• Wishlist

Suzuki Luncurkan Tiga Motor Baru di IMoS 2018, Ada Burgman 180?

Suzuki Luncurkan Tiga Motor Baru di IMoS 2018, Ada Burgman 180?

Pameran akbar, Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2018 sebentar lagi dihelat. Banyak pabrikan motor memanfaatkan momen ini untuk meluncurkan motor baru. Tidak kecuali Suzuki.

Pabrikan berlambang S, mengklaim bakal memperkenalkan lebih dari satu motor baru di sana. "Di mana ada momen penting, di situlah juga momen untuk memperkenalkan sesuatu yang baru. IMoS kemungkinan ada dua atau tiga motor baru," papar Marketing 2W Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Banggas Pardede saat ditemui di Jakarta, hari ini.

Motor apa saja itu? Dia menjelaskan yang disebut baru tidak harus belum ada sebelumnya. Bisa jadi cuma facelift, ganti warna atau varian special edition. Soal warna baru, hampir semua produk Suzuki sudah dapat penyegaran tahun ini. Kecuali motor bebek, Smash. Lalu untuk facelift belum ada desas-desus. Kalau kemunculan versi special edition, agaknya livery MotoGP terbaru untuk Address belum pernah muncul lagi. Terakhir IMoS dua tahun lalu.

Tidak menutup kemungkinan pula, Suzuki memperkenalkan motor yang ada di negara lain untuk tes pasar Indonesia. Persis seperti yang mereka lakukan ketika membawa Intruder 150 dan Access 125 di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018, Juni lalu. Keduanya merupakan motor asal India. Intruder bergaya cruiser dengan posisi duduk rileks. Sementara Access berasal dari jenis skutik.

Suzuki Luncurkan Tiga Motor Baru di IMoS 2018, Ada Burgman 180?

Bagaimana peluang kemunculan Suzuki Burgman 180 di IMoS? Banggas mengaku belum bisa memberi informasi lebih lanjut. Dia hanya menjelaskan pameran yang berlangsung 31 Oktober - 4 November di Jakarta Convention Center (JCC) itu merupakan ajang yang sangat penting buat Suzuki. Terbukti pada penyelenggaraan sebelumnya, mereka meluncurkan si kembar GSX-R150 dan GSX-S150. Dua motor ini terbilang istimewa lantaran bukan cuma diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, tapi juga untuk kebutuhan ekspor ke berbagai belahan dunia.

"IMOS sangat penting bagi kami, itu ajang ikonik bagi brand motor, sangat penting untuk branding," jelas Banggas.

Kemunculan Burgman 180 memang sangat dinanti konsumen Indonesia. Bila benar hadir, skuter ini akan menantang eksistensi dari skutik bongsor, Yamaha Nmax dan Honda PCX. Wajar Suzuki mengincar pasar tersebut karena pangsanya sangat besar. Terbukti Nmax dan PCX tidak pernah absen dari daftar motor terlaris di tanah air. Sebagai gambaran selama semester satu 2018, PCX terdistribusi ke konsumen sebanyak 72.411 unit. Nmax catatannya lebih banyak lagi, mencapai 199.862 unit.

Posisi tawar Suzuki biasanya selalu menyodorkan produk dengan harga lebih murah. Selain itu, dengan nama Burgman 180, harusnya kapasitas mesin lebih besar dari NMax dan PCX. Maka otomatis performanya pun lebih mantap. (Lod/Van)

Baca Juga: Apa Kabar Suzuki Burgman?