Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Yamaha MT-15 Baru dan Busi NGK MotoDX

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Yamaha MT-15 Baru dan Busi NGK MotoDX

Minggu ini Yamaha Indonesia merilis dua warna anyar buat MT-15. Sentuhan baru di segmen naked sport ini merupakan jawaban dari permintaan konsumen. Tampil lebih fresh dengan kelir Metallic Dark Grey dan Metallic Blue. Masing-masing dipasarkan seharga Rp 37,1 juta on the road Jakarta. Skema warna yang ada pada tubuh MT-15 sekarang serupa dengan MT-25.

Dari aftermarket, NGK Busi Indonesia memperkenalkan busi premium terbaru mereka untuk sepeda motor yang diberi nama MotoDX. Spark plug untuk meningkatkan durabilitas serta optimalisasi performa mesin motor. Material digunakan diklaim cukup spesial dan sangat keras. Sehingga memiliki titik lebur tinggi. Satu buah dijual mulai Rp 200 ribu – Rp 300 ribu, alias di atas busi iridium merek serupa.

Satu lagi pabrikan menawarkan motor listrik bagi pasar Tanah Air. PT Artas Rakata Indonesia, dengan merek Rakata Motorcycle. Menawarkan skuter dengan tenaga listrik murni dan banderol yang cukup bersahabat. Dua produk langsung yang bisa dipilih oleh konsumen; Rakata S9 dan Rakata X5. Yang termurah bisa diboyong dengan menebus mahar Rp 15 jutaan.

MT-15 Metallic Dark Grey

Warna Baru Yamaha MT-15

Yamaha Indonesia rilis dua warna anyar buat MT-15. Sentuhan baru di segmen naked sport ini merupakan jawaban dari permintaan konsumen. Tampil lebih fresh dengan kelir Metallic Dark Grey dan Metallic Blue. Masing-masing dipasarkan seharga Rp 37,1 juta on the road Jakarta.

Skema warna yang ada pada tubuh MT-15 sekarang serupa dengan MT-25. Grafis yang menempel di bodi juga makin memperkuat gaya agresifnya. Untuk Metallic Dark Grey menggantikan kelir putih yang sebelumnya eksis. Padanan ini menggabungkan abu-abu gelap, serta striping oranye dan biru muda bertumpuk pada tangki.

Sebagai aksen kontras, corak pada sisi buntut hadir dengan desain baru. Sisanya diwarnai hitam. Dari mulai blok mesin, rangka, panel samping, jok, serta knalpot. Upside down bertabung besar itu pula dibungkus cover emas dengan tumpuan silver. Nah, yang tetap jadi ciri khas, pelek palang styish masih dilabur oranye menyala. Warna kontras ini cukup merepresentasikan gaya sporty.

Tema kedua adalah Metallic Blue. Posisinya menggantikan yang serba hitam di versi lalu. Bagi orang yang suka komposisi satu warna mungkin agak kecewa. Tapi bisa jadi riset pasar mereka lebih banyak menginginkan sesuatu yang cerah. Ia merupakan biru khas Yamaha. Agak tua namun mentereng. Cat itu diaplikasikan di sebagian besar permukaan tangki. Polos. Tanpa grafis sama sekali. Baru di sayap kecil depan tangki ada striping baru dengan desain minimalis. Dasarnya pun abu, untuk memberikan kontras. Pelek pun pakai skema yang sama, biru. Identitas kuat pabrikan Yamaha ini dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemakainya ketika menggebernya di jalanan.

Untuk spesifikasinya tidak ada perubahan. Yamaha MT-15 dibekali jantung pacu berkubikasi 155 cc 4-katup. Ia mampu menyemburkan tenaga sebesar 19 PS pada 10.000 rpm dan menghasilkan torsi sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Daya lalu disalurkan melalui transmisi enam percepatan. Lebih mantap dengan Variable Valve Actuation (VVA), yang menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin.

