Mahindra Ambil Alih Peugeot Motorcycles

Mahindra Ambil Alih Peugeot Motorcycles

Mahindra resmi mengakuisisi saham Peugeot Motorcycles (PMTC) secara penuh. Divisi skuter dari PSA Peugeot Citroën Group itu, kini jadi milik perusahaan otomotif asal India. Untuk bisa memiliki penuh perusahaan asal Prancis, pihak Mahindra menggelontorkan dana hingga 13 juta Poundsterling atau setara Rp 234 Miliar.

Motor Peugeot

Aksi ini kelanjutan dari langkah Mahindra Two Wheelers Europe, anak perusahaan Mahindra Group, yang mengakuisisi 51 persen saham PMTC dari PSA di 2015. Setelah pembelian, merek motor Peugeot tetap digunakan berdasarkan perjanjian lisensi perdagangan antara PMTC dan PSA Group. Ekspansi besar-besaran menjadi langkah Mahindra untuk memperluas pendapatan di pasar global.

Perihal investasi, pihak Mahindra menggelontorkan lagi dana segar 15 juta Poundsterling atau setara Rp 270 Miliar. Dengan mengambil kepemilikan penuh, perusahaan India bertujuan untuk menumbuhkan bisnis lebih lanjut di pasar inti, seperti G7 (di Eropa), serta berekspansi ke wilayah baru, termasuk beberapa pasar Asia.

Demi mempertegas kepemilikan, Mahindra menunjuk dewan direksi Peugeot Motorcycles yang terdiri dari lima anggota. Tiga anggota ditunjuk Mahindra dan sementara sisanya oleh Peugeot. Selain itu, tim desain Peugeot terus membantu dalam merancang dan pengembangan produk.

"Keputusan oleh pemegang saham, memastikan Peugeot Motocycles mendapat manfaat dari pemain otomotif global. Pastinya ini sangat signifikan dalam industri kendaraan roda dua. Kami di Peugeot tetap bertahan dengan komitmen, melalui pemanfaatan merek dan memperluas dukungan untuk inovasi desain serta teknologi," kata Jean-Philippe Imparato, Wakil Presiden Eksekutif Peugeot Brand.

Sejak investasi awal, Peugeot Motorcycles telah menunjukkan momentum positif. Peugeot Kissbe yang hanya berkubikasi 50cc, berhasil mencatatkan diri sebagai model paling laris dari merek ini di Eropa. Sedang skuter roda tiga unggulannya, Metropolis, mengalami peningkatan penjualan di beberapa daerah, terlebih di Cina. Peugeot Urban GT yang baru diluncurkan, diklaim sudah mencapai target penjualan yang dicanangkan.

Mahindra Peugeot

Perusahaan otomotif raksasa asal India saat ini tinggal berbenah, guna mengubah nasib divisi motor Peugeot menjadi sebuah bisnis yang sukses. Optimisme itu ditunjang pasar yang mulai kuat di Asia dan Eropa, dengan penjualan global tembus 5 juta unit di 2014. Di 2021, mereka juga berniat meluncurkan 7 motor baru.

Mahindra memang getol mencari perusahaan yang butuh sokongan dana, untuk kemudian diambil alih dan menjadi volume maker bagi dirinya. Sebelumnya, mereka juga pernah menanam investasi besar di SsangYong. Di 2010, Mahindra berinvestasi senilai USD 463 juta, atau setara Rp 5.8 triliun untuk mengambil alih mayoritas saham perusahaan asal Korea Selatan. (Bgx/Van)

Sumber : Carscoops

Baca Juga: Aston Martin Siapkan Motor Edisi Terbatas