MotoGP: Kecelakaan Hebat Hingga Motor Terbakar, Dovizioso Sempat Hilang Ingatan

MotoGP: Kecelakaan Hebat Hingga Motor Terbakar, Dovizioso Sempat Hilang Ingatan

Balap MotoGP seri Inggris yang digelar di Sirkuit Silverstone menyisakan cerita sedih. Selain pertarungan menegangkan di tikungan akhir, Alex Rins (Suzuki Ecstar) versus Marc Marquez (Repsol Honda), ada kisah sedih yang menimpa Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati). Sang rider sempat hilang ingatan pascakecelakaan. Motornya pun terbakar hebat.



Kecelakaan terjadi begitu start dimulai. Dovi meluncur dengan sangat baik. Ia berhasil menjaga momentumnya dan melaju seiring rombongan. Di depannya ada Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang start kurang baik.


Masuk tikungan pertama, Quartararo mencoba mengejar. Ia masuk tikungan dengan ceroboh, dan kehilangan traksi roda belakang. Saat grip roda kembali, terjadi highslide. Roda belakang tiba-tiba mendapatkan traksi lagi dan membalikkan motor. Pembalap Prancis itu terpental dari motornya.


Nahas, Yamaha YZR-M1 yang dikendarainya tergelincir ke jalur Dovi. Dalam sepersekian detik, motor itu tiba di hadapan Ducati Desmosedici GP Dovi. Rider berkebangsaan Italia ini pun berusaha menjaga motornya, namun saat melindas M1, motor Dovi malah bak senjata makan tuan. Desmosedicinya menghantam kepala Dovi.



Pada kecepatan tinggi, hantaman itu sontak membuat Dovi tak sadarkan diri. Ia terlempar dan terpelanting berkali-kali tanpa mampu mengendalikan kondisi jatuhnya. Hal ini terlihat dari cara jatuhnya yang fatal. Ia pun tergolek lemas, sementara motornya terbakar hebat dalam jarak kurang dari 20 meter.


Tim medik segera menyelamatkan Dovi. Crash Net menyebut, sang pembalap dievakuasi menggunakan helikopter ke rumah sakit Coventry di luar Sirkuit. Tim Ducati merilis informasi lewat kanal media sosial terkait hal ini.


"Andrea Dovizioso tak mengalami patah tulang di bagian apapun, namun sudah dipindahkan ke rumah sakit Coventry untuk pemeriksaan lebih lanjut setelah hantaman ke kepala yang menyebabkan hilang ingatan sesaat," jelas akun @Ducatimotor.


Beberapa jam kemudian, tim merilis foto Dovi baik-baik saja. Ia terlihat duduk dikelilingi sahabat dan keluarganya. Ia disebut tengah beranjak pulang menuju rumahnya untuk mendapatkan istirahat yang optimal. Menunggu di Italia memang langkah terbaik, pasalnya balapan berikutnya digelar di sana.


Bagaimana dengan Quartararo? Kondisinya berbeda jauh dengan Dovi. Rider muda ini baik-baik saja dan langsung berdiri setelah motornya jatuh. Ia pun dapat keluar tanpa ditandu seperti Dovi.


Sayangnya, kecelakaan ini membuat Dovi kehilangan kesempatan untuk berebut poin penuh di SIlverstone. Padahal, ia butuh sebanyak mungkin agar dapat menyusul Marquez yang berada di puncak kejuaraan. Klasemen sementara MotoGP musim 2019 memang tak berubah. Dovi tetap ada di posisi dua dengan selisih 78 poin dari Marquez (250 poin). Semoga saja Dovi segera pulih maksimal dan siap balapan lagi di San Marino bulan depan. (Van)


Baca Juga: Taklukkan Marquez di Tikungan Akhir, Rins Sukses Menang di Silverstone

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store