Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Yamaha R15 Baru, 1 Juta Triumph dan 120 Tahun Royal Enfield

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Yamaha R15 Baru, 1 Juta Triumph dan 120 Tahun Royal Enfield

Kehadiran Yamaha R15 baru jadi berita hangat di OTO.com sepanjang pekan ini. Motor sport full fairing entry level itu tampil makin agresif dan mendapat banyak pembaruan fitur canggih. Ada dua varian yang ditawarkan, R15 V4 dan R15M sebagai versi tertinggi dengan kelengkapan lebih komplet. Produk anyar ini sudah mulai tersedia di dealer resmi.

Pabrikan Inggris, Triumph Motorcycles, merayakan hari besar. Triumph mencapai tonggak bersejarah di era modernnya. Pabrikan Hinckley kini tengah merayakan produksi satu juta unit sepeda motor sejak kebangkitannya pada 1990. Menandai kemeriahan itu, pihaknya merilis Tiger 900 Rally Pro edisi khusus. Unit eksklusif ini diluncurkan di depan Triumph Global HQ di Hinckley oleh CEO Nick Bloor.

Hari besar juga tengah dirayakan Royal Enfield. Pabrikan berdarah Inggris dan besar di India itu juga tergolong perusahaan roda dua tertua di dunia. Dan belum lama ini, pihaknya merayakan ulang tahun yang ke-120. Royal Enfield pertama kali mengaspal pada November 1901 di Stanley Cycle Show, London, Inggris. Untuk mengenang sejarah itu, pihaknya merilis versi eksklusif Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition. Motor edisi spesial itu dikenalkan di pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia. Keduanya tersedia dalam jumlah sangat terbatas, hanya 480 unit.

Yamaha R15M

Yamaha YZF-R15 Terbaru

Yamaha Indonesia merilis YZF-R15 generasi terbaru secara virtual pada Rabu (1/12). Motor sport full fairing entry level itu tampil makin agresif dan mendapat banyak pembaruan fitur canggih. Ada dua varian yang ditawarkan, R15 V4 dan R15M sebagai versi tertinggi dengan kelengkapan lebih komplet. Produk anyar ini sudah mulai tersedia di dealer resmi.

Visual generasi keempat R15 merupakan perwujudan dari racing DNA dalam bentuk “The True Supersport 155cc Engine”. Dikembangkan dengan konsep Jin-Ki Kanno, dimaknai dengan kegembiaraan luar biasa yang dapat dirasakan oleh pengendara ketika menjadi satu dengan sepeda motornya.

Motor ini merupakan perwujudan dari generasi terbaru R Series, seperti Yamaha YZF-R7, YZF-R1 dan YZR-R1M. Menciptakan tampilan supersport sejati yang aerodinamis dengan big bike look.

Ada perbedaan antara model V4 dengan M yang lebih lengkap. Versi M ini punya fitur dan komponen seperti moge. Meski lebih mahal dibandingkan rival dikelasnya. Ia punya poin plus.

Yamaha YZF-R15 terbaru hadir dalam 2 varian berbeda. Pertama V4 sebagai versi reguler dijual Rp 38,9 juta dan R15 M sebagai trim paling tinggi dilego mulai Rp 43,5 juta OTR DKI Jakarta. Model standar tersedia pilihan warna Tech Black dan Icon Blue. Sedang R15 M ada Icon Performance dan The Racing Blood Yamaha. Buat All New R15M Connected-ABS edisi terbatas World Grand Prix 60th Anniversary livery dibanderol Rp 44,1 OTR Jakarta. Diferensiasi umum lainnya ada di fitur, dan juga komponen yang terpasang. Baca selengkapnya di sini.

Triumph 1 million

Triumph Satu Juta Unit Produksi

Triumph Motorcycles telah mencapai tonggak bersejarah di era modernnya. Pabrikan Hinckley kini tengah merayakan produksi satu juta unit sepeda motor sejak kebangkitannya pada 1990. Menandai kemeriahan itu, pihaknya merilis Tiger 900 Rally Pro edisi khusus. Unit eksklusif ini diluncurkan di depan Triumph Global HQ di Hinckley oleh CEO Nick Bloor.

Sejak dipasarkan pada 2019, Tiger 900 Rally Pro sukses di pasaran. Buat edisi khusus ini, Tiger 900 Rally Pro muncul dengan cat perak khusus dan grafis ‘Juta’. Model ini siap menarik perhatian di pameran dagang "Motorcycle Live" tahun ini di Birmingham. Setelah itu, unit 'One Millionth' dipamerkan di Triumph Factory Visitor Experience, menempati tempat khusus untuk peringatan 120 tahun.

CEO Triumph, Nick Bloor mengatakan gembira dengan pencapaian dan prestasi Triumph. “Tahun lalu merupakan tantangan bagi kita semua, semangat dan komitmen ini telah mendorong Triumph ke tingkat yang lebih tinggi, termasuk keberhasilan masuk ke kategori baru dengan Trident 660 dan Tiger Sport 660,” kata Bloor.

Sejarah panjang dicatatkan Triumph. Sepeda motor Triumph produksi pertama mulai dijual ke publik pada April 1902. Era modern Triumph dimulai pada 1990 dengan rangkaian sepeda motor yang benar-benar orisinal. Dirancang dan dibangun di pabrik baru yang canggih di Hinckley. Dalam tiga dekade sejak itu, Triumph telah membangun dan menjual lebih banyak sepeda motor dari pada sebelumnya. Dalam sejarahnya, mereka telah memiliki lebih dari 700 dealer di 57 negara.

Mereka menghasilkan banyak produk yang sukses di dunia, termasuk Triumph Trident yang juga sudah resmi masuk Indonesia. Untuk berita lengkapnya baca di sini.

Royal Enfield Twin 120 Anniversary Edition

12 Tahun Royal Enfield

Tak banyak pabrikan sepeda motor yang masih beroperasi setelah lebih dari 100 tahun. Salah satunya Royal Enfield. Merek ikonik ini juga tergolong perusahaan roda dua tertua di dunia. Dan belum lama ini, pihaknya merayakan ulang tahun yang ke-120.

Royal Enfield pertama kali mengaspal pada November 1901 di Stanley Cycle Show, London, Inggris. Untuk mengenang sejarah itu, pihaknya merilis versi eksklusif Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition. Motor edisi spesial itu dikenalkan di pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia. Keduanya tersedia dalam jumlah sangat terbatas, hanya 480 unit.

Kedua unit edisi terbatas menampilkan skema serbahitam. Mesin, suspensi dan elemen lainnya dilebur warna gelap. Paling mencolok tentu saja di bagian tangki yang dilapisi krom hitam. Dikembangkan langsung dengan menggunakan teknologi krom Enfield yang berada di Chennai, India. Model ini juga disempurnakan dengan garis-garis klasik berkelir emas. Motifnya dilukis langsung dengan tangan.

Panampung bahan bakar itu dihiasi pula dengan lencana bernomor khusus berbahan kuningan die-cast. Istimewanya logo 3D itu dikerjakan oleh keluarga Sirpi Senthil, pengrajin multigenerasi dari Kumbakonam, Tamil Nadu, India. Keluarga tersebut adalah seniman atau pemahat yang sudah berumur ratusan tahun. Banyak generasinya sudah bekerja membuat kuningan untuk kuil di India dan sekarang diajak berkolaborasi dengan Royal Enfield. Meski begitu, secara mekanis tidak berubah dari model dasarnya.

Seperti ada detail lengkapnya? Baca di sini. (Raju)

 

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor