Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Motor Listrik Roda Tiga Piaggio, Yamaha R15M dan Airbag Motor

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Motor Listrik Roda Tiga Piaggio, Yamaha R15M dan Airbag Motor

Di penghujung tahun, Piaggio Commercial Indonesia (PCI) menggandeng pihak distributor resmi baru PT Bagaskoro Mega Langgeng (BLM) resmi merilis kendaraan roda tiga berteknologi listrik. Mereka meluncurkan 2 tipe Piaggio Ape Electric, yakni E-City untuk membawa penumpang dan E-Xtra (Cargo & Box) untuk kebutuhan niaga. Diferensiasi keduanya ada di dimensi, desain, kapasitas baterai, dan layout tempat duduk.

President PT BLM, Kristianto Goenadi mengatakan, peluncuran 2 tipe kendaraan bebas polusi ini sebagai bukti jika mereka ikut menyukseskan program pemerintah soal electric vehicle dan menawarkan produk terbaik untuk konsumen.

Di level global, Piaggio Group menggandeng perusahaan teknologi keselamatan, Autoliv untuk mengembangkan fitur keselamatan Airbag khusus skuter dan sepeda motor. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keselamatan berkendara, di mana belum banyak produsen roda dua yang melakukannya. Fitur Airbag nantinya akan dipasangkan dekat pada komponen rangka dan akan mengembang dalam hitungan milidetik saja ketika mendeteksi adanya benturan keras.

Sementara itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada awal Desember lalu resmi merilis R15M Connected ABS dalam balutan grafis spesial yakni World Grand Prix 60th Anniversary. Khusus livery ini ternyata dijual terbatas dan berpotensi jadi barang incaran di kemudian hari. Seperti apa kelebihannya?

Piaggio Ape E-Xtra

Motor Listrik Piaggio

Piaggio Commercial Indonesia (PCI) menggandeng pihak distributor resmi baru PT Bagaskoro Mega Langgeng (BLM) resmi merilis kendaraan roda tiga berteknologi listrik di showroom anyar flagship Piaggio Commercial, Carsworld Building Lt.1 Sunburst, BSD, Tangerang Selatan, pada Selasa (14/12).

Mereka meluncurkan 2 tipe Piaggio Ape Electric, yakni E-City untuk membawa penumpang dan E-Xtra (Cargo & Box) untuk kebutuhan niaga. Diferensiasi keduanya ada di dimensi, desain, kapasitas baterai, dan layout tempat duduk.

President PT BLM, Kristianto Goenadi mengatakan, peluncuran 2 tipe kendaraan bebas polusi ini sebagai bukti jika mereka ikut menyukseskan program pemerintah soal electric vehicle dan menawarkan produk terbaik untuk konsumen. "Kami dari Piaggio Commercial Indonesia (PCI) - BML melakukan peluncuran Piaggio Ape Electric dengan 2 tipe sekaligus yang belum lama ini dilaunching di dunia oleh Piaggio Group-Piaggio Vehicle Pvt," kata Kristianto saat peluncuran, Selasa (14/12).

Untuk versi penumpangnya, Piaggio Ape E-City punya desain yang akrab dengan kendaraan tempo lalu di Ibu Kota. Yap desainnya masih khas bajaj namun tampil lebih modern dan fungsional. Konfigurasi tempat duduk di dalamnya bisa diisi 4 orang, 1 sebagai pengemudi dan 3 lainnya menjadi penumpang di bangku belakang.

Produk kedua yakni Piaggio Ape E-Xtra memiliki fungsi sebagai kendaraan angkut barang. Lantas karena beban kerja yang lebih berat spesifikasinya dibuat lebih tinggi ketimbang E-City.

Bicara harga, untuk menebus Piaggio Ape E-Xtra ini Anda harus merogoh kocek Rp131 juta untuk tipe box dan Rp 125 juta untuk pilihan Pick Up. Untuk mengendarai kendaraan ini cukup membawa Surat Izin Mengemudi (SIM C).

Oh ya, kedua produk ini sudah dirakit secara lokal. Tepatnya di Gresik, Jawa Timur. Nah, seperti apa spesifikasi lengkapnya? Baca di sini.

Piaggio airbag

Airbag Khusus Skuter dan Sepeda Motor

Piaggio Group menggandeng perusahaan teknologi keselamatan, Autoliv untuk mengembangkan fitur keselamatan Airbag khusus skuter dan sepeda motor. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keselamatan berkendara, di mana belum banyak produsen roda dua yang melakukannya. Fitur Airbag nantinya akan dipasangkan dekat pada komponen rangka dan akan mengembang dalam hitungan milidetik saja ketika mendeteksi adanya benturan keras.

Autoliv sudah mengembangkan konsep awal dengan alat simulasi yang canggih dan melakukan uji tabrakan dalam skala penuh. Dalam kerja dengan Piaggio Group fokusnya adalah untuk mengembangkan line-up kendaraan secara lebih lanjut dan potensi untuk mengkomersialkan konsep tersebut.

Belum dijelaskan secara detail bagaimana cara kerja fitur keselamatan Airbag pada produk Piaggio nanti. Namun mengutip Airbagforbike, komponen penyelamat nyawa ini aktif berdasarkan perintah dari sensor. Dia akan bekerja ketika mendeteksi benturan atau saat motor kehilangan keseimbangan.

Airbag di sepeda motor umumnya bukan cuma melindungi bagian depan rider saja namun hampir seluruh bagian tubuh pengendaranya. Ilustrasinya si pemotor akan terbungkus seperti sedang menggunakan sleeping bag atau terlihat seperti kepompong. Baca selengkapnya di sini.

Yamaha R15M WGP

Yamaha R15M Livery World Grand Prix 60th

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada awal Desember lalu resmi merilis R15M Connected ABS dalam balutan grafis spesial yakni World Grand Prix 60th Anniversary. Khusus livery ini ternyata dijual terbatas dan berpotensi jadi barang incaran di kemudian hari.

Sebagai informasi, jika nantinya YIMM sudah menghentikan produksi R15M Connected ABS World Grand Prix 60th maka secara tak langsung varian tertinggi hanya tersedia untuk opsi livery Icon Performance saja. Warna ini adalah kombinasi biru, hitam, dan silver yang identik dengan kelir dari superbike Yamaha R1M.

Lantas apa istimewanya livery ini? Sejatinya, ini adalah sebuah bentuk selebrasi dari garpu tala mengukur 60 tahun berkiprah di balapan Grand Prix dunia pada 2021 ini.

Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary Livery memiliki konsep “Racing Blood of Yamaha” yang menebarkan racing passion kepada konsumen. Livery itu terinspirasi dari desain warna merah putih pada YZR500 (0W48) yang digunakan sang juara Kenny Roberts di Grand Prix 1980 kelas 500cc. Terhitung sejak kemenangan pertama Yamaha di Grand Prix dunia tahun 1963, hingga musim 2020, total 511 kemenangan telah dikoleksi.

Selain R15M, Yamaha MX-King dan Yamaha Aerox di pasar domestik juga kedapatan livery tersebut. Harganya tentu diset lebih mahal ketimbang warna reguler. Khusus R15M, dia dijual dengan harga Rp 44,1 juta atau selisih Rp 600 ribu dengan R15M Icon Performance. Seperti fitur, mesin, sampai kaki-kakinya? Baca selengkapnya di sini(Raju)

 

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor