MotoGP: Petrucci Bela KTM Mulai MotoGP 2021, Bukan Pengganti Pol Espargaro

MotoGP: Petrucci Bela KTM Mulai MotoGP 2021, Bukan Pengganti Pol Espargaro

KTM resmi mengumumkan perekrutan Danilo Petrucci untuk MotoGP 2021. Kendati begitu, ia tak dipasang sebagai pembalap tim pabrikan. Melainkan untuk mengisi kursi Miguel Oliveira di Tech3 KTM, yang didaulat menggantikan Pol Espargaro.

Agak di luar dugaan, mengingat status Petrucci sebelumnya di tim Ducati. Pertemuan dengan KTM beberapa waktu lalu pun seolah menyiratkan, bahwa dialah satu-satunya nominator terkuat pengganti Pol. Namun, pihak pabrikan punya rencana lain lantaran memilih Oliviera untuk membela tim utama mereka.

Tak ada penjelasan perihal pemilihan formasi ini. Meski tampak jelas bahwa KTM Factory kini dijadikan sebagai payung untuk mengembangkan rider muda. Sebut saja Oliveira yang baru setahun berkompetisi di MotoGP. Lalu rekan setim Pol saat ini, Brad Binder. Ia mendebut di MotoGP 2020 setelah 3 tahun berada di kategori Moto2.

Baca Juga: KTM Akui Honda Beri Tawaran Menarik untuk Pol Espargaro

Meski begitu, keduanya bukan orang baru bagi tim oranye. Baik Oliveira maupun Binder sudah lama membela KTM sejak masih di kelas Moto3 dan Moto2. "Mereka memiliki hubungan kerja yang produktif dan telah menunjukkan bakat dan keinginan untuk memenangkan balapan di semua tahapan Grand Prix. Kami percaya mereka memiliki tekad untuk mendorong proyek MotoGP kami maju," kata Pit Beirer, Direktur Motorsport KTM.

Petrucci contract sign

"Hal yang sama berlaku untuk Red Bull KTM Tech3, kami senang dapat membawa Danilo ke dalam keluarga. Pengalamannya sangat berarti. Kami percaya ia masih memiliki sesuatu untuk ditampilkan di MotoGP," ujar Beirer mengutip dari Crashnet (25/6).

Senada dengan pernyataan Herve Poncharal selaku pemilik tim Tech3 KTM. Petrucci dianggapnya bisa mewujudkan kemajuan salah satu proyek besar KTM ini. "Dengan senang hati kami menyambut Petrucci bersama kami mulai 2021. Saya pikir pengalaman dan pengetahuannya akan membantu tumbuh kembang proyek MotoGP kami. Sikapnya selalu positif dan punya keinginan untuk berbagi dan bekerja sama dengan tim. Seperti keluarga dan itu persis yang akan ditemuinya di Tech3," ungkapnya.

Lebih lanjut, Poncharal juga menepis anggapan Petrucci turun kasta. Menurutnya, perbedaan tim pabrikan dan satelit tak lagi relevan buat Petrucci. "Faktanya kami mempunyai pembalap paling berpengalaman di Tech3. Tidak ada lagi tim satelit atau pabrikan. Empat pembalap KTM berada di grid dengan dukungan dan peralatan yang sama. Ini menunjukkan dukungan KTM kepada tim, yang tidak selalu bisa ditemukan pada pabrikan lain," terangnya.

Tak hanya Petrucci, Tech3 juga memanfaatkan momen ini untuk mengumumkan perpanjangan kontrak Iker Lecuona. Tandem Petrucci itu pun bakal tetap membela skuad Poncharal untuk musim depan (MotoGP 2021). Sekaligus pula menerangkan hengkangnya Pol dari KTM. Yang kemudian ditandai dengan ucapan perpisahan dari kubu Mattighofen.

"KTM menyampaikan terima kasihnya kepada Pol. 2020 menjadi tahun keempat kebersamaan kami dalam berkolaborasi. Dan telah menghasilkan beberapa pencapaian penting. Kedua belah pihak ingin menempuh jalur berbeda mulai 2021 dan seterusnya," tulis pernyataan resmi KTM.

Sejatinya keterangan ini bakal diumumkan KTM pada September mendatang. Namun, Pol sepertinya sudah mengambil sikap untuk menjalani masa depan karir balapnya bersama Honda. Pembalap Spanyol itu diyakini sudah menandatangani kerja sama yang ditawarkan Honda Racing Corporation (HRC). Ia Digadang menjadi duet Marc Marquez untuk membela tim Repsol Honda. Kita tunggu saja pengumuman mereka dalam waktu dekat. (Ano/Odi)

Sumber: Crashnet

Baca Juga: Pol Espargaro Dampingi Marc Marquez di Repsol Honda?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store