• Wishlist

MotoGP: Vinales Bawa Yamaha Menang Telak, Ini Hasil Lengkapnya

Sirkuit Assen di Belanda (Dutch GP), jadi penanda kemenangan telak Yamaha dari Honda (30/6). Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) finish kesatu dengan selisih 4,8 detik dari Marc Marquez (Repsol Honda). Podium tiga diisi pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.



Kemenangan ini menandai pertama kalinya Yamaha menang di MotoGP musim 2019. Sekaligus, membatalkan puasa juara Yamaha dan dirinya sejak GP Australia di Phillip Island, tahun lalu. Bukan proses yang mudah bagi Vinales untuk mencapai hasil ini. Apalagi prosesi start dikuasai oleh Suzuki dengan Alex Rins dan Joan Mir memimpin.


Begitu RIns jatuh di lap ketiga, dan disusul kesalaha Mir, Quartararo membawa rombongan Vinales dan Marquez ke tiga terdepan. Sempat beberapa kali melakukan kesalahan, Marquez pun sukses mengisi pos kedua. Nahas, perjuangan Quartararo di posisi satu disulitkan oleh hilangnya kendali roda belakang. Motornya terus menerus bergoyang saat berakselerasi. Marc pun ambil alih pimpinan lomba.


Selanjutnya, gantian Marquez yang buat kesalahan di tikungan kesatu, dan membuat Quartararo kembali di depan. Sementara, Vinales terus menerus membayangi Marquez. Berkali-kali ia coba menyalip, dan berbuah hasil. Vinales masuk ke posisi dua. Lagi-lagi, ketika motor Quartararo bergoyang hebat, ia disalip. Dan kali ini, Vinales sukses jadi yang terdepan.


Meski sempat dibuntuti oleh Marquez, Yamaha YZR-M1 2019 bernomor 12 malah berhasil memperlebar jarak. Detik demi detik ia raih di tiap lapnya. Hingga akhirnya membuat Yamaha finish duluan dengan selisih waktu yang sangat jauh dari Honda. Sang pembalap muda asal Perancis, Quartararo berhasil menjinakkan motornya dan finish ketiga dengan jarak yang amat jauh dari Vinales (9,7 detik).


Seperti sudah disebut, Alex Rins dari Suzuki jatuh di lap ketiga. Ia adalah satu dari empat rider yang tak menyelesaikan balapan. Tiga lainnya adalah Johann Zarco (Red Bull KTM), Takaaki Nakagami (LCR Honda), Valentino Rossi (Monster Yamaha).


Poin penuh 25, bikin Vinales melesat empat posisi ke peringkat tujuh klasemen. Catatan kecil, Rossi lagi-lagi jatuh dan gagal finish. Ia stabil di posisi lima kejuaraan. Marc Marquez memang kalah. Namun ia masih tetap jadi pemimpin klasemen di musim 2019. 20 poin yang didapatnya membuat ia kokoh di posisi satu klasemen dengan total 160 poin. (Van)


Sumber : Motorsport, Crash Net


 Berikut hasil lengkap dan klasemen sementara MotoGP Musim 2019



Jelajahi Yamaha R1

Yamaha R1 Rp 605 Juta Cicilan : Rp 13,8 Juta

Bandingkan & Rekomendasi