• Wishlist

MotoGP Virtual: Rossi dan Marquez Cetak Podium Pertama di Misano

MotoGP Virtual: Rossi dan Marquez Cetak Podium Pertama di Misano

Virtual Race MotoGP keempat kembali digelar (17/5). Tim Repsol Honda menorehkan pencapaian sempurna, setelah Alex Marquez berhasil menjadi juara lalu disusul Marc Marquez pada urutan kedua. Kendati begitu, balapan di Sirkuit Misano (Italia) kali itu juga membanggakan untuk seorang Valentino Rossi.

Rossi MotoGP Virtual

Pasalnya, di putaran inilah dia berhasil menorehkan podium pertamanya. Memulai balapan dari posisi kelima, rider Monster Energy Yamaha mungkin tak pasang target untuk menang. Mengingat pengisi grid di depan seperti Fabio Quartararo, Alex, Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales cukup ulung ketimbangnya. Terlebih bagi The Doctor inilah kali keduanya mengikuti balapan virtual tersebut. Sementara para rival, tak sekalipun absen dalam tiga putaran sebelumnya.

Nyatanya hal itu tak mengendurkan semangat Rossi untuk tetap berkompetisi. Ketidakhadirannya di putaran Jerez (Spanyol) lalu, mungkin dimanfaatkannya untuk mempelajari karakter game terbaru MotoGP20. Benar saja, Rossi melesat apik usai lampu hijau menyala. Kondisi krusial yaitu insiden pada tikungan pertama pun berhasil dilalui dengan mulus.

Ia mampu menjaga posisi di urutan keempat, tepat di belakang Quartararo, Marc lalu Alex Marquez. Sayang, di tikungan kedua Rossi kehilangan kontrol setelah beradu kontak dengan Alex. Alhasil, diapun merosot hingga ke urutan delapan. Namun keberuntungan didapat setelah beberapa pembalap di depannya terjatuh. Perlahan kedudukan Rossi membaik, utamanya setelah melakukan overtake terhadap Joan Mir untuk mengamankan posisi keempat.

Rossi berusaha kembali mengejar Alex. Namun harus diakui, adik kandung Marc Marquez itu tampil lebih baik dengan joystick-nya. Dia bahkan mampu melewati sang kakak yang sebelumnya menghuni posisi kedua. Alex malah berhasil mencuri posisi terdepan, setelah Quartararo terjatuh di lap 3.

Meski begitu, Quartararo dengan sigap kembali ke lintasan. Rider Petronas Yamaha SRT masih dapat menjaga asa untuk meraih kemenangan. Terbukti dalam 4 lap, dia mampu mengejar Alex. Sayang, memasuki lap 7 keduanya terlibat insiden dan memaksa mereka terjatuh. Alex lebih cepat mengaspal. Tapi, Marc sudah lebih dulu mencuri posisi terdepan. Peluang juara dunia MotoGP 2018 untuk menang terbuka lebar. Terlebih ia punya gap cukup jauh dengan Alex maupun Quartararo.

Marquez bersaudara juara MotoGP Virtual Misano

Namun, upaya Marc harus diuji langsung dengan sang adik. Berkat kepiawaiannya, Alex mampu memperpendek jarak dan mengancam kedudukan Marc hingga lap pamungkas. Marc melakukan kesalahan lantaran melebar di tikungan terakhir. Kondisi itu lantas dimanfaatkan Alex untuk mengambil sisi terdalam dan melesat paling pertama ke garis finis.

Pupus harapan sang kakak untuk meraih kemenangan. Ya, paling tidak inilah pencapaian terbaiknya selama melakoni empat kali balapan virtual - berhasil meraih podium pertama. Peluang serupa sebenarnya dimiliki Quartararo. Nahas, ia terjatuh di dua tikungan terakhir pada lap 9. Yang berarti Quartararo terpaksa pula menyerahkan podium ketiga itu kepada Rossi.

Rossi Menang MotoGP Virtual

Hasil yang menggembirakan bagi si rider gaek. "Saya senang dengan podium ini karena ini adalah hasil yang sangat penting untuk home grand prix saya. Pekan ini saya berlatih lebih banyak dan merasa bagus dengan game MotoGP20. Sayang sekali saya sempat melakukan kesalahan di lap pertama. Tapi di 3 lap terakhir saya melihat tiga pembalap terdepan. Saya coba menjaga ritme dengan baik, sampai melihat Fabio (Quartararo) membuat kesalahan di lap terakhir. Ini untuk tim dan fans saya," ucapnya sumrigah.

Gelaran Perdana MotoE

Ada sedikit perbedaan di virtual race kali ini. Selain kelas MotoGP, penyelenggara juga mengadakan balapan virtual untuk kategori motor listrik, MotoE. Dari Sembilan rider yang berpartisipasi, Matteo Ferrari (Trentino Gresini MotoE) berhasil menjadi pemenang. Di susul Eric Granado (Avintia Esponsorama Racing) dan Mattia Casadei (Ongetta SIC58 Squadra Corse), masing-masing menghuni podium kedua dan ketiga.

Laga tersebut menggantikan balapan kelas Moto3 dan Moto2 yang tidak dihelat akhir pekan lalu. Tak menutup kemungkinan ketegori itu atau bahkan virtual race ini bakal dilombakan lagi. Mengingat belum ada kepastian soal kelanjutan musim kompetisi 2020. Informasi terakhir, ada probabilitas dimulai Kembali pada pertengahan Juli nanti. Kita tunggu kabar selanjutnya! (Ano/Van)

Baca Juga: MotoGP Balapan Normal Juli Nanti