• Wishlist

Lengkapi Line Up Big bike, Honda Rilis CRF1100L Africa Twin

Lengkapi Line Up Big bike, Honda Rilis CRF1100L Africa Twin

Melengkapi line up Big Bike, PT Astra Honda Motor resmi merilis CRF1100L Africa Twin Adventure Sports, motor tualang dengan kemampuan jelajah impresif. Seremoni yang diramaikan Marc Marquez ini juga berbarengan dengan peluncuran saudaranya, Rebel teranyar. Africa Twin termewah ini tawarkan desain, teknis, hingga beberapa perangkat fitur baru. Honda sediakan dengan satu corak yang ditajuk Tricolor (kombinasi merah-putih-biru). Sementara harga jualnya mulai Rp 559,9 juta untuk tipe standar dan tipe DCT senilai Rp 599,9 juta OTR Jakarta.

Honda CRF1100L Africa Twin meluncur

Salah satu diferensiasi pada tipe DCT, hadirnya dua mode gigi. Pada mode D, menawarkan karakter laju seimbang antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara. Sementara mode S, memberikan tambahan performa sport alias lebih tajam. Ada pun ”G switch” untuk fluktuasi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road. Saat fitur ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut. Tipe DCT juga telah dilengkapi fitur cornering detect. Fitur ini berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan.

Baca Juga: Mulai Rp 10 jutaan, Ini Opsi Motor Trail 150 cc Bekas Untuk Bahan Modifikasi

"Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir untuk memberikan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan dalam menaklukan tantangan di berbagai medan dengan daya jelajah yang jauh," tutur Toshiyuki Inuma President Director AHM dalam seremoni peluncuran di Hotel Shangri-La, Jakarta Selatan, hari ini (4/2).

Yang juga jadi poin utama ialah mesin baru 1.084 cc 4 stroke SOHC berkonfigurasi parallel twin-cylinder. Racikan itu diklaim tangguh pada seluruh rentang putaran. Dalam catatan pabrik, ia mengail tenaga maksimal 75 kW/7500 rpm dan torsi puncak 105 Nm/6000 rpm. Dengan reduksi bobot 5 kg dari model sebelumnya, mestinya bisa membuat Africa Twin semakin lincah dalam bertualang di medan on-road maupun off-road.

Diperkuat pula dengan fitur yang lengkap dan canggih. Sensor Inertial Measurement Unit (IMU), misalnya, berfungsi mendeteksi posisi sepeda motor dalam enam poros dan dapat terhubung pada fitur lain seperti ECU dan ABS. Sehingga dapat menyesuaikan kondisi medan yang dihadapi. Motor ini juga memiliki 4+2 riding mode, menyesuaikan karakter laju. Seperti mode tour, urban, gravel dan off-road. Sementara itu, untuk dua mode tambahan bisa dipersonalisasi sendiri oleh penunggangnya.

Paras Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

Honda Selectable Torque Control (HSTC) tentu sudah ada di motor tualang ini. Berpadu dengan sensor cornering ABS, yang berfungsi mencegah ban terkunci kala mengerem keras di sudut kemiringan tertentu. Ditambah lagi rear lift control , yang menjaga ban belakang terangkat karena pengereman yang berlebih. Tak lupa, wheelie control untuk pencegahan ban depan terangkat akibat entakan tenaga besar.

Pada panel instrumen, tertera layar TFT dengan dimensi 6,5 inci, untuk mempresentasikan informasi seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara. Selain itu fitur ini juga didukung oleh Apple Car Play dan koneksi bluetooth. Tersematnya fitur cruise control pada model ini turut memberikan rasa nyaman bagi pengendara saat menikmati perjalanan.

"Kami selalu berupaya menawarkan pilihan terbaik di setiap segmen. Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir bagi pecinta motor adventure kelas atas yang menginginkan sepeda motor adventure yang tangguh, canggih dan dapat menjelajah dengan jarak yang jauh. Sebelas Honda Big Wing kami pun siap memberikan layanan premium," tambah Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM. (Hlm/Tom)

Baca Juga: Honda Rebel 2020 Meluncur di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya