• Wishlist

Inikah Harga Yamaha NMax Connected?

Inikah Harga Yamaha NMax Connected?

Awal Januari lalu, Yamaha Indonesia mengumumkan harga All New Yamaha NMax. Namun, nominal itu baru mencakup versi standard. Sementara varian ABS yang mendapat imbuhan Connected belum diungkap. Mungkinkah ia menjadi lebih mahal dari model terdahulu?


Naiknya banderol varian tertinggi didasari dua faktor. Pertama varian standard yang harganya meningkat sekitar Rp 1 jutaan dari generasi sebelumnya. Ini berkat ubahan menyeluruh meliputi desain, rangka hingga mesin. Kedua yaitu penyematan teknologi terkini dan canggih. Tak cuma satu, tapi ada banyak. Dan mereka mampu mendukung kebutuhan pengendara. Adapun harga jual NMax ABS (model lama) di angka Rp 32,015 juta.


Harga Yamaha NMax 2020


Karena spesifikasinya sudah diungkap sejak akhir tahun lalu, cukup mudah membayangkan berapa harganya. Mari mulai dari smart key system, yang mengeliminasi anak kunci tradisional. Pengendara tak lagi butuh kunci besi untuk menyalakan dan mematikan mesin, cukup putar kenop saja. Makin menarik, remote yang menggantikan anak kunci dilengkapi immobilizer dan answer back system. Nilai fitur ini tentu cukup tinggi.


Baca juga: Ini Cicilan Yamaha NMax 2020 


Selanjutnya ada Stop & Start System (SSS). Menjadi jawaban untuk peningkatan efisiensi bahan bakar, ia sebenarnya bukan teknologi baru. Fungsinya mematikan mesin ketika dalam kondisi idle. Jantung mekanis akan menyala kembali sesaat tuas akselerasi diperas. Biasanya paling sering terjadi saat menunggu lampu merah. Fitur peningkat efisiensi ini tentu juga punya value yang perlu dihargai.


Ketiga adalah Traction Control System (TCS). Sesuai namanya, ia bertujuan mengatur traksi, sehingga motor menjadi lebih stabil alias terhindar dari risiko ban selip. Hadirnya fitur ini saja, sudah membuat NMax ABS Connected/ABS meninggalkan semua lawannya.


Terakhir, adanya konektivitas gawai. Melalui koneksi Communication Control Unit (CCU), informasi seputar motor dapat diketahui lewat smartphone. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Y-Connect. Informasi yang dijabarkan lengkap, mulai dari pengingat servis, peringatan permasalahan teknis dan mencari lokasi motor. Lantaran terhubung ke ponsel pintar, panel meter NMax pun bisa menampilkan panggilan telepon, pesan dan email yang masuk. Ya, inilah inovasi tercanggih dari Yamaha. Bahkan belum pernah ada motor sekelasnya, atau bahkan motor di bawah Rp 100 juta yang punya.


Sangat lumrah juga jika NMax tercanggih mendapat banderol setara kompetitor lainnya yang terbaru, yakni Honda ADV 150-ABS senilai Rp 37 jutaan. Skuter ini mendisrupsi desain motor perkotaan dengan tampang adventure dan ragam fitur penunjang. Jika ditetapkan segitu, berarti harganya bakal naik Rp 5 jutaan. Wajar mengingat fitur NMax yang lebih tinggi, dengan konektivitas smartphone dan TCS. Yamaha tentu butuh strategi khusus untuk mensosialisasikannya. Namun dalam batas ini, kami rasa NMax Connected/ABS tetap bisa berkompetisi, soalnya sudah ada benchmark dari ADV150 ABS.


Prediksi kedua, nilainya akan bertahan pada level yang sama. Merunut pesaing terdekatnya, Honda PCX 150-ABS, bakal sangat menarik jika Yamaha menetapkan tak jauh darinya. Katakan Rp 33 jutaan. Dengan penambahan fitur yang tidak murah dan segudang pembaruan di berbagai sektor, tentu pemegang merek bakalan bekerja keras menekan harga cukup ekstrem demi menjadikan NMax Connected sangat kompetitif.


Lantas, bagaimana dengan harapan Anda sebagai konsumen? Silahkan Anda beri komentar. Kembali lagi, semua prediksi ini hanyalah pembacaan objektif kami semata. Harga aslinya, harus menunggu penyingkapan tabir, yang hingga sekarang masih belum jelas. Bisa saja, diumumkan pada event meet and greet dengan pembalap Yamaha Monster Energy MotoGP team 2020. (Hfd/Ano)


Baca juga: Sederet Hal Baru dari Yamaha NMax 2020

Bandingkan & Rekomendasi