• Wishlist

MotoGP: Aplikasi Ini Digunakan Ducati untuk Dukung Performa

MotoGP: Aplikasi Ini Digunakan Ducati untuk Dukung Performa

Untuk mendukung performa balap, Ducati rangkul NetApp. Bahkan perusahaan berbasis IT ini menjadi sponsor resmi Tim MotoGP Ducati 2018 World Championship. Dukungan diawali di Losail International Circuit Qatar, dengan kemenangan yang diraih Andrea Dovizioso. Bukan cuma sekadar menyokong dana, namun NetApp, juga berkontribusi terhadap Ducati dalam hal meningkatkan akselerasi performa, stabilitas dan reliabilitas, apa maksudnya?



Singkatnya, NetApp mendorong transformasi digital dalam balap motor. Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan data cloud, yang menyederhanakan pengelolaan sistem. Begini korelasinya. Sejak 2002, Ducati bergabung di ajang MotoGP World Championship. Pabrikan Italia yang bermarkas di Bologna ini, mengembangkan sepeda motornya dan strategi balapan di setiap kesempatan. Namun, mereka sadar, butuh pendukung penyaluran dan akses data yang akurat.


Ducati menginginkan data motor terdistribusi dengan baik. Makanya mereka kerja bareng NetApp. Sebagai hasilnya, selama perlombaan, anggota Ducati Team bisa memiliki akses cepat. Tentunya untuk urusan data real-time dari sirkuit apapun di belahan dunia manapun.


“NetApp merupakan mitra yang penting bagi Ducati Team dalam proyek transformasi digital. Sebab, data menjadi inti dari strategi kami. Dengan NetApp, kami bisa memanfaatkan nilai data kami dan membuat keputusan penting. Itu berdasarkan big data yang berasal dari salah satu sistem IoT tercanggih: motor balap MotoGP. Setiap menit kompetisi memberikan informasi baru bagi kami untuk dapat mengoptimalisasi operasi. Dan bahkan berinovasi untuk mengembangkan performa motor,” jelas Luigi Dall’lgna, Ducati Corse General Manager dalam keterangan resmi.


Dalam kontrak kerja, maka Ducati mengandalkan NetApp Data Fabric untuk Ducati Team, selama partisipasinya dari kejuaran dunia MotoGP. Berlaku untuk 19 putaran di 15 negara dan 5 benua. Sebagai langkah lanjutan, Ducati memanfaatkan teknologi NetApp untuk memodernisasi infrastruktur TI dan perlindungan data. Kemudian memperdalam perlindungan dan keamanan data, sekaligus kesiapan untuk mematuhi General Data Protection Regulation (GDPR).


“Ducati dan NetApp sama-sama memiliki semangat yang kuat dalam inovasi. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Ducati. Dalam hal ini untuk mengakselerasi transformasi digital, meningkatkan performa dan memperdalam perlindungan serta keamanan nilai dari data untuk mereka,” imbuh Henri Richard, Executive Vice President of Worldwide Field and Customer Operations, NetApp.


Hingga balapan terakhir, di Sepang Malaysia, Ducati Team  MotoGP menempati posisi kedua klasemen musim 2018 lewat Andera Dovizioso. Pembalap kelahiran Forlimpopoli, Italy ini mampu mengamankan podium sebanyak tiga kali sepanjang musim. Total poin yang diraih sebanyak 220. Akhir pekan ini, balapan pamungkas di musim 2018, berlangsung di Valencia, Spanyol. Kita lihat saja performa Ducati. Meski, tahta juara dunia diraih Marc Marquez, dengan poin 321. (Alx/Van)


Baca Juga: Ford Mustang Elektrik Siap Dijual