Royal Enfield Classic 350, Irit Sampai 30 Kpl

Royal Enfield Classic 350, Irit Sampai 30 Kpl
Gambar
Review Pengguna

Kesempatan berkendara dengan Royal Enfield Classic 350 selama seminggu penuh, tidak kami sia-siakan. Berbagai pengujian dilakukan termasuk uji irit. Ini penting, terkhusus bagi Anda yang berencana memiliki dan menunggangi sehari-hari.


Seberapa irit Royal Enfield Classic 350? Agak sulit mendapat jawabannya, lantaran pabrikan asal India ini hanya membekali motor dengan panel instrumen analog sederhana. Informasi terbatas speedometer, odometer ampere meter, dan beberapa indikator : lampu sein, posisi transmisi netral dan lampu jauh.


Royal Enfield Classic 350


Panel instrumen tidak punya informasi terkait bahan bakar. Indikatornya saja tidak punya. Mungkin kesederhanaan ini dimaksudkan untuk mendukung tema retronya. Jadi, sering-seringlah mengecek jumlah bahan bakar di tangki secara manual, agar tidak kehabisan di jalan. Bila habis, sebenarnya masih ada keran reservoir yang dapat dibuka. Letaknya di sisi kiri mesin untuk menyalurkan bahan bakar cadangan. Menurut pihak PT Distributor Motor Indonesia (DMI) selaku distributor resmi Royal Enfield, jumlah cadangannya sebanyak 3-5 liter. Lebih dari cukup.


Dalam uji irit, kami memakai metode manual full to full. Pertama, tangki Royal Enfield Classic 350 harus diisi penuh dengan bahan bakar RON 92 sesuai spesifikasi yang diminta pabrikan. Kemudian motor diajak berkendara keliling Jakarta. Berbagai kondisi lalu lintas kami temui, mulai dari kemacetan jam berangkat kantor sampai dengan lengangnya ibu kota di malam hari. Gaya berkendara kami pun sewajarnya. Ada kala santai, juga waktunya putar tuas gas sampai habis. Semua dimaksudkan agar pengujian ini memiliki hasil senyata mungkin.



Usai menempuh 140,5 Km, kami kembali mengisi tangki bensin sampai penuh. Menghabiskan bahan bakar 4,6 liter. Alhasil Royal Enfield Classic 350 sanggup mengirit bahan bakar sampai 30,5 Kpl. Sebuah catatan yang cukup impresif, mengingat kapasitas mesinnya 346 cc. Didukung tangki bensin 14,5 liter, bisa dikatakan kuda besi seharga Rp 72,9 juta (OTR Jakarta) ini sanggup melaju sejauh 442,25 km dalam satu kali isi bahan bakar.


Sebagai perbandingan, kami juga pernah menguji irit Vespa LX 125 yang berkapasitas mesin 124,5 cc. Ternyata catatan konsumsi bahan bakarnya tidak beda jauh dengan Royal Enfield Classic 350, cuma 30,6 Kpl. (Lodra/RS)


Baca juga: Sejarah di Balik Royal Enfield Classic 350 Redditch

Jelajahi Royal Enfield Classic 350

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store