Viar Luncurkan Caraka, Kendaraan Listrik Praktis untuk Milenial

Viar Luncurkan Caraka, Kendaraan Listrik Praktis untuk Milenial

Viar Motor Indonesia (Viar) terus melengkapi lini produk kendaraan listrik mereka. Terbaru, mereka meluncurkan sepeda listrik Viar Caraka. Disebutkan, model ini hadir dengan teknologi terkini untuk kaum milenial. Ditawarkan dengan harga Rp 7,9 juta, Viar Caraka hadir dalam empat pilihan warna, di antaranya Green Tosca, Snow White, Silver Mica dan Sky Blue.

"Kami persembahkan produk Viar Caraka bagi kawula muda untuk menemani beraktivitas. Desainnya modern, stylish, dan trendy dilengkapi beragam fitur modern dan multi fungsi sehingga sesuai dengan karakter dan ciri khas gaya hidup generasi milenial yang dinamis," terang Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia dalam keterangan resminya, Selasa (26/1/2021).

Sepeda listrik dengan dimensi panjang 1.560 mm, lebar 650 mm dan tinggi 1.000 mm ini dibangun dengan mengedepankan kenyamanan berkendara. Hal itu bisa dilihat dari posisi setang yang tinggi serta joknya yang dibuat lebar dan tebal.

"Posisi ergonomis yang baik dapat menghindari terjadinya cidera, berkendara menjadi lebih aman, nyaman, hemat energy, dan tentunya bisa mengurangi lelah," kata Frengky. Desainnya kami akui memang terlihat atraktif. Bagian subframe yang jadi lokasi baterai nampak ditutupi oleh material berkelir unik, di luar pakem sepeda konvensional.

Untuk diketahui, Viar Caraka mengandalkan motor listrik tipe BLDC berdaya 400 watt memakai sumber daya listrik DC yang berasal dari battery tipe Graphene berkapasitas 48V12Ah.

Viar Caraka

Dengan baterai terisi penuh, daya jelajah sepeda listrik ini bisa mencapai 55 kilometer dengan kecepatan maksimum 30 km per jam. Untuk mengisi ulang daya listrik battery Viar Caraka membutuhkan waktu 4 jam.

Bentuknya yang kompak memungkinkan pengguna bisa memilih pengsisian daya secara portable atau langsung pada kendaraan.

Fitur Viar Caraka

Sepeda listrik ini juga dilengkapi beragam fitur untuk menunjang kebutuhan pengguna.

Sebut saja, front bucket baggage yang bisa memuat banyak barang bawaan, deck floor yang lapang, serta fitur sandaran membuat pembonceng menjadi lebih aman.

Selain itu, terdapat juga USB Charging Port juga telah disediakan guna mengisi ulang battery gawai. Menariknya, Viar Caraka juga dilengkapi alarm dengan beragam fungsi.

Mulai dari answer back system hingga penguncian roda belakang secara otomatis. Pada sistem kelistrikan sudah menerapkan teknologi waterproof cable socket untuk memastikan seluruh socket aman dari kebocoran arus listrik apabila terkena percikan air.

Bicara garansi, seluruh sistem kelistrikan sudah dilengkapi garansi selama 1 (satu) tahun. Selain itu, Viar juga memberikan garansi bagian frame selama 5 (lima) tahun.

Sumber: Liputan6

Menyusul Uno dan Akasha yang Sudah Hadir Lebih Dulu

Medio 2020, Viar juga merilis Uno dan Akasha. Masing-masing dipasarkan dengan harga Rp 5,7 juta untuk varian Uno dan Rp 7 juta untuk model Akasha. Keunggulannya pada power yang besar, waterproof cable socket dan rangka anti karat.

Viar Uno dan Akasha

Dua varian sepeda listrik kompak ditujukan untuk mendukung mobilitas masyarakat Tanah Air. Bisa digunakan di lokasi perumahan, perkantoran ataupun armada pengiriman barang dan makanan. Apalagi sekarang jenis kendaraan roda dua ini tengah naik daun. Jadi pihaknya tidak mau kehilangan momentum dan ingin memperluas pasar. Hal ini juga menjadi bukti bahwa pabrikan asal Semarang, Jawa Tengah benar-benar serius mengembangkan kendaraan niremisi.

Viar Uno

“Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan berhasil memasarkan skuter listrik Viar Q1, maka kami percaya diri menghadirkan produk sepeda listrik. Tentunya memiliki kualitas lebih baik dibandingkan sepeda listrik sejenis karena mengacu pada standar kualitas sepeda motor Viar,” terang Marketing Communication Viar Motor Indonesia, Frengky Osmond dalam siaran resminya, Senin (4/8).

Secara visual, Akasha berwarna merah dan memiliki kompartemen lebih banyak. Pada bagian depan terdapat keranjang dan ada ruang penyimpanan kecil dibalik cover depan. Kedua komponen itu memudahkan penggunanya untuk menaruh barang lebih banyak. Kemudian ditambah hadirnya fitur alarm sebagai piranti keamanan tambahan. Sedang varian Uno tampil lebih kompak dan berkelir hitam. Kedua moda transportasi ramah lingkungan ini sudah dilengkapi dengan piranti lampu keselamatan berupa lampu depan dan stoplamp model LED.

Spesifikasi Viar Uno

spek Viar Uno

Rangkanya diproduksi secara modern dari material premium dengan lapisan teknologi anti karat terbaik, sehingga memiliki kekuatan dan tahan lama. Selain itu pada bagian kelistrikan, Uno dan Akasha menggunakan waterproof cable socket sehingga aman bila terkena percikan air.

Dua varian baru menggunakan motor listrik jenis BLDC berdaya 500 watt untuk tipe Akasha dan menggunakan baterai 48V20Ah. Sementara untuk tipe Uno pakai jenis yang sama namun berdaya lebih kecil, yakni 350 watt dan berkekuatan 48V12Ah. Desain penampung dayanya menggunakan model portable, memungkinkan pengisian daya secara langsung di kendaraan atau dilepas.

Viar Akasha dapat menempuh jarak sampai 70 kilometer, sementara varian Uno hingga 50 kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh. Untuk kecepatan keduanya dibatasi maksimal hanya 30 kpj. Waktu pengisian arus listrik dari kondisi kosong sekitar 4 jam. Itu bisa dipantau dari indikator pada baterai atau charger untuk pengisian model portable. Jika dilakukan secara langsung pada kendaraan, dapat dilihat pada panel spidometer.

Viar Akasha

Viar Akasha Spek

Mengenai ketersediaan produk, Frengky menjelaskan bahwa saat ini distribusi sepeda listrik Uno dan Akasha telah merata, sehingga konsumen lebih mudah mendapatkannya. “Saat ini unit sebagian besar telah ada di diler-diler resmi kami yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, selain itu Uno dan Akasha juga telah tersedia di semua aplikasi e-commerce,” jelasnya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen, Viar Motor Indonesia melengkapi garansi selama lima tahun untuk rangka, satu tahun meliputi motor dan controller. Sementara baterai dan charger dilindungi garansi dalam jangka waktu enam bulan. Viar juga menggandeng Adira Finance untuk membantu konsumen yang ingin membeli produk Uno dan Akasha secara kredit.

“Ini sebagai bukti produk Viar Motor Indonesia berkualitas, sehingga kami berani memberikan garansi paling lama dibandingkan model lain yang ada dipasaran. Selain itu, pelayanan after sales dihandle oleh mekanik yang berpengalaman dan tersedia di semua jaringan diler resmi kami,” tutup Frengky. (Van)

Baca Juga: Inilah Scrambler Listrik Berwujud Sepeda

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor