Triumph Street Triple Baru Alami Peningkatan Mesin

Triumph Street Triple Baru Alami Peningkatan Mesin
Gambar
Review Pengguna

Setelah mengaspal selama satu dekade, Triumph akhirnya memberikan penyegaran pada lini Street Triple mereka. Jawara motor street fighter kelas menengah dari brand asal Britania Raya ini, memperoleh mesin baru berkapasitas lebih besar untuk ketiga tipenya, yakni Street Triple S, R, dan RS.

Pihak manufaktur mengklaim bila Street Triple terbaru ini sebagai motor yang hebat, menyenangkan, lincah dan intuitif. Tercatat ada lebih dari 80 parts baru yang dikenakan. Mulai dari piston, barrel aluminium berlapis nikasil hingga peningkatan racikan langkah depot tenaga. Menurut Triumph, hasilnya adalah peningkatan signifikan di sektor performa, khususnya pada putaran rendah dan tengahnya.

Triumph Street Triple Baru

Ketiga tipe ini berbagi mesin baru yang sama, mesin 3-silinder berkapasitas 765 cc atau meningkat dari 675 cc dan dikembangkan dari basis mesin 'Daytona'. Walaupun kapasitas pabrik dayanya meningkat, bobot total roda dua ini masih bisa dihemat hingga 2 kg dibanding suksesornya.

Nah, uniknya masing-masing varian menawarkan output mesin yang berbeda walaupun jantung mekanisnya sama. Sebabnya, pemakaian setting mesin dan ECU yang unik untuk masing-masing tipe. Bahkan suspensi, kelistrikan dan ban yang digunakan berbeda untuk masing-masing tipe.

Semua tipe menawarkan fitur mode berkendara dan raungan yang lebih berbobot melalui knalpot free flowing yang 'lembut'. Triumph bahkan memastikan akselerasinya lebih instan serta perpindahan gear yang disajikan lebih halus. Kedua sensasi ini terjadi berkat revisi geometri gearbox dan rasio gear 1 dan 2 yang lebih pendek.

Mesin Triumph Street Triple Baru

Street Triple S merupakan tipe terbawah atau dasar dan didesain untuk dikendarai sehari-hari. Pada new Street Triple S, mesinnya kini menghasilkan daya 113 PS pada 11.250 rpm dan torsi 73 Nm di 9.100 rpm. Sedang peningkatan fiturnya tersedia rem ABS opsional, ban Pirelli Diablo Rosso Corsa, suspensi Showa dan lengan ayun all-new gullwing.

Sedang Street Tripe R hadir dengan spesifikasi di atas tipe S. Performa mesinnya menyemburkan daya 118 PS pada 12.000 rpm dan torsi puncak 77 Nm di 9.400 rpm. Sebagai pelengkapnya, hadir suspensi Showa yang bisa disesuaikan untuk sisi depan dan belakang, rem depan radikal 4-piston berkaliper Brembo, panel instrument berlayar TFT penuh, slip assist clutch, tambahan mode berkendara dan ABS. Untuk pilihan warnanya Street Triple R hadir dalam balutan hitam, silver serta putih.

Lantas kasta tertingginya, yakni Street Triple RS memiliki performa paling 'buas'. Output mesinnya mencapai 123 PS pada 11.700 rpm dan torsi maksimum 77 Nm di 10.800 rpm. Tipe ini juga mengenakan rem depan yang canggih, yakni Brembo M50 4-piston caliper monoblok, suspensi depan Showa 41 mm upside down dan monoshock Ohlins STX40 di belakang.

Di samping itu, RS juga didukung sejumlah perlengkapan termasuk quickshifter, track riding mode, lap timer, ban Pirelli Diablo Supercorsa SP dan display layar tiga bagian.

Perihal banderol harganya, keluarga baru Street Triple ini masih berupa tanda tanya. Sementara dealer-dealer Triumph di Eropa, menantikan kehadiran Street Triple baru. Bagaimana Triumph Indonesia?

Sumber : Morebikes.co.uk

Baca Juga : Februari, Suzuki Luncurkan GSX-R150 dan S150

Jelajahi Triumph Street Triple

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store