jakarta-selatan

Begini Posisi Mengemudi Terbaik Menurut Jaguar-Land Rover

  • 21 Mar, 2019
  • 795 Kali Dilihat

Mengemudi dengan posisi duduk yang tepat sangatlah penting. Ini tak hanya membuat pengemudi merasa nyaman, tapi juga lebih aman. Bila sampai salah, risiko mengalami kecelakaan bisa saja terjadi.



Belum lama ini pabrikan otomotif asal Inggris, Jaguar-Land Rover, mengunggah video langkah mudah mendapatkan posisi duduk terbaik saat mengemudi. Dalam akun Youtube resminya tertulis, materi itu berasal dari Chief Medical Officer Jaguar-Land Rover, Dr. Steve Iley. Kira-kira apa saja langkahnya? Berikut jabarannya.


Pertama, kosongkan seluruh saku celana. Jangan kantongi dompet, smartphone atau benda apapun. Soalnya, dapat menggangu kenyamanan, bahkan berpotensi menyebabkan cedera. Salah satu kondisi yang paling mungkin menimpa jika dipaksakan, yakni paresthesia atau sensasi mati rasa yang sering dikenal sebagai kesemutan. Ini berbahaya, lantaran pengemudi sulit mengontrol anggota tubuh, khususnya kaki yang menginjak pedal gas dan rem.


Kedua tempatkan bokong, punggung dan kepala hingga menempel sandaran. Buat diri senyaman mungkin. Langkah ini dapat mencegah cepatnya rasa lelah menyerang. Apalagi bila rute berkendara yang diambil cukup jauh jaraknya. Di samping itu, posisi ini juga meminimalisir cedera ketika terlibat insiden yang tak diinginkan, seperti badan yang terpelanting ke belakang hingga membentur jok.


Selanjutnya, tegakkan sandaran. Pastikan tulang punggung dengan panggul dalam satu garis lurus. Paha juga harus rileks. Jangan sampai merasa bagian tubuh ini seperti tertekan atau terlalu menggantung jauh dengan bawah jok.


Untuk mengatasinya, majukan atau mundurkan jok. Namun, langkah ini harus dibarengi dengan mencari posisi kaki yang tepat. Lutut menekuk sedikit dan telapak kaki dapat menekan pedal gas hingga rata sampai ke lantai. Sementara lengan membentuk siku kurang lebih sebesar 135 derajat. Caranya, letakkan tangan di atas kemudi (posisi jarum jam 9 dan 3). Kemudian manfaatkan fitur tilt atau teleskopik yang dimiliki setir, untuk menentukan posisi yang tepat.


Cobalah putar roda kemudi, jika pundak tertarik atau tidak menempel dengan sandaran, berarti ada kemungkinan setingan antara kedua komponen itu masih kurang tepat. Terakhir, setel headrest agar sesuai ketinggian kepala.


Dalam video yang diunggah Jaguar, sayangnya ada sedikit kekurangan. Terlihat peraganya memakai sepatu berhak (heels). Perlu diketahui, penggunaan alas kaki ini sebenarnya kurang tepat, bahkan cenderung membahayakan. Soalnya, pengemudi jadi kurang bisa merasakan tekanan pada pedal gas atau rem. Tak hanya itu, hak sepatu bisa tersangkut di bawah tuas atau karpet. (Hfd/Van)


Baca Juga: Perilaku Aman di Jalan, Cermin Kecerdasan Berlalu Lintas

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi