MotoGP: KTM Jalani Tes di Tengah Pandemi COVID-19

MotoGP: KTM Jalani Tes di Tengah Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 belum juga usai, kendati beberapa negara yang terkena dampak berangsur pulih. Ini lantas mendorong KTM untuk kembali beraktivitas. Meski belum ada putusan soal kelangsungan musim MotoGP 2020, tim asal Austria tetap bakal melanjutkan kegiatan pengembangan sang kuda besi.

Menurut Asphalt and Rubber, raungan KTM RC16 bahkan siap diperdengarkan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Sebagaimana disebutkan, tim oranye memang sudah merencanakan pengujian tertutup mulai hari ini (27/5) hingga esok (28/5). Namun, tes lanjutan sendiri hanya diikuti oleh Pol Espargaro sebagai wakil rider tim pabrikan.

Pembalap Spanyol bernomor 44 juga bakal didampingi oleh Dani Pedrosa, selaku test rider. Sayangnya, hanya mereka berdua yang terlibat dalam penggarapan RC16. satu rider lain yaitu Brad Binder terpaksa absen. Diberitakan sumber serupa, pembalap Afrika Selatan tidak bisa keluar dari negaranya akibat pandemi ini.

Hingga sekarang tak ada keterangan resmi dari KTM, terkait pengujian tersebut. Pihak pabrikan seperti ingin membiarkannya menjadi tes rahasia. Namun, menurut Speedweek, development sengaja dilakoni bersamaan dengan pengujian sportscar anyar KTM X-Bow.

KTM MotoGP

Sementara pengembangannya sendiri difokuskan pada area mesin dan sasis. Keduanya sempat dipakai pertama kali saat KTM lakoni laga di Sirkuit Valencia dan Jerez (Spanyol), tahun lalu. Penggarapan bagian utama motor ini lantas berlanjut ke tes pramusim di Sepang (Malaysia) dan Losail (Qatar).

KTM menjadi tim MotoGP pertama yang memulai kembali kegiatannya. Semoga saja ini merupakan titik terang dari kelangsungan musim balap 2020. Terlebih negara-negara penyelenggara maupun tempat asal tim, sudah menanggalkan status lockdown. Sebut saja Jerman dan Italia.

Gelaran Virtual Race Kelima

Sembari menunggu realisasinya, penyelenggara MotoGP terus berupaya menghibur para penggemar. Salah satunya lewat penyelenggaraan virtual race. Sampai saat ini balapan dengan menggunakan media PlayStation itu sudah berlangsung sebanyak empat kali. Dan masih terus berlanjut.

Minggu (31/5) nanti, balapan online digagas untuk kelima kalinya. Sirkuit Silverstone (Inggris) dijadikan sebagai arena bertarung para pembalap dari kategori Moto3, Moto2 hingga MotoGP. Barisan kelas utama, diisi oleh nama-nama seperti Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo dan Joan Mir. Total ada delapan pembalap yang harus melakoni 10 lap.

Uniknya, putaran kali ini bakal diikuti oleh Jorge Lorenzo. Inilah pertama kali test rider tim pabrikan Yamaha andil dalam balapan virtual. Sayang, dialah satu-satunya perwakilan tim pabrikan garpu tala. Maverick Vinales yang biasa rutin berpartisipasi, absen di balapan nanti. Begitu pula dengan rekan setimnya, Valentino Rossi. Termasuk duet pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Alex Marquez. Apakah ada agenda khusus terkait dimulainya kembali musim ini?

Virtual MotoGP

Sementara dua kategori di bawahnya, menggunakan format balap sebanyak 6 lap. Masing-masing kelas diikuti oleh 10 pembalap. Kita tunggu keseruannya akhir pekan ini! (Ano/Van)

Sumber: Asphalt and Rubber, Speedweek

Baca Juga: 

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store