Motor ini telah dilengkapi dengan liquid cooled (berpendingin cairan) yang mampu menjaga suhu motor tetap stabil. Kelebihan lain yang ditanamkan pada mesin MT-15 adalah fitur assist. Konon ini yang membuat kopling menjadi ringan.

Pabrikan juga membenamkan slipper clutch, yang memperhalus proses perpindahan gigi. Jadi pengendara bisa berakselerasi lebih tangkas. Terakhir, isnisyur Yamaha turut mengaplikasikan teknologi DiAsil cylinder & forged piston. Menurut Yamaha, formulasi inilah yang membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat dan ringan. Baca selengkapnya di sini.

Busi NGK MotoDX

Busi NGK Premium MotoDX

PT NGK Busi Indonesia merilis varian terbaru dari serangkai produk businya dalam siaran virtual Rabu (28/4/2021). Adalah MotoDX, spark plug untuk meningkatkan durabilitas serta optimalisasi performa mesin motor. Material digunakan diklaim cukup spesial dan sangat keras. Sehingga memiliki titik lebur tinggi. Satu buah dijual mulai Rp 200 ribu – Rp 300 ribu, alias di atas busi iridium merek serupa.

Ardhieta Wicaksana selaku Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia mengatakan busi ini diluncurkan untuk menjawab kebutuhan pengguna sepeda motor yang menginginkan performa lebih optimal. Bisa digunakan motor-motor keluaran Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki. "Dengan berbagai macam desain dan riset di dunia balap, kita bawa inovasi di sana untuk menciptakan busi di pengguna harian roda dua. Jadi busi ini menggunakan racing technology untuk daily use," kata Wicaksana.

Busi ini menggunakan material spesial yang menggabungkan iridium serta ruthenium pada central elektrodanya. Kombinasi dua bahan precious metal, atau nama lain dari logam mulia, dikatakan memberi efek ketahanan lebih pada elektroda pusat. Terutama dari siksaan di area ruang bakar. Teknologi Thermo Edge Insulator, juga sekaligus mencegah kebocoran percikan api serta kelistrikan. Supaya memberikan daya ledak lebih maksimal. Sekaligus, mampu membersihkan penumpukan karbon karena desain ruang Thermo Edge melebar.

“Desain elektroda ground NGK MotoDX juga kami buat secara khusus yang kami sebut dengan D-Shape. Komposisi ini bertujuan agar meminimalisir hambatan di ruang bakar, sehingga pencampuran bahan bakar dan udara dapat dengan mulus menuju ke titik bakar. Penggunaan desain tersebut juga bertujuan agar ledakan yang dihasilkan jauh lebih lancar. Oleh karena itu, penggunaan NGK MotoDX menjanjikan peningkatan akselerasi yang lebih instan. Bagi yang ingin merasakan sensasi akselerasi instant, busi premium NGK MotoDX ini sudah mulai tersedia di Indonesia untuk motor dengan cc kecil hingga motor besar,” tambahnya.

Mereka pun telah melakukan pengujian saat MotoDX dengan nickel alloy dibandingkan secara langsung. Menggunakan sampel motor 250 cc DOHC dengan bahan bakar sama. Hasilnya, grafik menunjukkan akselerasi lebih cepat 0,2 detik. Lantaran bukaan api bekerja lebih singkat. Di samping itu, diklaim efisiensi bahan bakar berbanding jarak tempuh juga terdongkrak sebesar 2,3 persen ketimbang model nickel. Baca lengkapnya di sini.

Rakata Motorcycle

Skuter Listrik Rakata Motorcycle

Satu lagi merek motor listrik yang bisa jadi pilihan. PT Artas Rakata Indonesia, dengan merek Rakata Motorcycle. Menawarkan skuter dengan tenaga listrik murni dan banderol yang cukup bersahabat. Dua produk langsung yang bisa dipilih oleh konsumen. Yang termurah bisa diboyong dengan menebus mahar Rp 15 jutaan.

