MotoGP: KTM Akui Honda Beri Tawaran Menarik untuk Pol Espargaro

MotoGP: KTM Akui Honda Beri Tawaran Menarik untuk Pol Espargaro

Kedekatan Pol Espargaro dan HRC nyatanya juga diketahui KTM. Pihak tim bahkan menyebut, proses menuju kata sepakat antara tim asal Jepang dengan pembalapnya itu tengah berjalan. Secara terang-terangan dikatakan penawaran diajukan untuk mendampingi Marc Marquez.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Mike Leitner, selaku manajer tim KTM Factory. Mengutip perbincangannya bersama MotoGP, Pol memang mendapatkan kesempatan untuk berduet dengan Marquez di Repsol Honda pada 2021 mendatang. Menarik. Hanya saja Pol masih menimbang, bertahan di KTM atau hijrah ke tim sayap kepak.

"Saya hanya bisa mengonfirmasi kalau pembicaraan (Pol dan HRC) sedang berlangsung. Tentu saja kami mencoba untuk mempertahankan Pol, walau jelas ada pilihan lain untuknya. Belum ada update lagi tentang dia dan kami akan berkomentar setelah semuanya selesai. Ini pasti bakal terjadi dalam beberapa minggu ke depan," kata Leitner.

pol espargaro

Tentu di luar perkiraan, mengingat musim MotoGP 2020 baru dihelat bulan depan (19 Juli). Bisa jadi, pada seri pertama itulah Pol mengumumkan masa depannya. Jika benar dia membela Repsol Honda, maka KTM harus memutar otak mencari pengganti rider andalannya itu. Sementara kita tahu, cuma dia satu-satunya pembalap senior di tim oranye. Situasi inilah yang membuat mereka harus berpikir keras.

Baca Juga: Kalender MotoGP 2020 Terbaru Dirilis, Ini Daftar Sirkuit yang Hilang

"Saat ini, tentu kami harus menunggu dan melihat hasil akhir dari situasi Pol. Di sisi lain, masa depan kami juga mesti dipikirkan. Ada beberapa skenario di meja kami, walau hanya bisa selangkah demi selangkah. Sampai pada akhirnya kami putuskan ketika semuanya sudah jelas," sahut mantan kepala mekanik Dani Pedrosa.

Jika Pol hengkang dari KTM, maka akan ada satu nama di tim pabrikan yaitu Brad Binder. Sementara di tim satelit (Red Bull KTM Tech 3) hanya ada Iker Lecuona dan Miguel Oliveira. Dari segi pengalaman tentulah ketiganya belum punya jam terbang sebanyak Pol. Namun, kondisi ini tak membuat Leitner khawatir. Menurutnya peran penting justru terletak dari sang kuda besi itu sendiri.

Espargaro move to honda

"Awal kami datang ke MotoGP pada 2017, itu (memiliki pembalap berpengalaman) sangat penting. Tapi sekarang motor kami sudah bersaing dan bisa dilihat pada Brad. Saat tes di Qatar, dia berada di 10 besar. Dan, ketika tes musim dingin (pramusim) Sepang, tiga pembalap kami juga menempati urutan itu. Memang penting punya pembalap yang pengalaman. Tapi ketika motor kompetitif, jadi kurang penting lagi," tutur Leitner.

Kendati begitu, KTM tampak tak menutup pintu jika nantinya ada pengganti sekelas Pol. Ini pula yang lantas menimbulkan rumor baru. Telah kami sebutkan sebelumnya, ada kemungkinan mereka menggaet Andrea Iannone jika benar Aprilia meminang Cal Crutchlow. Malah baru-baru ini muncul pula nama lain seperti Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

"Semua Pembalap di MotoGP sangat berbakat. Mengenai Dovi, saya tidak perlu mengatakan apapun. Dia adalah runner up dalam tiga tahun terakhir. Juga Petrucci, merupakan salah satu pemenang di kejuaraan. Semuanya punya bakat besar dan pasti akan beradaptasi dengan motor kami. Itu jelas," ungkap Leitner yang secara khusus mengomentari perihal Dovi dan Petrucci.

Terlepas dari opsi tersebut, KTM sebenarnya punya pilihan yang rasanya tak kalah menarik. Ada Jorge Martin, pembalap KTM dari kejuaraan Moto2. Dari segi pengalaman sudah cukup matang untuk naik kelas. Sayangnya sang rider justru dikabarkan sudah menandatangi kontrak bersama tim Pramac Racing. Dia dipasang sebagai tandem Francesco Bagnaia untuk menggantikan tempat Jack Miller yang pindah ke tim pabrikan Ducati.

"Kami sudah memiliki sejarah dengannya dan ingin mempertahankan dia di grup kami. Tapi, kami harus mulai dulu dari apa yang terjadi pada Pol. Baru kemudian bisa memikirkan langkah selanjutnya," tutup Leitner. (Ano/Odi)

Sumber: MotoGP

Baca Juga: Pol Espargaro Dampingi Marc Marquez di Repsol Honda?