Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Peugeot Motorcycle Hengkang, Yamaha R15 dan Operasi Patuh Jaya

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Peugeot Motorcycle Hengkang, Yamaha R15 dan Operasi Patuh Jaya

Resmi, Peugeot Motorcycles pamit dari pasar Indonesia. Cukup mengejutkan. Tanpa seremoni, motor merek asal Prancis tersebut menghentikan proses distribusi dan penjualannya di pasar Indonesia yang ternyata sejak Juni 2021 lalu. Informasi ini disampaikan langsung oleh pihak distributor resminya PT Stokeswood Motorcycle Ritelindo (SMR).

Yamaha India resmi meluncurkan generasi terbaru dari YZF R15 secara virtual pada hari ini Selasa (21/9). Ada 2 varian yang mereka tawarkan, pertama R15 V4 dan R15M. Berlabel all new pabrikan merevisi besar sektor tampilan dan menambah banyak fitur canggih. Hadirnya all new YZF R15 ini pun menjawab berbagai pertanyaan soal motor sport entry level tersebut. Ya, kini pabrikan terlihat serius menggarap pasar motor sport kubikasi 150 cc dan menjadikannya semakin bersaing dengan para kompetitor.

Guna meningkatkan kepatuhan dalam berkendara, Ditlantas Polda Metro Jaya (PMJ) resmi memberlakukan Operasi Patuh Jaya 2021. Operasi tersebut resmi berlaku hari ini Senin 20 September hingga Minggu 3 Oktober 2021. Nah perhatikan pelanggaran yang jadi perhatian.

Peugeot Django

Peugeot Motorcycles Tinggalkan Indonesia

Tanpa seremoni, motor merek asal Prancis, Peugeot menghentikan proses distribusi dan penjualannya di pasar Indonesia yang ternyata sejak Juni 2021 lalu. Informasi ini disampaikan langsung oleh pihak distributor resminya PT Stokeswood Motorcycle Ritelindo (SMR).

Ongki, pihak manajemen dari PT SMR mengatakan, keputusan ini diambil setelah melalui serangkaian pertimbangan yang menyeluruh dari berbagai rencana serta strategi bisnis yang memungkinkan di masa yang akan datang. "Betul sekali (setop berjualan), karena kami sudah mengakhiri kerja sama dengan pihak Peugeot Prancis. Semoga di lain kesempatan kami bisa hadir kembali," jelasnya kepada OTO.com, Kamis (23/9).

Sebelumnya merek dagang Peugeot motor pernah dipegang oleh Garansindo Inter Global sejak awal 2015 lalu. Di 2017 entitasnya berubah dan dipegang oleh Stokeswood Group. Selepas masa berakhir penjualannya di Indonesia tak diketahui berapa jumlah motor yang berhasil dijual. Merek motor ini secara posisi memang hadir sebagai kendaraan hobi yang keberadaannya menjadi rival dari merek Piaggio dan Vespa. Namun keberadaan motor ini memang cukup sulit ditemui di jalanan, berbeda dengan merek Vespa yang boleh dibilang masih bisa dilihat wujudnya.

Diketahui Peugeot Motorcycle Indonesia menawarkan beberapa produk andalannya di pasar domestik. Mulai dari Django 150, skutik roda tiga Metropolis dan Peugeot Speedfight. Paling terbaru, mereka menghadirkan tampilan anyar dari Django pada 18 Oktober 2019 silam. Lalu bagaimana dengan pengguna Peugeot saat ini? Mereka masih bisa melakukan perawatan. Baca lengkapnya di sini.

Yamaha R15 dan R15M baru

Yamaha R15M dan R15 V4

Yamaha India resmi meluncurkan generasi terbaru dari YZF R15 secara virtual pada hari ini Selasa (21/9). Ada 2 varian yang mereka tawarkan, pertama R15 V4 dan R15M. Berlabel all new pabrikan merevisi besar sektor tampilan dan menambah banyak fitur canggih. Hadirnya all new YZF R15 ini pun menjawab berbagai pertanyaan soal motor sport entry level tersebut. Ya, kini pabrikan terlihat serius menggarap pasar motor sport kubikasi 150 cc dan menjadikannya semakin bersaing dengan para kompetitor.

Tak salah jika menyebut R15 terbaru punya tampilan moge yang kental. Dari depan misalnya, desain fascia dirancang ulang dengan apron yang menampilkan lampu utama LED proyektor di balik lubang tengah bodi. Yamaha menyebutnya dengan M Duct yang terinspirasi dari desain M1 di MotoGP.

Ada beberapa desain baru seperti lampu DRL, suspensi upside down, knalpot dengan desain baru, plus ragam fitur. Yamaha YZF R15 terbaru memiliki banyak teknologi canggih yang diadopsi dari motor kubikasi mesin besar. Pertama adalah Quick Shifter, Dengan peranti ini, pengendara tak perlu repot menekan tuas kopling untuk memindahkan gigi.

Rangka berjenis delta-box pada YZF R15 menggendong mesin 155 cc, SOHC, 4 katup, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Dari data yang dilampirkan website resmi Yamaha India, motor ini memiliki tenaga maksimal 13,5 kW atau setara 18,1 daya kuda pada putaran mesin 10 ribu rpm dan torsi puncak 14,2 Nm di 7.500 rpm.

Lalu apa perbedaan antara R15M dengan R15 V4? Bagaimana pula peluangnya untuk masuk Indonesia? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Razia

Operasi Patuh Jaya 2021

Guna meningkatkan kepatuhan dalam berkendara, Ditlantas Polda Metro Jaya (PMJ) resmi memberlakukan Operasi Patuh Jaya 2021. Operasi tersebut resmi berlaku hari ini Senin 20 September hingga Minggu 3 Oktober 2021. Namun karena digelar di masa pandemi COVID-19, pelaksanaan operasi kali ini akan berbeda dari sebelumnya. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, selama berjalannya operasi petugas di lapangan tidak mengadakan razia. Hal ini ditempuh untuk menghindari kerumunan yang bisa saja menularkan virus corona.

Tujuan dari Operasi Patuh Jaya 2021 adalah menegakan 3 hal. Pertama adalah meningkatkan disiplin masyarakat soal protokol kesehatan, kedua meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dan mencegah penyebaran COVID-19 serta mewujudkan Kamseltibcar.

Terkait fokus pelanggaran lalu lintas, menurut Sambodo di tahun ini Operasi Patuh Jaya wilayah Jakarta akan menyasar para pengguna knalpot racing atau bising, penggunaan rotator dan sirine, dan para pengendara yang melakukan balap liar (mobil dan motor). "Itu adalah fokus atau target khusus. Pelanggaran yang lain juga akan ditertibkan," katanya.

Mengacu Operasi Patuh Jaya sebelumnya, pihak kepolisian menyasar para pengendara yang melakukan pelanggaran berupa penggunaan pelat nomor palsu, melawan arus, tidak menggunakan helm bagi pemotor, tidak menggunakan sabuk keselamatan untuk pengendara mobil, menggunakan smartphone saat berkendara, dan beberapa pelanggaran yang lainnya. Baca lengkapnya di sini.

 

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor