• Wishlist

MotoGP: Jack Miller Bela Tim Pabrikan Ducati, Petrucci Dikorbankan?

MotoGP: Jack Miller Bela Tim Pabrikan Ducati, Petrucci Dikorbankan?

Jack Miller resmi membela Mission Winnow Ducati, 2021 mendatang. Tak dijelaskan berapa lama durasi kerja sang pembalap bersama tim pabrikan. Meski rumor menyebut Miller dikontrak satu tahun, dengan perpanjangan musim 2022 sebagai opsi.

Kabar yang benar-benar mengejutkan. Di tengah stagnasi musim balap 2020, Ducati membuat pengumuman besar melalui perekrutan Miller. Yang artinya dia bakal naik kelas dari tim satelit (Pramac Racing) ke tim utama.

Tentu bukan keputusan singkat, mengingat di tim inti sendiri sudah ada dua pembalap yaitu Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Jika Ducati tidak menyertakan format tiga pembalap – tetap dengan formasi dua rider, berarti salah satu dari kedua rider Italia itu terpaksa hengkang. Ada indikasi Petrucci menjadi korban karena kehilangan kursi. Diungkap sang manager kepada Crashnet, pembalapnya itu memiliki dua pilihan. Tetap membela Ducati namun hijrah ke WSBK, atau di MotoGP namun pindah ke Aprilia. Bila demikian adanya, maka Dovizioso-lah yang menjadi tandem Miller untuk musim depan.

MotoGP Ducati

Lepas dari itu, pihak Ducati menilai Miller merupakan sosok rider bertalenta. Hal itu diungkap langsung Claudio Domenicali, CEO Ducati. "Sejak datang ke Pramac Racing, Jack telah tumbuh dengan mantap, membuktikan dirinya sebagai salah satu pembalap tercepat dan paling berbakat di kejuaraan. Jadi, kami senang ia menyetujui untuk mengendarai Desmosedici GP tim Ducati tahun depan," tuturnya.

Baca juga: MotoGP Virtual: Rossi dan Marquez Cetak Podium Pertama di Misano

Miller juga sudah memberikan sedikit pembuktian pada MotoGP 2019. Pada tahun kedua kebersamaannya dengan Pramac, pembalap 25 tahun itu meraih podium ketiga sebanyak lima kali. Berkat torehan itu, Miller berhasil menempatkan dirinya di urutan ke-8 klasemen. Catatan ini sekaligus pula menerangkan kematangannya dalam menunggangi Desmosedici. Bukan tidak mungkin, prestasi lebih baik dicetaknya ketika mengendarai GP21.

Wajar bila Domenicali percaya akan kemampuannya. "Kami yakin Jack memiliki semua keterampilan yang tepat untuk berjuang meraih posisi terbaik di setiap balapan. Sudah dimulainya musim ini dengan GP20 tim Pramac Racing. Dan bisa lebih maju lagi tahun depan berkat dukungan tim Ducati," terangnya.

Padahal kedatangan Miller ke MotoGP sempat menjadi buah bibir. Ia berkompetisi di kelas raja dengan cara 'lompat' kelas. Setelah tiga tahun (2012-2014) bertarung di Moto3 dan tanpa gelar juara, Miller langsung direkrut Honda Racing Corporation (HRC) ke MotoGP (2015-2017). Ya, dia melewatkan satu kelas yaitu Moto2 yang idealnya menjadi jenjang sebelum ke MotoGP.

Seiring waktu, Miller menjawab keraguan khalayak terhadapnya. Terutama ketika pindah dari Honda ke Ducati (Pramac Racing). "Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Paolo Campinoti, Francesco Guidotti dan tim Pramac atas dukungan luar biasanya selama 2,5 tahun. Merupakan kehormatan bagi saya untuk melanjutkan karir MotoGP dengan pabrikan Borgo Panigale. Terima kasih kepada semua manajemen Ducati, Claudio, Gigi, Paolo dan Davide karena mempercayai dan memberikan saya atas kesempatan luar biasa ini. Saya siap berkomitmen dengan tanggung jawab penuh menjadi pembalap pabrikan Ducati pada 2021," ungkap Miller. (Ano/Tom)

Sumber: Ducati, Crashnet

Baca juga: MotoGP: Dorna Canangkan Balapan Akhir Juli Nanti

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store