Pasar Pelumas Indonesia Kedatangan Pemain Baru, Balmerol

Pasar Pelumas Indonesia Kedatangan Pemain Baru, Balmerol

Perusahan gemuk (grease) Balmer akhirnya menepati janji membuat pelumas otomotif. Sebagai langkah awal, lini khusus kendaraan roda dua dirilis. Sementara segmen roda empat atau lebih menyusul. Setidaknya ada empat varian produk yang disebut Balmerol ditawarkan, menyasar beragam jenis motor.


Besarnya pasar otomotif menjadi faktor pendorong PT Balmer Lawrie Indonesia (BLI) merambahnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dalam dua tahun terdapat 146 jutaan unit kendaraan bermotor. Sebanyak 120 jutaan di antaranya merupakan motor. Sementara untuk kendaraan penumpang mencapai 16 jutaan, lalu 2 jutaan bus dan 7 jutaan kendaraan niaga. Walau diakui saat ini kondisi yang kurang baik untuk meluncurkan produk, Balmer tetap optimis.


"Memang saat ini, apalagi sebagai dampak dari COVID-19, bisnis oli mengalami masa yang tidak menyenangkan. Penurunan bisnisnya berkisar 30%-50% pada triwulan kedua ini. Meskipun diprediksi kondisi bisnis baru pulih di triwulan kedua tahun depan, tapi kami tetap optimistis," jelas Rudy Issudirman, Head of Retail Sales & Marketing PT BLI dalam keterangan resmi.


Adapun varian produk Balmer, pertama MCO Matic Balmerol Superstar SAE 10W30. Bisa diaplikasikan di semua tipe motor matik, terutama merek Honda yang merekomendasikan oli berspesifikasi ini. Kemudian MCO Matic Balmerol Superstar SAE 20W40, guna mengakomodasi pengguna motor 4 tak yang termasuk jenis skuter. Sementara motor bertransmisi manual disuguhkan MCO NonMatic Balmerol Race 4T Champion Choice SAE 20W50 dan MCO NonMatic Balmerol Race 4T Champion Choice SAE 10W40. Semuanya dikemas dalam botol 800 ml. Lantas apa keunggulannya dibanding pelumas lain?


Baca Juga: Regina, Rantai MotoGP Dijual di Indonesia, Harga Mulai Rp 375 ribu


Serial produk Balmer, yakni MCO (Motorcycle Oil), PCO (Passenger Car Oil) dan CVO (Commercial Vehicle Oil) telah terdaftar SNI (Standar Nasional Indonesia). Label ini sendiri dikeluarkan Tuv Nord Group, penyedia layanan teknis yang berkantor pusat di Hannover, Jerman. Berdiri 1869, ini merupakan lembaga yang melakukan validasi keamanan produk dan layanan yang terkait aspek keselamatan, material dan lingkungan. Ini artinya pelumas Balmer memiliki kualitas yang teruji. Kemudian teknologi WOW yang dibenamkan. Klaimnya mampu melindungi mesin agar tetap bersih, sekaligus menjaga kinerja kopling dan perpindahan gigi mulus, serta meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.


"Dengan demikian, produk oli kami sudah memenuhi standar keselamatan, kesehatan dan keamanan yang merupakan acuan pemenuhan regulasi. Bukan saja dalam skala industri nasional tapi juga internasional. Seperti diketahui, sejak September 2019 lalu pemerintah telah mewajibkan SNI melalui Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 25 tahun 2018 tentang Pemberlakukan Standar Nasional Indonesia Pelumas Secara Wajib," tambahnya.


Untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat, Balmer telah menyiapkan kapasitas produksi sampai 9 juta liter per tahun. Ini merupakan tahap awal produksi yang dilakukan di pabrik di Cikande. Nantinya terus dikembangkan sesuai demand. Sementara usaha pemasaran difokuskan di Pulau Jawa sementara ini. Mengusung konsep ‘Endless Innovation for Customer Benefit’, sebagai bentuk konsistensi layanan solusi produk dan services secara menyeluruh; Balmer akan memperkuat jaringannya.


"Saat ini kami berfokus di pulau Jawa, dengan pertimbangan bahwa populasi outlet dan jumlah otomotif retail itu sekitar 80% ada di situ. Kami juga bekerjasama dan terus ingin menambah jumlah mitra distribusi, terutama yang memiliki jaringan luas untuk produk otomotif. Kami sangat terbuka jika ada pihak-pihak yang ingin menjadi mitra distribusi produk oli Balmerol," jelas Rudy.


Tak ketinggalan, peluang market digital juga dilirik. Tak hanya bertujuan mengjangkau lebih banyak konsumen, tapi juga memudahkan dalam mendapatkan produk. Balmer sendiri tengah berupaya bekerjasama dengan beberapa penyedia platform digital. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Mizzle Rilis Ban Baru, Bisa Buat Balap dan Harian

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store