Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Aturan Baru SIM C, Promo Vespa, dan Dua Motor Baru Kymco

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Aturan Baru SIM C, Promo Vespa, dan Dua Motor Baru Kymco

Sepanjang pekan ini, ada beberapa berita yang menarik bagi pembaca OTO.com. Yang teratas adalah soal aturan baru surat izin mengemudi (SIM) bagi pemotor. Korlantas Polri telah menerbitkan aturan baru mengenai SIM C yang kini telah dibagi menjadi tiga yakni SIM C, SIM CI dan SIM CII. Terbitnya aturan ini mengubah sejumlah persyaratan dalam pembuatan SIM C, salah satunya soal batas usia.

Sepanjang bulan ini, Piaggio Indonesia meluncurkan program “Live More, Be Young”. Program ini dirancang agar semangat jiwa muda yang aktif dan positif dapat disebarkan dengan lebih luas serta ditampilkan dalam setiap kegiatan keseharian yang lebih seru bersama Vespa LX dan Vespa S. Apa saja penawarannya?

Sementara dari Beijing International Motorcycle Exhibition di Cina, Kymco tampil maksimal. Mereka mengenalkan RKS 150, spesies semacam Yamaha NMax dan Honda PCX. Mereka juga memamerkan KRV 180, salah satu skuter sporty yang mengarah ke styling bergaya Aerox. Ini ringkasannya.

SIM C

Sim C Dibagi Tiga Golongan, Sesuai CC Mesin

Mengacu pada Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, SIM C kini dibagi tiga golongan, yakni SIM C, SIM CI, dan SIM CII. Dalam Perpol yang sudah diundangkan sejak 19 Februari 2021, Polri mengelompokkan ketiganya berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor yang digunakan.

SIM merupakan bukti legitimasi kompetensi pengemudi sesuai jenis dan golongan SIM yang dimilikinya setelah memenuhi persyaratan, serta dinyatakan lulus melalui proses pengujian. Dalam Pasal 3 ayat 2, SIM C bakal dibagi menjadi tiga kategori.

SIM C: berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic). Kemudian SIM CI: berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Terakhir ada SIM CII: berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Selain itu, dikutip dari Perpol Nomor 5 Tahun 2021 Pasal 8 disebutkan bahwa untuk memenuhi penerbitan SIM C, SIM CI, dan SIM CII, pemohon harus memenuhi ketentuan usia paling rendah. Untuk SIM C minimal berusia 17 tahun, SIM CI minimal berusia 18 tahun, dan SIM CII minimal berusia 19 tahun. Seperti apa aturan lengkapnya? Baca di sini.

Vespa S

Promo Vespa LX dan S

Piaggio Indonesia mendorong penjualan LX dan S lewat promo menarik bulan ini. Keduanya memiliki desain modern khas anak muda, sehingga cocok bagi mereka yang ingin miliki gaya berkendara unik dan berjiwa muda. Vespa LX 125 i-get ABS dikenal dengan desain klasik dinamis yang dapat meningkatkan kepercayaan diri di jalan, dengan kapasitas mesin yang sangat cocok untuk pengendara menempuh perjalanan sehari-hari di tengah dinamika jalanan ibu kota, serta keamanan dengan teknologi terbaik dari Vespa.

Dibanderol Rp 38,7 juta, LX ditenagai oleh mesin 124.5 cc 1 Cylinder engine yang menghasilkan Tenaga 10.19 hp pada 7600 rpm and Torsi 10.2 Nm pada 6000 rpm. LX memilik ketinggian kursi 785 mm. Ukuran ban depan adalah 110/70 R11 sedangkan belakang 120/70 R10.

Lain lagi dengan Vespa S 125 i-get ABS. Unit ini dijual Rp 40,2 juta. Vespa S adalah bentuk yang lebih sporty dari LX atau LX-V. Motor ini cukup sederhana, menyenangkan untuk dikendarai, lincah. S 125 i-Get dibekali desain yang lebih sporty dengan desain lampu depan kotak. Tenaga yang dihasilkan mesin adalah 9,36 hp di putaran 7.750 rpm, torsinya 9,5 Nm. Cukup bertenaga untuk sebuah skuter yang akan banyak digunakan di perkotaan.

Program “Live More, Be Young” ini memberikan penawaran eksklusif yang khusus diberikan kepada setiap pembelian unit baru Vespa LX dan Vespa S, yang berupa Shopping voucher senilai Rp 3.000.000. Menarik kan?

Selain itu, setiap pembelian unit Vespa LX dan Vespa S yang disertai dengan pembelian aksesoris asli dan merchandise senilai Rp 1.500.000, customer langsung mendapatkan tambahan accesories voucher eksklusif senilai Rp 1.250.000. Program menarik Live More, Be Young berlaku untuk pembelian Vespa LX dan Vespa S selama periode tanggal 1 – 30 Juni 2021. Lengkapnya baca di sini.

Kymco KRV 180

Kymco RKS 150 dan KRV 180

Jika selama ini kita kenal Kymco dengan model-model bersosok bongsor dengan mesin seperempat liter ke atas, kali ini sedikit berbeda. Kymco justru mencoba merambah segmen skuter premium entry level. Sebuah spesies baru berjantung 150 cc dengan tampilan a la Maxi diperkenalkan, mengusung nama RKS 150. Ia muncul dalam pagelaran otomotif tahunan di Cina, dengan presentasi tubuh serba menarik.

Di Indonesia kita kenal dengan Xciting 400i, K-XCT 200i, Downtown 250i, X-Twon 250i. Bermain di segmen 150 cc Jenama Taiwan itu memang memiliki Racing King 150i atau New Like 150i, tapi tidak ada yang senada Yamaha NMax atau Honda PCX. Kelahiran RKS cukup menjadi terobosan. Apalagi dengan eksekusi matang. Berikut bekalan dapur pacu memperoleh output bersaing di kelasnya.

Format sumber tenaga kurang lebih mirip dengan milik Yamaha NMax atau Honda PCX. Memangku dapur pacu silinder tunggal dengan kubikasi 149 cc berpendingin cairan. Jumlah katupnya juga tak ketinggalan mengikuti tren enjin baru, yakni sudah 4-valve. Alhasil resultan tenaga juga tak jauh-jauh amat. Mencatat tenaga maksimal 14,7 Hp di 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,2 Nm pada 6.500 rpm.

Selain itu, mereka turut memamerkan KRV 180, salah satu skuter sporty yang mengarah ke styling bergaya Aerox. Dari segi penampilan, mereka cukup tegas memahat motor dalam interpretasi sporty tulen. Bisa dilihat dari wajah intimidatif a la naked sport. Area pipi dibuat runcing sekaligus berisi. Dan tentunya, gurat seperti ini dikombinasikan dengan lampu sipit terpisah dua. Sebuah rancangan yang memang paling proporsional.

Di dapur pacu, Kymco tak tanggung-tanggung memberi amunisi. Jantung satu silinder empat katup 175,1 cc berpendingin cairan jelas bertenaga dibanding skutik kebanyakan. Output maksimal mencapai 16,8 Hp di 8.000 rpm dan torsi 15,4 Nm keluar pada 6.500 rpm. Sangat besar. Lucunya lagi, distribusi tenaga ke roda belakang memakai belt CVT yang benar-benar diekspos. Baca lengkapnya di sini. (Raju)

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor