MotoGP: Teknik Cerdik Marquez Berbuah Kemenangan di Kandang Rossi

Marc Marquez (Repsol Honda) menyelesaikan balapan MotoGP San Marino dengan kemenangan. Dirinya meraih poin penuh di sirkuit kampung halaman Valentino Rossi, Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (15/9). Hal ini tak mudah dilakukannya, teknik cerdik dan kesabaran harus ia lakukan demi melakukan overtake yang sulit direbut.

MotoGP

Hasil itu membuat dirinya bertahan di puncak klasemen sementara dengan total 275 poin. Sejak lepas start, Marquez sudah berada di barisan terdepan. Baru berjalan tiga putaran, dirinya langsung berada di posisi kedua, tepat di belakang Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Posisi itu ia dapatkan setelah meng-overtake Vinales yang kehilangan daya cengkeram ban belakang.

Masuk di putaran ke 7, Quartararo dan Marquez bermain agresif. Keduanya melaju kencang hingga membuat grup sendiri dan meninggalkan Vinales. 

Selama balapan, Supermarc bertahan di belakang Quartararo. Ia tetap menjaga jarak dan memanfaatkan teknik slipstream. Berkat teknik yang digunakan itu, ia mampu memperpendek jarak dengan pembalap tim satelit Yamaha. Meski jarak sudah dekat, Marquez tak mau gegabah menyalip. Ia tahu, jika merebut posisi terdepan sejak tengah balapan, maka Quartararo tak akan tinggal diam. Apalagi di belakangnya ada juga Vinales yang sipa ramaikan perebutan takhta. 

Untuk ketiga kalinya secara beruntun pemenang balapan ditentukan di lap terakhir. Setelah Austria dan Inggris, kini di Misano, Italia terjadi hal serupa. Saat balapan menyisakan satu lap, Marquez akhirnya mengambil keputusan untuk menyalip pembalap asal Perancis itu di trek lurus. Kedigdayaan Honda dengan power lebih besar diunjukkan di sini. Marquez pun berhasil finish dengan baik dan tak menyisakan Quartararo kesempatan untuk merebutnya kembali.

“Aku sudah berusaha 100 persen. Di awal balapan semua tampak baik dan saya menikmati itu. Saat lat lap itu, yang tidak bisa saya bayangkan. Saya sangat dekat dengan Marc, tapi saya tidak cukup baik untuk menyalipnya,” kata Fabio Quartararo usai balapan.

Sementara Marc Marquez, merasa puas dengan hasil yang ia raih di balapan ini. “Dari awal saya berpikir untuk menang. Saya selalu mencoba bermain baik di semua putaran. Quartararo benar-benar cepat dan saya cukup dekat jaraknya. Tapi saya menjaganya sampai saya mendapatkan kesempatan. Saya puas dengan hasil ini,” katanya.

MotoGP

Pembalap Monster Energy Yamaha yang start dari pole, Maverick Vinales, berada di posisi ketiga. Sementara posisi empat dan lima masing-masing diisi oleh pembalap Monster Energy Yamaha lainnya, Valentino Rossi, dan pebalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli.

Beda dengan group ketiga yang diisi oleh Franco Morbidelli, Valentino Rossi dan Pol Espargaro. Meraka saling salip satu sama lain. Pertarungan ketat itu untuk merebutkan posisi empat. (Bgx/Van)

Foto: Istimewa

 

Hasil lengkap balapan MotoGP San Marino:

1. Marc MARQUEZ - Repsol Honda Team - 42'25.163

2. Fabio QUARTARARO - Petronas Yamaha SRT +0.903

3. Maverick VIÑALES - Monster Energy Yamaha MotoGP +1.636

4. Valentino ROSSI - Monster Energy Yamaha MotoGP +12.660

5. Franco MORBIDELLI - Petronas Yamaha SRT +12.774

6. Andrea DOVIZIOSO - Ducati Team +13.744

7. Pol ESPARGARO - Red Bull KTM Factory Racing +20.050

8. Joan MIR - Team SUZUKI ECSTAR +22.512

9. Jack MILLER - Pramac Racing +26.554

10. Danilo PETRUCCI - Ducati Team +31.456

11. Johann ZARCO - Red Bull KTM Factory Racing +32.388

12. Aleix ESPARGARO - Aprilia Racing Team Gresini +34.477

13. Tito RABAT - Reale Avintia Racing +35.325

14. Jorge LORENZO - Repsol Honda Team +47.247

15. Hafizh SYAHRIN - Red Bull KTM Tech 3 +1'02.280

16. Miguel OLIVEIRA - Red Bull KTM Tech 3 +1'07.831

17. Karel ABRAHAM - Reale Avintia Racing +1'24.666

18. Takaaki NAKAGAMI - LCR Honda IDEMITSU +1 Lap

Gagal finis:

Cal CRUTCHLOW - LCR Honda CASTROL
Michele PIRRO - Ducati Team
Alex RINS - Team SUZUKI ECSTAR
Francesco BAGNAIA - Pramac Racing

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store