jakarta-selatan
Bahasa en | id

Mazda VX-1

Rp200,5 - Rp231 Juta
Model mobil ini sudah tidak ada

Video Mazda VX-1

Lihat video terbaru Mazda VX-1 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Gambar Mazda VX-1

Warna Mazda VX-1

  • Cool Black Pearl Metallic

  • Dusky Brown Metallic

  • Graphite Grey Pearl Metallic

  • Pearl White

  • Radiant Red Pearl

  • Red

  • Silky Silver Metallic

Review Mazda VX-1

Tinjauan

 Pendahuluan

Jika anda adalah satu satu penggemar otomotif di Indonesia, tentunya anda tahu seberapa besar minat pasar akan kendaraan di segmen MPV, yang selama ini telah mendominasi volume penjualan di tanah air. Tidak diragukan lagi, beberapa pabrikan mobil seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki, Datsun, dan sebagainya, memiliki penetrasi yang kuat di pasar Indonesia, namun ada beberapa merek lainnya yang tak kalah penting di segmen tertentu. Salah satunya adalah Mazda VX-1, yang merupakan sang ‘kakak’ dari Suzuki Ertiga yang populer. Sama halnya dengan Toyota dan Daihatsu, yang telah berkolaborasi dalam merilis model tertentu di pasaran, Mazda VX-2 juga kurang lebih sama dengan New Ertiga yang disematkan lencana Mazda padanya.

Mesin, Jarak Tempuh, dan Varian

Mazda VX1 tersedia dalam lima pilihan trim mewah, yang semuanya dipersenjatai dengan mesin bensin berkapasitas 1,4 liter Seri-K empat silinder, serta dipadukan dengan transmisi manual 5 kecepatan dan transmisi otomatis 4 kecepatan. Dapur pacu bensin ini menghasilkan tenaga sebesar 94 bhp @6000 rpm dengan torsi tambahan mencapai 130 Nm @4000 rpm. Segmen MPV menjadi populer di Indonesia, tentunya bukan hanya dilihat dari kapasitasnya dalam mengakomodir penumpang yang lebih banyak, namun juga kapabilitasnya dalam menghemat konsumsi bahan bakar. Maka dari itu, dapur pacu VX1 telah dibekali dengan sistem injeksi bahan bakar multipoint elektrik yang memiliki jarak tempuh lebih besar untuk per liter yang digunakannya. Meskipun versi transmisi otomatis lebih irit bahan bakar di lalu lintas yang padat, namun transmisi manual tetap menjadi favorit bagi yang ingin menempuh perjalanan panjang.

Eksterior

Meskipun eksterior VX1 bukanlah baru di pasar, tetap ada hal yang berbeda dari Ertiga. Dengan facelift terbaru, kendaraan ini hadir dengan gril depan beraksen krom yang baru, sehingga terlihat semakin sempurna ketika dipadukan dengan lampu utama sipit yang didapatkan dari desain Ertiga. Berbicara mengenai dimensi, mobil ini memiliki panjang 4265 mm dan tinggi 1658 mm. Kendaraan ini mengusung lebar 1695 mm dan jarak sumbu roda sepanjang 1480 mm guna menjamin keseimbangan dan stabilitas selama berkendara. Ground clearance setinggi 185 mm membuat VX1 mampu beradaptasi dengan baik di jalanan yang bergelombang. Modifikasi bodi lainnya, termasuk wiper windshield belakang dan lampu indikator belok ORVM yang ditawarkan pada trim yang lebih mewah.

Interior

Sebagai sebuah MPV entry-level, tentunya kita tidak bisa berharap terlalu banyak di segmen fitur. Namun, untuk menyempurnakan kekurangan ini, pabrikan telah berdedikasi dalam menghadirkan kendaraan yang memiliki interior canggih untuk para pembeli. Dasbor mengusung skema dua warna, dengan warna abu dan warna cokelat muda yang membuat kabin depan terlihat lebih lapang dan berkelas. Layar yang dikontrol oleh komputer tertata rapid dan ditawarkan sebagai fitur standar pada semua varian. Fitur lainnya mencakup keyless entry, AC, dan tombol jendela otomatis auto-down untuk pengemudi, yang juga hadir sebagai fitur standar. Trim yang lebih mewah juga dibekali dengan beberapa kontrol yang canggih, seperti stir multi-fungsi, kursi yang tingginya dapat disesuaikan, dan jok yang dilapisi bahan kulit. Sistem audio juga tergolong cukup memadai dan kompatibel dengan koneksi USB dan AUX serta didukung dengan enam buah speaker yang menghasilkan suara berkualitas tinggi dan jernih.

Keselamatan, Pengereman, dan Fasilitas Lainnya

Berbicara mengenai aspek keselamatan penumpang, Mazda Motors telah membekali VX1 dengan beberapa fitur keselamatan yang canggih, seperti kantung udara SRS, sistem pengereman ABS, Electronic Brake Force Distribution, sabuk pengaman ELR 3-Poin, side impact beam, dan kolum stir yang tingginya dapat diatur. Selain itu, kendaraan ini dirakit dari kerangka yang memiliki kekakuan tinggi, sehingga zona tabrakan dapat diposisikan dengan cerdas, yang secara efektif melindungi penumpang dengan cara mendistribusikan daya tubrukan ketika terjadi kecelakaan. Bodinya yang besar dan jarak sumbu roda yang lebar menjamin stabilitas maksimum dan meminimalisir kemungkinan terjadinya rollover (berguling)

Kesimpulan

Pada intinya, Mazda VX1 terbaru tidak diragukan lagi akan menjadi pemain tangguh di pasar Indonesia. Mobil ini dilengkapi dengan semua perangkat yang idealnya dimiliki oleh kendaraan keluarga, dan tentunya akan menarik minat para konsumen Indonesia dengan fitur dan harga yang ditawarkannya.

Berita Mazda VX-1

Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer