• Wishlist

Sederet Hal Baru Yamaha NMax 2020, Sektor Mana Saja yang Berubah?

All New Yamaha NMax datang dengan sederet ubahan. Dari segi tampilan saja, dia kini makin bersolek. Belum lagi terapan anyar yang menjalar di sekujur tubuh. Sebutlah soal fitur. Kami rasa, inilah yang melejitkan namanya di jajaran maxi scooter 150-155 cc sekarang ini. Tentu tak cuma itu, mengingat masih banyak lagi kebaruan dari NMax 2020.


Desain



Secara konsep masih sama, menawarkan kenyamanan berkendara dan performa. Namun, pada peluncurannya Senin (2/12) lalu, Yamaha Indonesia memaparkan ragam hal baru NMax 2020. Dimulai dari tampilan. Jangan bilang tak ada ubahan dari sisi ini. Tampang Nmax sekarang makin ramping dan bentukan garis wajah yang lebih kalem. Walau begitu, dia memiliki winshield lebih besar dari pendahulunya. Sementara lampu utama, justru terlihat agresif. Penerangan berjenis LED itu disemati list yang terpisah menjadi dua bagian, atas-bawah.


Ubahan paling signifikan tertuju pada lampu sein. Memang, masih bohlam. Tapi, posisinya sudah dipindah. Sekarang ada di bawah, seperti kepunyaan Yamaha XMax. Pun begitu tampilan di balik kemudi. Panel meter NMax terlihat lebar, dipengaruhi oleh desainnya yang baru. Masih dari sisi serupa atau lebih tepatnya di bawah stang, ada dua buah konsol. Boks sebelah kiri dilengkapi power outlet. Sementara yang baru ada di kanan. Konsol tertutup itu bisa dimanfaatkan untuk menaruh sarung tangan maupun smartphone.


Lalu bagian tangki bensin, kini sudah dipasangi cover. Menjadi solusi untuk menghindari bagian tutup yang rawan karat. Beralih ke buritan, desain stop lamp skutik 155 cc ini terpisah menjadi dua bagian. Untuk lampu rem juga sudah LED, walau lampu sein-nya masih bohlam. Hal baru juga tersaji pada spatbor belakang. Bentuknya lebih sporty, bahkan sudah dihiasi mata kucing. Unik, lantaran letaknya berada di bagian samping. Tapi, kalau di negara lain, sematan itu merupakan hal wajib. Ya, sekaligus menegaskan bahwa Nmax 2020 bakal berlanglang buana. Sama seperti generasi Nmax sebelumnya.


Mesin dan Rangka Baru


Yamaha NMax 2020


Urusan jantung mekanis, NMax makin meninggalkan kompetitor. Konfigurasi mesin dengan usungan 4 klep, jelas menjadi jawaban pemburu performa. Ditambah lagi dapur pacunya itu, disokong teknologi Blue Core dan VVA (variable valve actuation). Namun hal itu tak menjadikan mereka berhenti berinovasi. Pasalnya, mesin NMax baru diracik ulang dengan mengandalkan perangkat anyar. Mulai dari cylinder head dengan katup intake yang besar, plus memakai piston kepunyaan Yamaha R15. Sementara untuk ruang bakar didesain lebih kompak.


Jelas tenaga NMax 2020 terdongkrak menjadi 15,1 Hp, sebelumnya 14,8 Hp. Capaian ini juga terjadi berkat adanya ubahan pada rasio kompresi, dari 10.5:1 menjadi 11.6:1. Di sini terlihat jelas, fokus Yamaha memaksimalkan kemampuannya di putaran atas. Berbanding terbalik dengan torsi yang justru lebih rendah. Jika sebelumnya kemampuan meraung di putaran bawahnya mencapai 14,4 Nm, sekarang turun 0,5 Nm atau dipatok 13,9 Nm pada 6.500 RPM. Tak sampai di situ, pengembangan pun diperlihatkan melalui sematan Smart Motor Generator (SMG). Efek pemakaiannya, suara mesin jadi halus ketika motor dinyalakan.


