Jadwal MotoGP Catalunya, Pengumuman Rossi Hingga Kedatangan Marquez

Jadwal MotoGP Catalunya, Pengumuman Rossi Hingga Kedatangan Marquez

Putaran kedelapan MotoGP 2020 berlangsung di Catalunya (Spanyol) akhir pekan ini. Andrea Dovizioso (Mission WinnoW Ducati) untuk sementara, menempati puncak klasemen. Namun, selisihnya dengan penghuni kedua maupun ketiga (Maverick Vinales dan Fabio Quartararo) hanyalah satu poin. Mampukah kedua penunggang Yamaha M1 menggusur joki pabrikan Ducati?

Kondisi yang mungkin saja terjadi. Selain cuma berselisih tipis, para rival Dovi ini pun berpeluang menuai hasil positif pasca putaran Misano. Sebut saja Quartararo. Setelah gagal naik podium, dirinya pastilah berusaha keras tampil maksimal di MotoGP Catalunya. Terlebih pembalap Prancis punya bakal catatan positif di lintasan 4,6 km. Tahun lalu, dia mampu menghuni pole position, lalu finis di urutan kedua - podium pertamanya di kancah MotoGP.

Quartararo

Sudah memperlihatkannya sejak latihan pembuka hari ini (25/9). Di free practice 1 (FP1), pembalap Petronas Yamaha SRT tampil sebagai yang tercepat (1 menit 40,431 detik). Namun, Dovi pun tampaknya langsung tancap gas lantaran menempati posisi kedua di sesi ini. Demikian halnya Joan Mir (Suzuki Ecstar). Salah satu nama baru dalam percaturan juara dunia MotoGP, berada di urutan ketiga pencatat lap time tercepat. Disusul oleh Vinales ditempat keempat.

Baca juga: MotoGP: Francesco Bagnaia Gagal Finish Karena Tear-off?

Meski begitu, ini barulah permulaan. Vinales sendiri bersikeras tampil maksimal di laga kandang kali ini. "Kerja keras di Misano terbayar dan perasaannya luar biasa. Kami menikmati kemenangan itu sampai beberapa hari lalu, dan membuat kami bersemangat mengahadapi seri berikutnya. Montmelo adalah home race, saya senang balapan di sini. Tahun lalu kami tiak dapat menunjukkan potensi kami sepenuhnya. Tapi, kali ini saya akan berusaha keras untuk mendapatkan podium. Sekarang kami bekerja dengan cara yang benar, saya pikir kami dapat berkembang dan memberikan upaya maksimal di putaran selanjutnya. Terutama karena kejuaraan ini sangat dekat. Saat ini, saya ada di tempat kedua klasemen dan hanya terpaut satu poin dari pimpinan. Kami harus berbuat lebih untuk peluang ini," kata Vinales.

Vinales

Sementara itu, rekan setimnya yakni Valentino Rossi ada di tempat kedelapan. Di FP1 tadi dirinya sempat ada di urutan empat besar. Sayang kedudukannya tergeser oleh pembalap lain. Rossi maupun tim serta pendukung, tentulah berharap sang rider bisa kembali menapaki podium di negeri Matador. Namun ada hal lain yang jua tak kalah menarik tentang The Doctor. Apalagi kalau bukan perihal kebersamaanya dengan Petronas Yamaha SRT. Kesepakatan tersebut dikatakan sudah terjadi seraya helatan MotoGP di Misano lalu. Hanya saja jelang MotoGP Catalunya ini, belum ada pengumuman resmi dari tim barunya tersebut.

"Diantara balapan di Misano, kami sudah menyelesaikan semuanya. Kontraknya cukup panjang. Ada beberapa hal yang harus dipastikan dan kami tidaklah terburu-buru karena sudah ada kesepakatan. Saya pikir akan menandatangani kontraknya dalam pekan ini. Saya sangat senang bisa lanjut tahun depan bersama Yamaha dan Petronas. Situasinya jelas, saya akan balapan dengan Petronas," ucap Rossi mengutip dari Crashnet.

Tak hanya Rossi. Berita seputar perkembangan pemulihan Marc Marquez (Repsol Honda) turut pula menjadi buah bibir. Apalagi setelah pihak Honda Racing Corporation (HRC) merilis video wawancaranya bersama sang juara dunia MotoGP. Sedikit banyak, Marquez bercerita seputar ragam kegiatan yang dilakukan selama absen balapan. Mulai dari aktivitas physio theraphy, gym, lari hingga bersepeda. Dia pun berucap akan datang ke Sirkuit Catalunya. Tentu bukan untuk balapan. Sekadar melepas kerinduannya bersama Honda RC213V-nya. Belum ada putusan kapan The Baby Alien kembali mengaspal, walau dia berkeinginan ikut serta pada laga penutup di Portugal. Sementara itu, tampaknya kuda besi Marquez masih akan ditunggangi oleh Stefan Bradl.

Marquez

Pasca latihan pertama dan kedua hari ini. Sesi selanjutnya yakni FP3, FP4 dan kualifikasi akan berlangsung besok (26/7). Untuk kemudian diteruskan ke sesi puncak atau balapan di hari Minggu (27/9). (Ano/Tom)

Berikut jadwal lengkap MotoGP Catalunya:

Jum'at:

FP1: 14.55 - 15.40 WIB

FP2: 19.10 - 19.55 WIB

Sabtu:

FP3: 14.55 - 15.40 WIB

FP4: 18.30 - 19.00 WIB

Q1: 19.10 - 19.25 WIB

Q2: 19.35 - 19.50 WIB

Minggu:

Warm up: 15.40 - 16.00 WIB

Race: 20.00 WIB

Sumber: Crashnet, Autosport, GPOne

Baca juga: MotoGP: Zarco Lepas Kursi Pabrikan untuk Bagnaia?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store