Kapan Honda CB150R Exmotion Dijual di Indonesia?

Honda CB150R Exmotion sudah dijual di Thailand dengan harga 99.800 baht atau setara Rp 40 jutaan. Tampilannya berbeda dari motor naked sport 150 cc yang ada di Indonesia. Sosoknya begitu bergaya dengan tema Neo Cafe Racer.

Kuda besi ini punya ciri khas, lampu depan berbentuk bulat, buntutnya pendek dan knalpot terletak di bawah bodi. Suspensi depannya menggunakan jenis upside down berkelir emas. Peredam tersebut digunakan pula oleh kuda besi Honda berkapasitas mesin lebih besar seperti CBR250RR dan X-ADV. Suspensi upside down diklaim mampu membuat motor lebih stabil saat diajak berkendara.

Honda CB150R Exmotion 01
Exmotion punya tampilan Neo Cafe Racer

Sektor depot daya, memakai kapasitas 150 cc yang performanya belum diumumkan. Bila melihat bore and stroke silindernya yang sama dengan milik CB150R Streetfire di Indonesia, maka performanya tidak akan beda jauh. Jantung mekanis itu bisa mengeluarkan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga 16,9 PS pada 9.000 rpm. Padanannya sistem transmisi 6-percepatan manual.

Pertanyaannya, kapan Honda CB150R Exmotion dijual di Indonesia? Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya mengakui pasar motor sport 150 cc memang sangat penting, lantaran kontribusinya mencapai 80 persen dari total pasar motor sport. Maka wajar ketika Honda sampai memasarkan empat produk di kelas ini: CBR150R, CB150R Streetfire, Honda Verza dan Megapro.

HOnda Exmotion

Lalu apakah CB150R Exmotion akan jadi produk kelima? "Sejauh ini belum ada kemungkinan hal tersebut. Terimakasih atas respon yang baik dari masyarakat kita (dalam menyambut kehadiran CB150R Exmotion yang meluncur di Thailand) dan hal tersebut dapat menjadi masukan bagi kami," papar Thomas saat kami hubungi via pesan singkat, kemarin.

Dengan jawaban pihak AHM tersebut, agaknya kita jangan terlalu banyak berharap CB150R Exmotion bisa segera dipasarkan di Indonesia. Belajar dari pengalaman Honda Scoopy berpelek 12 inci. Di Thailand skutik ini sudah dijual sejak 2012, tapi di Indonesia baru meluncur 2017 atau lima tahun kemudian.

Honda CB150R Exmotion 02

Lagi pula pasar Indonesia, agaknya belum cukup siap dengan motor-motor yang mengedepankan estetika seperti itu. Buktinya Yamaha Xabre yang merupakan penantang sepadan bila CB150R Exmotion dipasarkan di Indonesia, penjualannya jauh dari kata baik. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Yamaha Xabre hanya terjual hanya 2.729 unit sepanjang semester 1 2017. Bandingkan dengan motor naked sport 150 cc lain seperti Yamaha Vixion dan Honda CB150R Streetfire yang penjualannya di atas 50 ribu unit pada periode sama.

Baca Juga: Honda Scoopy dari waktu ke waktu

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store