MotoGP: Morbidelli Dominan di FP3 Brno

MotoGP: Morbidelli Dominan di FP3 Brno

Bukan Fabio Quartararo, Valentino Rossi atau pun Maverick Vinales yang menjadi pembalap tercepat Yamaha di latihan hari kedua MotoGP Brno, hari ini (8/8). Label itu nyatanya disandang Franco Morbidelli saat melakoni free practice ketiga (FP3), otomatis membuatnya lolos ke fase Q2 pada perebutan starting grid nanti.


Tak terlalu mengejutkan sebenarnya melihat penampilan Morbidelli ini. Pada FP2 kemarin (7/8) misalnya, ia mampu menjadi pembalap tercepat kedua dengan torehan 1 menit 56,509 detik. Terpaut 0,007 detik saja dari Quartararo. Namun, di FP3 tadi pembalap Italia berhasil mengungguli rekan setimnya. Di latihan ketiga ini, dia mencatat lap time tercepat. Melebihi pencapaian sebelumnya yaitu 1 menit 56,037 detik.


Franco Morbidelli


Capaian tersebut dilakukan ketika dirinya berada di posisi kedua, tepatnya latihan tinggal menyisakan 12 menit. Lap time-nya itupun tak mampu dilampaui pembalap lain hingga FP3 selesai. Hasil inilah yang kemudian membawa Morbidelli melangkah ke Q2. Quartararo pun membuat pencapaian impresif walau masih kalah cepat dari Johann Zarco. Rider Reale Avintia mampu mengisi ruang diantara duo Petronas Yamaha SRT.


Pergerakan yang tak kalah mengejutkan juga datang dari Pol Espargaro. Rider KTM Factory Racing sanggup mencatat waktu tercepat keempat. Selisihnya pun cuma 0,103 detik dari Morbidelli. Sementara di bawahnya ada Valentino Rossi. Inilah pencapaian terbaik Rossi di FP3. Sempat ada pergerakan mengejutkan dari rider Monster Energy Yamaha.


Di awal latihan tadi, Rossi langsung memimpin perolehan lap time. Namun di putaran berikutnya, posisi Rossi tergeser oleh pembalap kencang lain. Sementara yang lain terus meningkatkan lap time, rider 41 tahun malah sempat terperosok hingga keluar 10 besar.


Situasi ini jelas mengancam keikutsertaannya di Q2 pada kualifikasi. Rossi tentu tak ingin kehilangan momentum untuk dapat memperebutkan starting grid terbaik. Secara bertahap dia terus meningkatkan torehan waktu, walau masih inkonsisten. Mulai dari menapaki urutan ketiga, hingga terlempar lagi ke urutan 10. Beruntung The Doctor dapat mengamankan posisi kelima.


Aleix Espargaro pun tak kalah agresif. Kali ini pembalap Aprilia Gresini bisa menguntit lap time Rossi karena menempati posisi keenam. Disusul kemudian oleh Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Cal Crutchlow (LCR Honda). Satu pemandangan yang cukup heran justru terlihat pada Maverick Vinales. Rider tim pabrikan Yamaha ini malah terlihat kurang beringas. Penampilannya di FP3 hanya sanggup membawanya menempati peringkat sembilan. Gap-nya dari Morbidelli mencapai 0,245 detik. Untung Vinales masih dapat mengamankan tempat di Q2. Begitu juga Danilo Petrucci yang melengkapi pembalap di urutan 10 besar.


alex rins


Di samping itu, ada juga rider yang tak beruntung di FP3 tadi. Joki pabrikan Suzuki lain yaitu Alex Rins mesti memulai perjuangan di kualifikasi nanti dari Q1. Pun halnya Takaaki Nakagami (LCR Honda), Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) maupun Jack Miller (Pramac Ducati Racing). Padahal, beberapa diantaranya sempat mengisi barisan atas pada latihan hari pertama. Kita tunggu saja perkembangan mereka di kualifikasi nanti. (Ano)


Baca Juga: Marquez Absen, Digantikan Stefan Bradl

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store