Jadwal MotoGP Teruel, Rossi masih Absen

Jadwal MotoGP Teruel, Rossi masih Absen

MotoGP Teruel dihelat akhir pekan ini (25/10). Sama seperti putaran sebelumnya, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) masih absen pada helatan kedua di Sirkuit Motorland Aragon nanti. Pihak tim pun sudah memutuskan tak menempatkan pembalap pengganti untuk mendampingi Maverick Vinales.

Padahal, bisa saja tempat Rossi digantikan test rider mereka yaitu Jorge Lorenzo. Toh, bukan waktu yang sebentar ia membalap bersama Yamaha M1. Tapi, minimnya jam terbang pascapensiun, sepertinya menjadi pertimbangan besar piham Garpu Tala. Dengan kata lain, untuk apa ikut balapan jika tidak kompetitif. Kita pun tahu, semenjak ditetapkan sebagai pembalap penguji, baru sekali Lorenzo menunggangi motor versi 2020 - di tes pramusim Sepang. Sebenarnya ada lagi momen dia melajukannya di Portugal, hanya saja berstatus kuda besi lawas (Yamaha M1 2019).

Rossi absen balap karena Covid-19

Tim Monster Energy Yamaha sendiri sudah memastikan ihwal ketidakhadiran sang pembalap di MotoGP Teruel. "Rossi masih dalam proses pemulihan dari infeksi COVID-19 dan akan absen di Gran Premio de Teruel. Yamaha Motor Co., Ltd. dan Monster Energy Yamaha MotoGP sudah mengumumkan pada 18 Oktober lalu, bahwa tidak akan memasukkan pebalap pengganti untuk menggantikan Rossi di GP akhir pekan ini," tulis situs resmi tim (21/10).

Baca juga: Klasemen Sementara MotoGP 2020, Suzuki Rebut Pimpinan Setelah Dua Dekade

Mengenai absen di dua laga ini, sebenarnya sudah diprediksi Rossi. Namun, ada rumor baru yang berembus tentangnya. Marca menyebut The Doctor sempat terbang menggunakan jet pribadi ke Prancis. Dengan tujuan menghadiri pesta tertutup kekasihnya, Sofia Novello. Dua hari berselang, Rossi dinyatakan positif corona virus.

Situasi ini yang kemudian ditanggapi oleh Pol Espargaro (KTM Racing). Ia bahkan berkomentar cukup pedas lantaran Rossi tak menjalankan protokol kesehatan. "Setiap orang seharusnya memiliki tanggung jawab pribadi untuk mengetahui risiko yang ada. Mereka yang ingin balapan tidak bisa pergi ke pesta ulang tahun atau pesta pribadi. Valentino membayar banyak karena keluar dari dua balapan" terang Pol.

Vinales

Dengan begitu, kembali Yamaha hanya mengandalkan jasa Vinales seorang di seri 11 nanti. Sang joki sendiri memang gagal mendulang podium, walau sudah start di grid kedua. Meski begitu, rencana pembalap Spanyol tampak lugas demi mencetak kemenangan pertama di Aragon. "Saya puas dengan bagaimana kami memulai dan menyelesaikan balapan pekan lalu. Sekarang kami harus bekerja untuk pertengahan lomba. Kami akan mencoba lagi akhir pekan ini dan meningkatkan poin terkuat motor kami," kata Vinales.

"Saya pun akan kembali berkonsentrasi pada gaya berkendara - itulah rencana kami. Seperti minggu lalu, kami ingin memulai dari barisan depan, membuat awal yang baik, baru kita lihat setelahnya. Kami menjaga semangat untuk tetap tinggi. Ini trek yang bagus untuk saya juga di Valencia serta Portimao. Sebagai awalan kami akan mencoba memahami apa yang perlu kami lakukan untuk menang di sini," sahutnya.

Duet Suzuki

Aksi yang jua layak dinanti tentu ditujukan kepada Joan Mir (Suzuki Ecstar). Di MotoGP Aragon lalu, ia berhasil menduduki pucuk klasemen. Tidak sendirian, sukses besar Suzuki pun didapat berkat kemenangan Alex Rins. Namun, tak menutup kemungkinan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dapat membalikkan keadaan. Kegagalan akibat kesalahan teknis dan lainnya, semestinya terkoreksi pada putaran ini. Termasuk pula mewaspadai pergerakan Alex Marquez (Repsol Honda) yang tampil mengejutkan kali itu. Keseluruhan persiapan serta aksi mereka bisa Anda simak langsung mulai dari latihan bebas, kualifikasi dan balapan. (Ano/Tom)

Jadwal lengkap MotoGP Teruel:

Jum'at (23/10)

-FP1: 15.55 - 16.40 WIB

-FP2: 19.30 - 20.15 WIB

Sabtu (24/10)

-FP3: 15.55 - 16.40 WIB

-FP4: 19.10 - 19.40 WIB

-Q1: 19.50 - 20.05 WIB

-Q2: 20.15 - 20.30 WIB

Minggu (25/10)

-Race: 18.00 WIB

Sumber: Monster Energy Yamaha, Marca

Baca juga: Unik, Legenda Yamaha justru Jagokan Mir Menjadi Juara Dunia MotoGP

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store