Produk pertama dari Rakata Motorcycle disebut Rakata S9. Menurut Daniel Pramana, Marketing Manager PT Artas Rakata Indonesia, salah satu keunggulan Rakata S9 adalah harganya yang murah. "Keunggulan utama Rakata S9 ada pada harganya yang sangat kompetitif," ungkapnya dalam siaran rilis resmi. Harga skuter listrik Rakata S9 Rp 15,6 juta on the road Jadetabek. Harga yang sangat bersaing di segmennya.

Rakata S9 punya wujud yang familier dan dimensinya sangat ringkas. Ia punya ukuran 1.750 x 720 x 1.050 mm (PxLxT) dengan jarak antar poros roda 1.270 mm. Daya disajikan dari jantung elektrik baterai Sealed Lead Acid (SLA) 60 Volt 20 Ah dan penggerak motor 800 watt. Hasilnya, Rakata S9 bisa berlari dengan kecepatan hingga 50 kpj. Sedang kemampuan jelajahnya diklaim sampai 55 - 60 km. Fitur pendukung lain dari Rakata S9 termasuk ban tubeless 10 inci, rem cakram di tiap roda, lampu LED dan panel meter layar LCD.

Skuter listrik lainnya punya nama Rakata X5. Ia punya spesifikasi lebih tinggi ketimbang S9, khususnya sektor baterainya. Makanya banderolnya juga lebih tinggi, namun diklaim masih terjangkau. "Rakata X5 dapat dibeli di harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 20,5 juta on the road Jadetabek," tutur Direktur PT Artas Rakata Indonesia, Michael Mahendra.

Jantung elektrik Rakata X5 merupakan baterai lithiun-ion dengan rating kapasitas 60 volt 20 Ah dan motor berdaya 1.750 watt lansiran Bosch. Bekal itu memungkinkan X5 melaju dengan kecepatan 55 kpj sampai 60 kpj. Saat terisi penuh, X5 bisa dipakai menempuh jarak hingga 60 km. Menariknya, tersedia baterai ekstra opsional dalam paket penjualan. Bagi konsumen yang ingin menempuh jarak lebih jauh. Baterai bisa diganti atau dipasang langsung keduanya. Praktis!

Punya desain yang lebih sporty ketimbang S9 namun dimensinya masih tergolong ringkas. Dengan panjang 1.720 mm, lebar 650 mm dan tinggi 1.100 mm. Jarak sumbu rodanya 1.270 mm. Rakata X5 juga memakai ban tubeless membungkus pelek 10 inci. Pada tiap roda terpasang rem cakram. Sektor lampu sudah memakai teknologi diode. Sedang panel meter juga sepenuhnya LCD digital yang tentunya tahan air.

Menurut Rakata Motorcycle, pengisian ulang daya unitnya sangat mudah dilakukan. Seperti kebanyakan motor listrik lain yang sudah ada dan diklaim semudah melakukan pengisian daya smartphone. Keunggulan lain dari memiliki motor listrik Rakata, seperti klaim lainnya, biaya kepemilikan yang sangat rendah. Lantaran motor listrik minim perawatan maupun servis berkala. Amsal, tak butuh ganti oli maupun servis rutin bagian lain.

Namun bila dibutuhkan servis, Rakata Motorcycle sudah menyiapkan layanan purna jual on-call on-site. Artinya, layanan bisa dinikmati konsumen dengan mengontak dan akan diadakan kunjungan servis. Bagi konsumen yang memesan, bakal mendapat layanan bebas ongkos kirim untuk area Jabodetabek. Garansi 1 tahun juga termasuk untuk bagian baterai, dinamo, ECU dan charger. Informasi lengkap terkait produk dan layanan tersaji di situs perusahaan www.rakatamotor.co.id. Baca lengkapnya di sini(Raju)

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor