Ini Keunggulan Skutik Dibanding Motor Bebek

Ini Keunggulan Skutik Dibanding Motor Bebek

Motor bebek memang irit dan punya ground clearance yang tinggi. Tapi itu tak cukup menjawab tuntutan konsumen, yang kini menghendaki kenyamanan dan kepraktisan. Itu sebabnya, pabrikan motor mulai menganaktirikan bebek, dan mengembangkan skutik yang lebih modern. Selain unggul dalam persoalan kenyamanan berkendara, skutik juga punya andalan lain. Berikut daftarnya.

1. Praktis Tanpa Gigi

Selain lebih mudah dikendarai, skutik juga tinggal memutar gas saja. Sistem penyalur tenaga ke roda bekerja secara otomatis atau biasa disebut dengan Continuously Variable Transmission (CVT). Inilah yang menyebabkan pergantian percepatan tanpa perlu dioperasikan secara manual. Beda dengan bebek yang masih memiliki pengatur transmisi, mengharuskan pengendara untuk mengatur perpindahan gear ketika ingin menambah atau mengurangi tenaga mesin motor. Ada pula bebek yang menggunakan kopling, tentu saja itu lebih merepotkan.

2. Mudah Dimodifikasi

Seiring perkembangan skutik, banyak part aksesori yang bisa mendongkrak penampilan skutik. Berbeda dengan bebek, komponen aksesorinya terlalu monoton.

3. Bentuknya Kompak

Saat ini, konsep skutik beragam dan menarik. Hampir semua produsen roda dua asal Jepang bermain di segmen ini. Mereka memberikan ragam pilihan model skutik, mulai dari desain yang kompak sampai simple. Sedang bebek, selama ini bentuknya itu-itu saja. Hanya mengandalkan garis-garis tajam di bagian bodinya.

4. Kaki Rileks

Karena praktis tanpa gigi dan hanya mengandalkan tangan, otomatis kaki tidak banyak pergerakan. Kenyamanan berkendaranya juga didukung dengan pijakan kaki yang luas. Apalagi skutik-skutik bongsor yang saat ini banyak beredar, kaki sudah bisa diajak selonjoran saat cruising. Tentu hal ini merupakan salah satu keleunggulan dari sebuah skutik. Sementara bebek, masih mengandalkan footstep berupa batang.

5. Kapasitas Mesin

Saat ini kapasitas mesin skutik sudah mengalahkan moped. Awal kemunculannya memang masih mengandalkan 110 cc hingga 125 cc. Sekarang beberapa pabrikan sepeda motor sudah punya skutik moge. Bahkan ada yang menciptakan hingga 750 cc. Sedang bebek, paling tinggi yang beredar di Indonesia hanya 150.

6. Ruang Penyimpanan 

Yamaha Mio Aerox 155 power socket

Pendekatan berbeda pada rangka dan bodi pada skutik, memungkinkan motor jenis ini beradu kepraktisan. Jangankan cuma jas hujan, seluruh pakaian untuk beberapa hari hingga helm full face bisa disimpan dalam ruang bagasinya. Belakangan bahkan ada juga skutik yang menyediakan laci tertutup di bagian depan, lengkap dengan peranti cas gadget. 

7. Fitur

Harga skutik yang jauh lebih tinggi dari motor bebek, membuat pabrikan tak bisa pelit pada fitur. Persaingan antar brand juga membuat mereka bersaing menyajikan ragam fitur untuk menunjang kenyamanan. Mulai dari layar full LCD, lampu LED, hingga penyala mati mesin otomatis, bisa diadopsikan pada motor ini. (Bgx/Van)

Baca Juga: Begini Cara Tingkatkan Performa Honda ADV150 dengan Mudah

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store