Agar Tak Salah Pilih, Siapkan Daftar Pertanyaan Ini Saat Membeli Mobil

Agar Tak Salah Pilih, Siapkan Daftar Pertanyaan Ini Saat Membeli Mobil

Membeli mobil baru adalah salah satu transaksi terbesar yang bisa mempengaruhi finansial Anda. Hal ini lantaran harganya yang tak murah, bahkan tak sedikit yang menyamai harga rumah. Jadi kesialan jika nyatanya kendaraan yang dibeli berbeda dengan kebutuhan dan ekspektasi, penyesalan yang terasa bisa hinggap hingga bertahun-tahun ke depan. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana membeli kendaraan baru, beragam pertimbangan dan perhitungan mendetail perlu dilakukan.

Pada dasarnya, hal utama yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli mobil hanyalah terkait spesifikasi dan budget yang mampu dikeluarkan. Jika Anda berencana untuk membeli mobil dengan cara kredit, biasanya distributor mobil akan memberi penawaran layanan all-in-one, yakni fasilitas pembiayaan, asuransi mobil, dan asuransi jiwa.

Auto2000 Dealer

Hal tersebut mengharuskan Anda untuk memahami betul kondisi, kualitas, dan kemampuan mobil seperti apa yang dibutuhkan serta keperluan pendukung agar lebih siap untuk menghadapi situasi tak terduga yang mungkin terjadi di masa depan. Nah, agar bisa memilih mobil dan produk asuransi mobil terbaik yang tepat dan sesuai kebutuhan, luncurkan pertanyaan ini pada pihak-pihak terkait seperti sales, diler, juga diri Anda.

1. Bagaimana Spesifikasinya?

Ada banyak jenis kendaraan roda empat yang bisa dipilih, seperti sedan, LCGC, multipurpose vehicle atau MPV, hatchback, hingga Sport Utility Vehicle, dengan beragam fitur dan kelebihannya masing-masing. Temukan mobil yang sesuai kebutuhan Anda. Setelah memilih jenis mobil, Anda perlu mencari informasi mengenai harga, spesifikasi, konsumsi bahan bakar, kapasitas mesin tenaga, serta fitur yang tersedia dalam mobil, misalnya, entertainment, keselamatan, pendukung berkendara, dan sebagainya.

Baru kemudian sesuaikan kelebihan spesifikasi dan fiturnya dengan kebutuhan serta kenyaman saat berkendara. Jangan ragu untuk melakukan test drive agar pengalaman mengendarai mobil bisa dirasakan. Anda bisa mengetahui spesifikasi lengkap mobil dalam laman OTO.com.

2. Seperti Apa Impresinya?

Mengetahui bagaimana rasa atau impresi dari mobil tentunya bisa dilakukan sendiri saat test drive. Untuk menambah informasi yang Anda miliki, bisa juga mencari referensi mengenai impresi mobil tersebut dari orang yang Anda percaya atau review media otomotif. Di OTO.com, Anda bisa menemukan ulasan lengkap dari hampir seluruh kendaraan yang dijual di Indonesia. Ulasan ini disajikan dalam bentuk tulisan, tips hingga video sehingga bisa memperluas informasi yang Anda miliki.

 

3. Bagaimana Layanan Purnajualnya?

Selayaknya kendaraan jenis lainnya, mobil memerlukan servis rutin agar performanya terjaga. Untuk itu, sebelum membeli mobil, cari tahu apakah bengkel resmi dari model mobil yang ingin Anda beli mudah untuk dicari dan bagaimana harga suku cadangnya. Mengetahui bagaimana layanan darurat atau home service dari bengkel resmi juga bisa Anda tanyakan. Hal ini penting untuk dilakukan karena berkaitan erat dengan aspek lainnya yang perlu Anda tanyakan saat berencana membeli mobil.

4. Bagaimana Resale Valuenya?

Setiap mobil yang dijual dalam kondisi bekas pasti mengalami ketimpangan harga yang cukup signifikan. Namun, tergantung dari merek dan tipe kendaraan, selisih harga mobil bekas tak selalu sama, ada yang langsung anjlok, ada pula yang tak terlalu jauh berbeda. Nah, selisih harga mobil saat dijual kembali ini perlu diketahui agar tak banyak merugi saat memang dibutuhkan untuk menjualnya.

