Yamaha XSR300 dan Tracer 300 Rilis Tahun Depan?

Yamaha XSR300 dan Tracer 300 Rilis Tahun Depan?

Desas-desus soal Yamaha tengah mempersiapkan tambahan line up 300 cc semakin kuat. Sejak kemunculan MT-03 di Eropa, semua jadi tampak masuk akal. Basis itu memungkinkan dicangkok ke jenis lain semacam XSR serta Tracer. Dikatakan juga, tahun depan menjadi waktu perilisan bagi kedua motor ini.

Bukan tanpa alasan, kemunculan Yamaha XSR155 beberapa waktu lalu berhasil menyedot perhatian besar. Ia populer secara instan di Thailand. Berkat desain modern-retro yang mudah disukai banyak orang. Dan tak mungkin disia-siakan dalam satu pilihan saja bukan?

Segmen motor menengah pun kini sedang panas-panasnya. Hampir semua pabrikan menyiapkan roda dua bermesin 300-500 cc. Demi merangsang kembali perniagaan, mengingat nilai jualnya masih dapat diakses banyak orang. Tak semahal motor ukuran ekstra.

Yamaha XSR155

Kabarnya, tampilan motor pun dikemas jauh lebih maskulin ketimbang varian 155 cc. Penampilan XSR300 dikatakan menyerupai kakaknya, XSR700. Dalam artian memiliki dimensi besar dan berotot. Bisa jadi, warna kuning dan putih-merah khasnya diterapkan juga. Tak lupa fork upside-down superbesar di depan.

Baca Juga: Yamaha Luncurkan XMax 300 Roma Edition, Hanya 130 Unit

Soal basis dapur pacu, milik MT-03 rasanya lebih dari cukup untuk memberi tenaga ke XSR baru. Mesin dua silinder 321 cc DOHC empat katup mencatat output 41,4 Hp/10.750 rpm dan torsi 29,6 Nm/9.000 rpm. Namun tak semata-mata sama. XSR dikabarkan memiliki torsi lebih besar, sekaligus impresi tenaga diperhalus.

Begitu juga Tracer. Bedanya belum ada versi kecil dari sosok petualang satu ini. Kemungkinan bentuknya tak jauh beda dengan seri 700 cc: Tinggi, serba lancip, namun secara bersamaan tubuhnya ramping. Soal teknologi yang diterapkan kurang lebih sama seperti XSR300. Yakni berbekal assist dan slipper clutch, pencahayaan LED, panel meter digital, serta lengan ayun aluminium.

Yamaha Tracer 700

Bagaimana dengan Indonesia?

Lain negara, lain aturan. Seperti kita tahu, motor di atas 300 cc memiliki kebijakan pajak berbeda di Tanah Air. Masuk kategori moge. Dan perlu pertimbangan akurat untuk menyajikannya, lantaran bakal berpengaruh terhadap harga jual di kemudian hari.

Paling memungkinkan – jika benar masuk daftar tunggu Yamaha Indonesia - nantinya dua motor ini tak meminjam basis MT-03. Melainkan MT-25, naked bike yang sudah eksis lebih dulu.

Mesin dua silinder 250 cc DOHC masih cukup dan masuk akal dipindahkan ke XSR. Tercatat daya 35,5 Hp/12.000 rpm serta torsi 23,6 Nm/10.000 rpm. Fitur-fiturnya juga lengkap. Dan paling penting, nilai jual motor ini masih di kisaran Rp 50 jutaan. Yang berarti tak akan jauh dari sini bukan? (Hlm/Odi)

Sumber: Greatbiker

Baca Juga: Kawasaki Perlu Waspada, Yamaha Kian Serius Kembangkan Teknologi Turbocharger

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store