jakarta-selatan

Yamaha Cup Race Makassar Lebih Spesial, Ini Alasannya

  • 20 Agt, 2018
  • 1649 Kali Dilihat

Yamaha Cup Race (YCR) memasuki seri ke-5 dan digelar di Pangkep, Makassar. Ada yang spesial kali ini. Pasalnya, cuma di pulau Sulawesi ini terjadi YCR dengan balapan malam. Ya, sirkuit permanen Sobat Pancasila Karaeng Mallombasang, Pangkep jadi lahan balap malam di Makassar.



"Jadi pertimbangan balap malam Makassar itu, satu kan panas. Kalau balap siang ini Makassar kan tahu saja udaranya minta ampun. Kalau kami mau bikin dingin, balapnya di Maret kan hujan. Tidak mungkin, bahaya. Jadi selalu kami balapan masuk musim kemarau dan panasnya kaya begini, paling rendah 34 (derajat celcius). Sekarang mungkin 38 ini," ungkap Frengky J. Tunandar, General Manager Marketing & Promosi PT Suracojaya Abadi selaku penyelenggara. Alasan kedua, menurut Frengky, tipikal penonton Sulawesi sekarang lebih trennya ke sore dan malam, sekaligus dijadikan ajang kopdar dan kumpul teman-teman komunitas.


Balap malam cukup jarang ditemui di Indonesia. Sebab fasilitasnya harus memadai, terutama penerangan. "Selama ini kendalanya memang di lampu. Kami sudah nambah 15 titik. Cukup baguslah. Lampu pakai 115 titik, rata-rata 50 - 100 watt," tambah Frengky.


Ini bukan pertama kali balap malam dihelat di Sulawesi. Di Sidrap pada 2010 perdana balap malam digelar dan itu terinspirasi dari balap malam Yamaha di Bandung. Frengky menjelaskan, inspirasi balap malam memang datang dari Bandung, Sulawesi jadi yang kedua di Indonesia.



Selain itu, sirkuit di Pangkep juga pertama digunakan Yamaha Cup Race. Alasan kondisi sirkuit permanen dan memadai jadi pertimbangan utama. Selain itu, lokasinya yang tak jauh dari Makassar serta populasi motor Yamaha yang tinggi di daerah Pangkep dan sekitarnya jadi alasan berikutnya.


Sebagai informasi, sirkuit Sobat Pancasila Karaeng Mallombasang punya panjang lintasan 900 meter, lebar trek 8 meter, 8 tikungan berbeda tingkat kesulitan dan lintasan lurus sepanjang 180 meter. Yamaha Cup Race ke-5 digelar 18 Agustus 2018 dengan starter 215 orang. Ini merupakan kolaborasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan Main Dealer Suraco Jaya Abadi Motor (SJAM).


Selain ragam kelas motor bebek, YCR juga ada kelas matik Mio dan yang terbaru Aerox 155cc Community yang dilakoni oleh pembalap dari berbagai komunitas motor Yamaha. Khususnya untuk kelas Aerox, motor seragam disediakan oleh YIMM dengan spesifikasi standar Aerox R-Version dengan lampu dicopot dan knalpot diganti merek Sakura.


"Harapan besar sih kami maunya matik itu jadi tren. Tapi harus dipertimbangkan hal lainnya. Penjualan bagus sih. Kalau matik bisa dibilang untuk dipakai balap kurang pas, tapi memang mau tidak mau harus dicoba. Dulu dari Mio itu bagus sampai sekarang, ada peningkatan," tutur Frengky. Ia menjelaskan lebih lanjut dengan ajang balap ini bisa meningkatkan penjualan Aerox yang masih berada di bawah Nmax untuk pasar Sulselbar. (Tom/Van)


Baca Juga: Yamaha Gelar Balap Endurance Pertama di Indonesia

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi