Lakukan 4 Hal Ini untuk Melindungi Mobil Pasca Hujan

Lakukan 4 Hal Ini untuk Melindungi Mobil Pasca Hujan

Jika bodi mobil diibaratkan rambut manusia, maka sudah sepantasnya jika mahkota kecantikan itu dijaga dan dirawat. Seperti halnya cat mobil yang keberadaannya sangat penting untuk selalu dijaga dan dirawat agar tetap bersih dan enak dilihat. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini.

Banyak yang abai dengan kendaraannya usai terkena guyuran hujan. Usai jalan atau parkir di tempat terbuka, air hujan di mobil dibiarkan begitu saja. Mobil kemudian dipakai seperti biasa keesokan harinya. Jika hal tersebut kerap dilakukan, potensi kusam cat pada bodi dapat terjadi. Tanpa disadari efeknya akan terjadi pada permukaan cat mobil kita yang dapat menyebabkan kualitas cat yang menempel berpotensi menurun.

Terutama di musim hujan seperti sekarang ini, cuaca di Tanah Air sangat tidak menentu. Dapat secara tiba-tiba turun hujan yang cukup lebat namun kemudian muncul kembali sinar matahari yang sangat terik. Untuk itu kita perlu merawat cat kendaraan kita agar penampilan mobil yang kita kendarai tetap prima dan juga menarik.

Unsur air merupakan material yang mendera bodi mobil saat hujan. Unsur ini memang merupakan material utama merawat cat bodi mobil. Tapi air juga dapat menjadi musuh dari cat jika mobil yang basah sering dibiarkan kering dengan sendirinya karena akan menyebabkan pembentukan jamur pada sekujur bodi mobil.

“Agar mobil selalu tampil kinclong dan enak dilihat, cat bodi mobil sepantasnya dilindungi dari serangan musuh-musuh yang berpotensi merusak. Sebaiknya pasca-hujan, mobil dirawat dengan membersihkan sekaligus mengeringkan bodi.” ujar Roni Agung, Kepala Bengkel Body & Paint Astra Peugeot Sunter.

Baca juga: Ini 6 Keuntungan Perawatan Mobil dengan Menggunakan Spare Parts Asli

tips mengemudi

Perlu diketahui, air hujan yang mengandung zat asam sebenarnya berpotensi merusak cat mobil kita. Tentu jika air hujan yang membasahi mobil dibiarkan terlalu lama yang bisa mengakibatkan permukaan mobil cepat berkarat dan akan terlihat lebih mudah kotor.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Segera Keringkan Mobil

Disarankan segera menghindari air hujan mengering dengan sendirinya pada bodi mobil. Jika habis berkendara saat hujan, segera keringkan saat mobil kamu sudah berhenti di garasi. Gunakan sabun pencuci mobil atau spons halus untuk menghilangkan noda akibat guyuran hujan pada bodi. Pastikan tidak ada sisa air yang bisa mengering sendiri.

2. Bersihkan Area Kaca

Perhatian ekstra pun harus tertuju pada area kaca, pasalnya tetesan air yang mengering dan bisa menjadi pemicu munculnya jamur di kaca. Jika kaca mobil sudah terkandung jamur, jangan khawatir, karena ada cara yang mudah dan murah dan bisa cepat dilakukan untuk menghilangkan jamur yang membandel ini. Untuk membersihkannya, harus menggunakan cairan khusus.

Selain itu, penting juga memastikan kebersihan di pinggir kaca agar tak terjadi korosi. Dengan begitu, bagian mobil tersebut akan lebih terjaga dan tak mudah rusak. Jika sudah berkarat bisa berakibat kebocoran dan membuat air masuk ke dalam kabin mobil.

3. Jaga Kondisi Wiper

Wiper merupakan komponen mobil yang cukup penting saat hujan datang. Tugas wiper adalah menghapus curah air di kaca mobil dan ini sangat penting, karena pandangan kamu saat mengemudi jadi leluasa. Kamu bisa mengendalikan mobil dengan aman dan benar.

Untuk itu, jaga agar wiper dan washer berfungsi sempurna dengan melakukan perawatan yang tepat. Cek secara berkala kualitas karet wiper, apakah masih bisa berfungsi maksimal. Jika karet sudah menipis dan getas di beberapa bagian, lebih baik segera diganti, karena akan mengganggu tugasnya menghapus air yang menghalangi pandangan pengemudi.

4. Bersihkan Kolong Mobil

Tak cuma bodi dan kaca, karat juga rawan menyerang apabila membiarkan kotoran bersarang di sektor kaki-kaki. Selalu cuci bersih juga bagian ini setiap kendaraan setelah kehujanan, agar tak terjadi penumpukan kerak yang dapat berakibat memperpendek usia pakai komponen di bagian kolong ini. Sebagai contoh suspensi. Kotoran dan debu dapat dengan mudah menempel di seal yang bakal memengaruhi kinerja dari peredamannya terhadap jalan. Dampak terburuknya adalah terjadinya kebocoran pada suspensi. Jadi, pastikan selalu kendaraan kamu dalam keadaan bersih. (Raju)

Baca juga: Usai Libur Tahun Baru, Cek Kondisi Komponen Mobil Ini