobil hingga bersih di tempat teduh dengan air bertekanan dan shampoo. Sekalian juga sasar area yang jarang terjamah misal jeroan sepatbor dan sela-sela panel hingga bagian pelek. Pastikan semua bersih untuk menghindari timbulnya karat.

Jangan sembarang pilih cairan pembersih, gunakan produk khusus eksterior mobil. Tidak disarankan untuk menggunakan sabun cuci piring atau sabun colek. Juga hindari kandungan deterjen. Mungkin akan kinclong tapi dalam waktu lama dikhawatirkan merusak permukaan cat. Gunakan shampoo dengan PH balanced dan brightening agent, diklaim ampuh mengusir kotoran sekaligus mengilapkan cat.

Tujuannya sendiri adalah menghapus debu, kotoran, dan noda lain di samping noda aspal. Memperjelas kotoran mengganggu yang tidak hilang oleh air dan sabun. Nah, pastikan semua benar-benar kering sebelum menggarap sisa kotoran sebab kalau tidak dapat meningkatkan risiko cat tergores nantinya.

Baca juga: Perhatikan Ini untuk Mencegah Mobil Terbakar Saat Mengisi BBM di SPBU

noda aspal

Gunakan Cairan Penetran

Kotoran tadi tentu akan semakin mentereng di tengah panel-panel yang sudah kinclong. Teliti seluruh bagian di dekat roda dan fasad depan seperti pelek, bumper, grille, dan sudut terbawah samping bodi. Solusi paling mudah dapat dicoba dengan menggunakan cairan penetran. Mungkin Anda sediakan itu di rumah sebab dapat dipakai untuk berbagai keperluan. Mulai dari membersihkan karat, melumasi engsel dan baut, hingga membersihkan kerak di bagian mesin.

Kalau khawatir merusak cat dapat disemprotkan lebih dulu ke kain baru mengusap bagian terdampak. Atau bila sudah membandel, diamkan beberapa saat agar cairan meresap. Baru setelah itu usap perlahan dengan kain lembut. Harus diingat, jangan ditekan bila frustasi tidak dapat dihilangkan. Alih-alih mau bersih malah dapatnya goresan baru bahkan cat bisa mengelupas. Kalau tidak terangkat, coba langkah berikutnya.

bug and tar spray

Gunakan Tar Remover

Ada solusi paling efektif dalam sebuah permasalahan. Untuk noda aspal di bodi, Tar Remover sewajarnya paling ampuh. Sebaiknya juga langsung ke tahap ini meski harus pergi dulu ke toko perkakas. Cara aplikasinya tergolong mudah, bisa dilihat aturan pemakaian pada kemasan. Biasanya tinggal semprot obat likuid tadi ke kain lembut atau busa baru hapus sisa aspal. Bila sudah terangkat, cuci kembali tiap panel dengan air dan sabun hingga zat pembersih dan sisa-sisa terangkat seluruhnya.

Masih Banyak Waktu Luang?

Tampaknya membersihkan noda aspal tidak membutuhkan waktu lama. Dapat segera dilakukan segera setelah mobil bersih. Kalau masih banyak waktu luang, manfaatkan untuk lanjut memanja eksterior. Misal aplikasi wax atau polish. Tergantung kebutuhan, yang jelas karakteristiknya berbeda. Sebagai informasi, wax menambah lapisan lilin di atas permukaan cat sementara polish bersifat abrasif atau mengikis untuk meratakan permukaan.

Mempercantik cat menggunakan wax tak kalah mudah dan tidak melulu harus menggunakan mesin. Sebagaimana perkataan sang mentor karate, Mr. Miyagi, dalam film The Karate Kid,”wax on, wax off.” Pakai applicator pad dan lakukan gerakan memutar, lembut, dan tidak terlalu menekan di setiap panel. Tidak perlu terlalu tebal dan agresif ingin kinclong. Tinggalkan sejenak hingga tampak kusam lalu hapus dengan kain microfiber. Jangan lupa semir ban agar kembali hitam bak mengenakan pomade. Akhiri dengan segelas minuman dan kepuasan melihat mobil kembali tampil segar. (Krm/Raju)

Baca juga: Tips Membersihkan Interior Mobil Guna Mencegah Penyebaran COVID-19

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil