Jokowi Rayakan Rekor Ekspor Yamaha di Pabrik Pulo Gadung

Jokowi Rayakan Rekor Ekspor Yamaha di Pabrik Pulo Gadung
Gambar
Review Pengguna

Ekspor motor Yamaha melonjak drastis di 2018 dirayakan di pabrik global PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulo Gadung. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pun hadir mengapresiasi dikirimnya motor ke 1,5 juta unit untuk pasar dunia.

Jokowi Rayakan Rekor Ekspor Yamaha

“Ini adalah industri yang ingin kita kembangkan. Sepeda motor, lokal kontennya sangat tinggi, 94 persen, orientasinya ekspor. Investasi-investasi seperti ini yang akan kita dorong dan kita kembangkan,” jelas Presiden seperti dirilis Sekretariat Negara, hari ini (3/12).

Jokowi mengaku senang mendengar fakta bahwa pada 2014, ekspor Yamaha Indonesia baru 23 ribu motor. Dalam tempo relatif singkat, sudah mencapai 338.000 unit, dengan kandungan lokal atau local content yang mencapai 93-94 persen. Angka ratusan ribu itu naik 14,7 kali lipat dibanding dengan tahun 2014. Kinerja ekspor tersebut secara signifikan memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar USD 813,6 juta atau setara Rp 11,8 triliun.

Pencapaian ini direalisasikan melalui ekspor sepeda motor jenis XMax, NMax, Lexi, Aerox, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan model lain. Tujun ekspornya pun tak sedikit, meransek ke 45 negara di 5 benua seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis, dan negara-negara di Asia, Afrika serta Australia. Hal ini sekaligus menjadi bukti pengakuan dunia atas kualitas sepeda motor produksi Indonesia.

“Saya melihat bahwa Yamaha sudah menjadi kawan lama di dunia usaha di Indonesia. Sudah sejak 1974, artinya sudah 44 tahun, seperti ini harus dihargai dan diberikan apresiasi,” ujar orang nomor satu di Tanah Air itu.

Dirinya pun mendorong Yamaha agar turut meningkatkan tingkat ekspor sambil meningkatkan penjualan lokal agar bisa mengakomodir kebutuhan seluruh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. “Nanti 5 tahun lagi komposisi itu dibalik, karena ini sudah menguasai, 45 negara,” pinta Jokowi.

Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan. Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standar kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor untuk masa yang akan datang. Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global. Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia” jelas Minoru Morimoto, President Director & CEO PT YIMM dalam siaran persnya.

Jokowi Rayakan Rekor Ekspor Yamaha

Saat ini PT YIMM secara khusus dipercaya oleh prinsipal Yamaha Motor Corporation (YMC) untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar global. Melalui kerja nyata anak bangsa, YIMM bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam grup berlambang garputala juga terbesar di Industri Sepeda Motor Indonesia. (Van)

Baca Juga: Honda Brio Rakitan Karawang Jelajah Pasar Ekspor

Jelajahi Yamaha XMax

Yamaha XMax Rp 61,48 Juta Cicilan : Rp 1,4 Juta

Bandingkan & Rekomendasi