5. Bagaimana Fasilitas Kreditnya?

Biasanya, diler mobil menyediakan fasilitas finansial pada konsumen yang membeli mobil, misalnya, leasing dan asuransi mobil. Jika kedua hal ini tak Anda temukan saat membeli mobil, mungkin Anda perlu mencari diler lain yang menyediakan. Opsi lain adalah mendatangi Bank atau fasilitas leasing di luar diler yang bisa menanggung pembelian Anda secara kredit.

6. Bagaimana Pertanggungan Asuransinya?

Asuransi Mobil

Setiap model atau jenis mobil biasanya mempunyai harga yang bervariasi. Nah, premi asuransi mobil secara garis besar dipengaruhi oleh harga beli mobil, walaupun juga tergantung dari cakupan perlindungannya. Jadi, semakin mahal harga mobil yang Anda miliki, semakin mahal pula premis asuransi yang harus Anda bayar setiap tahun.

Secara umum, asuransi mobil memiliki dua jenis, yaitu, total loss only atau TLO, dan comprehensive atau all risk. Sesuai namanya, TLO hanya mencakup perlindungan saat kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75 persen atau hilang total.

Sedangkan untuk comprehensive atau all risk, perlindungan kendaraan yang diberikan mencakup segala kerusakan ringan maupun berat. Untuk itu, tidak mengherankan jika asuransi mobil jenis all risk biasanya lebih mahal ketimbang TLO.

Meski asuransi mobil hanya memiliki dua jenis tersebut, Anda bisa mengajukan perluasan perlindungan. Salah satunya adalah biaya perawatan terhadap penumpang seperti, uninsured motorist protection dan personal injury protection. Kalau merasa perlindungan ini Anda butuhkan, maka tak ada salahnya untuk meminta perluasan pada pihak asuransi mobil.

Selain biaya perawatan pada penumpang, perluasan cakupan perlindungan asuransi mobil juga bisa berupa ganti rugi pada pihak ketiga karena kecelakaan yang ditimbulkan atau berjenis liability insurance. Asuransi tambahan ini mungkin perlu Anda pertimbangkan agar mampu melengkapi manfaatnya. Namun ingat, perluasan perlindungan asuransi mobil ini juga akan menambah beban premi yang harus dibayarkan setiap tahun.

7. Bagaimana Asuransinya Setelah Masa Kredit Selesai?

Saat kredit mobil terlunasi, masa perlindungan dari asuransi mobil biasanya akan ikut berakhir. Meski begitu, selama masih mempunyai mobil, risiko kecelakan maupun kehilangan masih mungkin untuk terjadi. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan perpanjangan masa perlindungan dari asuransi tersebut.

Umumnya, premi asuransi mobil tetap sama dengan saat kredit mobil masih berjalan. Namun, Anda memiliki opsi untuk mencoba penyedia asuransi lain yang mungkin lebih cocok atau sesuai budget. Kalau memang sudah cocok, tentu tak ada salahnya untuk tetap setiap dengan asuransi mobil yang selama ini digunakan.

Siap Kendarai Mobil Idaman dengan Tanpa Rasa Khawatir

Sebagai salah satu jenis aset yang terbilang mewah, semua orang pasti melakukan pertimbangan dari A sampai Z saat akan membeli mobil, termasuk saat memilih asuransinya. Nah, dengan menanyakan 10 pertanyaan di atas, Anda bisa menjadi lebih memahami jenis, spesifikasi, dan fitur mobil yang dibutuhkan, serta asuransi mobil yang paling cocok. Dengan begitu, Anda lebih siap untuk mengendarai mobil idaman dengan tanpa rasa khawatir karena telah mendapatkan perlindungan.

Sumber: Cermati

Baca Juga: Tips Aman Memasang Aksesoris Mobil, Pastikan Ada Garansi

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil