MotoGP: Absen Karena Cedera, Lorenzo Digantikan Stefan Bradl

MotoGP: Absen Karena Cedera, Lorenzo Digantikan Stefan Bradl

Stefan Bradl kembali turun ke ajang MotoGP. Repsol Honda menunjuknya untuk menggantikan Jorge Lorenzo di MotoGP Jerman 2019, di Sirkuit Sachsenring, pada 7 Juli. Lorenzo absen pada dua balapan sekaligus, MotoGP Belanda dan MotoGP Jerman, karena cedera. Pembalap berjuluk X-Fuera itu, terjatuh keras pada latihan bebas pertama MotoGP Belanda, di Sirkuit Assen.

Lorenzo mengalami kecelakaan tunggal saat memasuki tikungan ketujuh dengan kecepatan 160 km/jam. Mantan rider Ducati itu, dikabarkan mengalami patah tulang T6 dan T8 (di antara tulang belikat). Akibatnya, ya itu tadi, absen balapan di Belanda dan tak bisa turun di MotoGP Jerman akhir pekan ini.

Bagi Bradl, ini bukan pertama kalinya turun bersama Honda. Dirinya pernah menjadi pembalap wild card di MotoGP Jerez musim ini. Saat itu, ia finish di peringkat 10. Padahal, ia start dari posisi 14, tepat di belakang Valentino Rossi.

Stefan Bradl adalah test rider untuk HRC (induk yang menaungi olahraga balap motor Honda) pada 2018. Di tahun itu juga, Bradl diberi kesempatan oleh Honda untuk mengaspal di seri Republik Ceko dan San Marino. Lanjut membalap di MotoGP Jerman di tahun yang sama untuk menggantikan Franco Morbidelli di tim Marc VDS. Serta seri Malaysia dan Valencia sebagai pengganti Cal Crutchlow di LCR Honda.

“Saya sangat senang bergabung dengan Repsol Honda Team di Jerman. Ini adalah balapan khusus bagi saya karena merupakan balapan di kandang sendiri. Tentunya saya sangat menyesal dengan kondisi yang tengah menimpa Lorenzo dan saya berharap pemulihannya cepat dan kembali kuat,” ujar Bradl, melansir dari laman Motorsport, Rabu (3/7).

Trek Sachsenring bukan lintasan yang asing bagi Bradl. Selain sebagai pembalap tuan rumah, ia juga pernah melahap lintasan sirkuit itu saat masih berlaga di ajang grand prix. Sedangkan raihan terbaiknya di Sachsenring, saat ia finish kedua pada ajang Moto2 di 2011.

“Mari kita lihat akhir pekan ini. Kami telah bekerja baik dengan Honda dan saya berterima kasih kepada mereka atas kesempatan ini. Kami berusaha menyelesaikan balapan sebaik mungkin,” katanya.

Sementara itu, pemuncak klasemen Marc Marquez tetap membidik kemenangan kelimanya musim ini, setelah Argentina, Jerez, Prancis dan Catalunya. "Kami (Repsol Honda) memiliki akhir pekan yang bagus di Assen dan saya termotivasi karena ini (Sachsenring) adalah salah satu sirkuit favorit saya," ujar pembalap bernomor 93 itu. (Bgx/Van)

Sumber foto: MotoGP dan Repsol Honda

Baca Juga: Vinales Akhiri Kemandulan Yamaha