Ducati Superleggera V4 Siap Diproduksi Massal

Ducati Superleggera V4 Siap Diproduksi Massal

Italia mulai berbenah. Setelah penanggalan status lockdown, sektor otomotif negara ini berangsur ke tahap normal. Ditandai dengan pembukaan kembali operasional pabrik, baik roda dua maupun roda empat. Satu diantaranya adalah Ducati yang diketahui sempat menghentikan aktivitasnya selama beberapa bulan. Namun, kini mereka bangkit dan bahkan dengan langkah nyata.

Giat pabrikan Borgo Panigale sudah berjalan sejak bulan lalu. Kala itu, Claudio Domenicali, CEO Ducati mengakui kegiatan ini penting dilakukan. Apalagi mereka juga banyak mendapatkan pesanan. Terutama model-model seperti Street Fighter V4, Multistrada GT dan Panigale V2. Tentu bukan cuma itu, karena nyatanya Ducati juga sudah siap merilis Ducati Superleggera V4.

Ducati superleggera V4 on test

Sang bos secara terbuka menyebut, si produk tengah bersiap melakoni pengujian terakhir. "Pekan ketiga setelah restart hampir selesai. Mimpi segera menjadi kenyataan. Inilah Superleggera pra-produksi terkahir. Siap untuk pindah ke Nardo Ring untuk menjalani pemeriksaan terakhir. Tidak ada motor jalan raya lain yang bisa mendekatinya. 220 Hp untuk motor dengan berat kering 159 kg," tulis Domenicali cuitnya melalui Twitter (16/5).

Baca Juga: Ducati Rilis Streetfighter V4 Secara Online, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Nardo Ring sendiri diketahui sebagai fasilitas pengujian yang dibangun oleh Fiat. Trek di wilayah Lecce (Italia) itu memiliki lintasan berbentuk elips, sepanjang 12,6 km. Ideal untuk menguji kecepatan tertinggi Superleggera V4. Rasanya inilah tahapan akhir sebelum akhirnya diproduksi massal.

Layak dipinang, meski banderolnya mencapai Rp 1,3 miliar? Kuda besi Bologna coba memikat dengan fasad nan garang. Satu daya tariknya jelas tertuju pada winglet yang menempel di kedua sisi fairing. Item inilah disebut mereka hasil adopsi ala tunggangan MotoGP, Ducati Desmosedici GP16. Fungsional karena diklaim mampu memberi efek downforce hingga 50 kg ketika Superleggera melaju 270 km/jam.

Ducati superleggera aero kit

Performa yang merupakan hasil keluaran dari mesin 998 cc V4. Tak sebesar Panigale V4 dengan modal jantung mekanik 1.103 cc. Namun, petarung WSBK itu hanya mampu mengeluarkan daya maksimal 211,1 Hp/13.000 rpm saja. Dengan begitu, Ducati Superleggera V4 layak disandingkan dengan Honda CBR1000RR-R Fireblade dengan kemampuan 217 Hp/14.500 rpm.

Jangan lupa bahwa Superleggera ini hanya berbobot 159 kg. Bandingkan dengan CBR1000RR-R Fireblade yang 201 kg. Lantaran keseluruhan body work menggunakan material serat karbon. tak hanya itu, bahan serupa juga digunakan ke sasis, swingarm hingga pelek. Menurut beberapa sumber, Ducati Superleggera V4 dijadwalkan masuk jalur produksi pekan depan. Sementara perkiraan pengirimannya kemungkinan berlangsung pada pertengahan Juli. Hanya saja calon pembeli mesti berebut. Pasalnya, motor ini cuma dibuat sebanyak 500 unit saja dengan kapasitas produksi harian 5 unit saja. Kita tunggu sepak terjangnya! (Ano/Odi)

 

Sumber: Ducati, Asphalt & Rubber

Baca Juga: Lego Rilis Model Ducati Panigale V4 R, Harganya Rp 1 jutaan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store