Rossi Dikontrak Petronas SRT Satu Musim, Pengumuman di Catalunya

Rossi Dikontrak Petronas SRT Satu Musim, Pengumuman di Catalunya

Kesepakatan antara Valentino Rossi dan Petronas Yamaha SRT terjalin pasca balapan pertama di Misano. Hal tersebut diperkuat setelah adanya kunjungan dari pihak tim ke markas Rossi di Tavullia. Meski begitu, kontrak keduanya diduga hanya berlangsung satu musim (MotoGP 2021) saja. Ada kemungkinan Rossi pensiun untuk kemudian fokus mengembangkan tim binaannya.

Seperti diberitakan GPOne, jelang putaran kedua di Sirkuit Marco Simoncelli lalu, Razlan Razali selaku principal tim Petronas SRT diketahui mengunjungi Rossi. Dirinya pun sempat mengunggah keberadaannya via media social. Beserta bukti (foto) pemandangan kosong, diyakini merupakan lobi dari sekolah balap milik The Doctor. Plus, secarik pesan bertuliskan "Great Meeting!". Sayang, beberapa menit kemudian, foto itu dihapus dari lini masa Razali.

Ada indikasi pertemuan itu untuk memutuskan hasil penting yang selama ini dinantikan. Apalagi kalau bukan mengenai penandatanganan kontrak Rossi bersama Petronas. Kabar kebersamaan keduanya pun santer dibicarakan, setelah Rossi kehilangan tempat di tim pabrikan Yamaha. Kala itu, ia sendiri mengakui sudah ada pembicaraan intens dengan calon tim barunya itu. Hanya saja mufakatnya masih terkendala beberapa detil.

Rossi

"Saya ingin lanjut (balapan) di 2021 dan sudah membicarakannya dengan Yamaha, terutama kepada Razlan, Zeelenberg dan Stiggy dari Petronas. Dan saya punya perasaan yang bagus. Kami harus menyelesaikan beberapa hal detil. Utamanya dari tim mengenai orang-orang yang akan bekerja untuk saya. Namun 99 persen saya bakal membalap bersama Petronas pada 2021," ujar Rossi.

Baca juga: Tempati Posisi Ideal di Klasemen, Joan Mir jadi Tumpuan Tunggal Suzuki Musim Ini?

Namun, kekurangan satu persen itu sepertinya tuntas pada kunjungan tersebut. Menurut sumber serupa, Rossi dan Petronas sudah membuat kesepakatan pekan lalu. Sementara mengenai pengumuman resmi, bakal dilakoni jelang MotoGP Catalunya, Kamis (24/9) ini. Menyoal apa yang disepakati pastilah berkaitan dengan pendamping utama Rossi di tim satelit itu. Kami memprediksinya memboyong David Munoz, kepala mekaniknya di tim Monster Energy Yamaha ke sana.

Permintaan ini pun rasanya diamini pihak Petronas Yamaha SRT. Pasalnya, GPOne menyebut bahwa Munoz kembali mengomandoi tim teknis Rossi. Begitu juga Matteo Flamigni selaku operator telemetri dan pastinya sang pelatih yaitu Idalio Gavira.

Persiapan Tim MotoGP Milik Rossi

Sebuah catatan menarik lain juga terbawa seiring kedatangan Rossi. Konon, kontraknya di Petronas hanya berdurasi satu musim. Belum bisa dipastikan apakah lantaran ia memutuskan pensiun setelahnya. Menurut mereka, perpanjangan kontrak Rossi berlaku opsional. Selain itu, keputusan jua diambil lantaran kontrak seluruh tim satelit - termasuk Petronas SRT - bersama Dorna habis tahun depan.

Rossi

Bilamana Rossi masih bisa membalap, dipastikan ia akan mengakhiri karir balapnya di tim asal Malaysia - setidaknya hingga musim 2022. Lantas apa yang akan dilakukannya pasca gantung helm nanti? Ada dugaan pembalap 41 tahun bakal menggawangi langsung tim binaannya untuk berkompetisi di MotoGP. Strategi ini rasanya pun layak dipertimbangkan untuk mengembangkan karir tim sekaligus pembalap binaan Rossi.

Misalnya saja sang adik, Luca Marini. Anggap saja dirinya tak mendapatkan tempat di tim Ducati tahun depan. Sementara itu, dia bakal tetap berkompetisi di kelas Moto2. Baru kemudian –selaras Rossi pensiun, sang adik bisa menjadi salah satu pembalap di tim MotoGP milik Rossi. Namun belum menjadi hukum mutlak pula jika nantinya ia bakal ada di bawah naungan Yamaha. Ada rumor berhembus, jika Rossi mulai melakukan pendekatan ke tim Suzuki. Selama musim MotoGP 2020 berjalan, beberapa kali pula Rossi memuji kinerja pihak Hamamatsu. Ditambah lagi hingga saat ini Suzuki belum punya tim satelit. Apakah skema ini yang dijalankan Rossi di kemudian hari? (Ano/Tom)

Sumber: GPOne

Baca juga: MotoGP: Francesco Bagnaia Gagal Finish Karena Tear-off?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store