Guna menyokong tubuh dan mesin baru tadi, rangka Nmax mesti dipugar. Ditujukan agar Maxi Yamaha ini asyik dibawa riding. Salah satunya, membuat sasis jadi lebih rigid. Di samping bobot tubuhnya juga jadi kian berat, 132 kg. Ini diklaim menjadi cara mengoptimalkan kinerja suspensi depan dan belakang. Sekaligus menjadi jawaban bagi pemilik Nmax lawas, yang merasa peredam kejutnya keempukan.


Wajar pula kalau ground clearance NMax baru 124 mm. Sebelumnya, jarak terendah skutik ini 135 mm. Bahkan secara keseluruhan dimensi NMax 2020 sedikit lebih ramping, P x L x T: 1935 x 740 x 1160 mm. Bandingkan dengan Nmax lama: 1955 x 740 x 1115 mm. Toh, wheel base-nya pun beda 1 cm (10 mm). Meskipun ketinggian jok masih sama, 765 mm. Menurut kami, posisi riding bagi pengendara tak berubah banyak.


Fitur


NMax tetap mengedepankan kenyamanan berkendara. Bahkan, pada generasi barunya ini, sektor itu ditingkatkan lagi. Memang, hal baru itu hanya bisa ditemui pada NMax Connected/ABS. Dimulai dari penggunaan sistem kunci keyless. Untuk menyalakan mesin, tak lagi membutuhkan anak kunci. Cukup memutar kenop yang berlokasi di antara konsol boks. Lalu Traction Control System (TCS), menjaga roda belakang, tetap mendapatkan grip di berbagai kondisi jalan.


Kedua fitur ini bisa dibilang turunan dari Yamaha XMax. Tapi, sang kakak jadi kalah modern. Apalagi jika pandangan menyasar ke area kanan stang. Di atas tombol sein dan lampu hazard, terdapat tombol untuk mengoperasikan stop & start system (SSS). Dengan mengaktifkannya, mesin NMax bakal mati otomatis saat idle dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan untuk menyalakan kembali, cuma butuh memuntir tuas gas. Artinya, BBM NMax tak terbuang percuma ketika berhenti di lampu merah.


Sistem Konektivitas Pertama Yamaha


Yamaha NMax 2020


Fitur lainnya juga terdapat pada area stang sebelah kiri. pada bagian depan, terdapat sebuah tuas. Fungsinya untuk mengetahui informasi tentang motor. Hal inilah yang menjadi terapan paling mutakhir dari Yamaha. Bagaimana tidak, pihak pabrikan kini menerapkan sistem konektivitas bernama Comunication Control Unit (CCU). Menghubungkan pemilik dengan si motor melalui gawai. Beberapa manfaat dapat ditemui dengan mengandalkan aplikasi Y-Connect. Dari situ, Anda dapat melihat lima fungsi utama CCU pada NMax.


Paling penting soal peringatan malfungsi. Bila terjadi kerusakan pada motor, maka aplikasi mengirimkan pemberitahuan melalui surel (email). Kemudian aplikasi berbasis GPS ini, juga dapat diandalkan untuk mencari lokasi parkir. Lantaran terhubung via bluetooth, pengendara Nmax dapat mengetahui jika ada telepon, email maupun pesan singkat yang masuk. Notifikasi itu muncul dari panel meter anyarnya tadi. Jangankan XMax sang kakak yang harganya cuma Rp 50 jutaan. TMax yang ratusan juta saja belum punya fitur ini.


Itulah ragam kebaruan yang ditawarkan Yamaha NMax 2020. Begitu pula soal opsi warna. Skutik ini sekarang punya pilihan berwarna Matte Blue, mirip kepunyaan XMax. Tapi ada satu warna yang tak dipunya Maxi Yamaha lain, putih. Tampilannya juga elegan karena berpadu dengan coklat. Sayangnya, harga Yamaha NMax baru belum diumumkan. Saat peluncuran lalu, Yamaha Indonesia menjanjikan banderolnya di rentang 30 jutaan. Nah, lewat sajian baru tadi, Nmax dipastikan mengancam dua kompetitornya sekaligus, Honda PCX dan Honda ADV150. Kita tunggu pengumuman resminya, pertengahan bulan ini. (Ano/Van)


Baca Juga: Ngeri, Begini Kerennya Spesifikasi Yamaha WR 155R

Jelajahi Yamaha Nmax

Yamaha Nmax Rp 29,75 - Rp 33,75 Juta Cicilan : Rp 678.789

Bandingkan & Rekomendasi